12 Khasiat Buah Kemang untuk Kesehatan

Buah kemang merupakan salah satu jenis buah langka yang keberadaan pohon dan buahnya kini cukup sulit untuk dijumpai. Disamping memiliki rasa yang manis, bau yang harum, dan bentuk yang menyerupai buah mangga, ternyata buah ini memiliki beragam manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Lalu apa saja manfaat buah kemang untuk kesehatan? Berikut ulasannya.

Manfaat Buah Kemang
Gambar buah kemang via wikipedia.org

KANDUNGAN GIZI BUAH KEMANG

Buah kemang memiliki beragam kandungan nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Beberapa kandungan tersebut antara lain vitamin A, vitamin B1, vitamin C, protein, karbohidrat, lemak, kalsium, fosfor, serta zat besi. Dengan adanya beberapa kandungan nutrisi tersebut, maka tak heran jika buah ini dapat digolongkan ke dalam jenis buah-buahan bergizi yang dapat memenuhi kebutuhan gizi tubuh.

Manfaat Buah Kemang

Berikut 12 manfaat buah kemang bagi kesehatan:

1. Menjaga Fungsi Otot

Manfaat buah kemang yang pertama yaitu dapat membantu menjaga fungsi otot. Hal ini dikarenakan buah ini kaya akan mineral fosfor. Seperti yang diketahui bahwa fosfor sangat berguna untuk menjaga fungsi otot tubuh agar dapat bekerja secara optimal.

2. Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

Buah kemang memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi. Dimana mineral kalsium merupakan salah satu mineral paling utama untuk menunjang kesehatan tulang dan gigi. Oleh karena itu, dengan mengkonsumsi buah ini secara rutin dapat membantu menjaga kesehatan tulang dan gigi Anda secara alami.

3. Mencegah Sariawan dan Menyegarkan Mulut

Seperti yang Anda tahu bahwa sariawan dan mulut tak segar merupakan dua jenis penyakit yang membuat diri tidak nyaman. Untuk mencegah sariawan, Anda perlu mengonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin C, termasuk halnya dengan buah kemang ini. Hal ini karena vitamin C sangat berguna untuk mengobati dan mencegah sariawan serta mampu menyegarkan mulut.

4. Sebagai Sumber Energi

Buah kemang dapat menjadi sumber energi alami yang dapat Anda peroleh. Khasiat buah kemang dengan banyaknya vitamin dan mineral ini merupakan makanan sumber energi yang sangat baik. Oleh kanre aitu bagi Anda yang ingin senantiasa berenergi dan juga sehat setiap hari, sebaiknya mengonsumsi buah ini secara rutin.

5. Menurunkan Risiko Terkena Kanker

Buah kemang mengandung suatu senyawa yang dapat berperan dalam memperbaiki sel tubuh yang rusak. Seperti yang diketahui bahwa sel rusak merupakan pemicu tumbuhnya sel kanker. Dengan begitu, Anda juga dapat terhindar dari serangan penyakit kronis seperti kanker.

6. Meningkatkan Massa Otot

Seperti yang Anda ketahui bahwa otot membutuhkan asupan protein yang cukup untuk menjaga dan meningkatkan massanya. Oleh karena itu, bagi Anda yang sedang menjalani program pembesaran otot disarankan untuk mengonsumsi buah-buahan yang kaya akan protein seperti buah kemang ini.

7. Membantu Menurunkan Berat Badan

Selain memiliki kandungan vitamin dan gizi yang melimpah, buah kemang ternyata memiliki kadar lemak yang cukup rendah sehingga menjadikan buah yang satu ini sangat cocok untuk dijadikan menu tambahan diet harian anda, terutama untuk diet menurunkan berat badan.

8. Kaya akan Antioksidan

Antioksidan merupakan salah satu senyawa yang paling sering dijumpai pada buah-buahan dan sayur-sayuran. Zat antioksidan sendiri sangat bermanfaat sebagai pencegah radikal bebas yang sering kali menimbulkan dampak buruk seperi keriput, penuaan dini, dan sel kangker.

9. Menjaga Keseimbangan Hormon

Buah kemang sangat erat kaitannya dengan hormon dalam tubuh. Hal ini dikarenakan terdapat kandungan pada buah ini yang dapat berperan dalam menjaga keseimbangan hormon di tubuh Anda. Dengan hormon hormon yang cenderung seimbang, maka secara tidak langsung juga dapat menstabilkan kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan.

Artikel terkait: Manfaat Buah Mangga

Selain 9 khasiat dan manfaat kemang untuk kesehatan yang telah disebutkan sebelumnya, masih terdapat berbagai manfaat lainnya dari buah ini yang tidak boleh Anda lewatkan. Berikut beberapa manfaat lainnya dari buah kemang:

10. Menjaga Kesehatan Pencernaan

11. Menjaga Kesehatan Ginjal

12. Meningkatkan Stamina Tubuh


Demikian artikel kesehatan mengenai berbagai manfaat buah kemang untuk kesehatan. Semoga dapat bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda dalam menjalani pola hidup yang lebih sehat. Selain itu, baca artikel sebelumnya, yaitu Manfaat Gambir atau kembali ke halaman utama Khasiat Sehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Silahkan bagikan artikel ini melalui: