8 Khasiat Daun Jambu Biji untuk Wajah dan Kecantikan

Daun jambu biji pada dasarnya terkenal akan khasiatnya yang dapat digunakan untuk mengobati sakit perut, seperti mulas dan diare, serta keperluan kesehatan lainnya. Tetapi disamping hal tersebut, daun jambu biji juga memiliki berbagai manfaat untuk wajah dan kecantikan. Lalu apa saja manfaat daun jambu biji untuk wajah dan kecantikan? Berikut ulasannya.

Manfaat Daun Jambu Biji untuk Wajah
Buah dan Daun Jambu Biji via tipdisease.com

Manfaat Daun Jambu Biji untuk Wajah

Berikut berbagai manfaat daun jambu biji untuk wajah dan kecantikan:

1. Mencegah dan Mengatasi Jerawat

Manfaat daun jambu biji untuk wajah yang pertama yaitu dapat digunakan untuk menghilangkan jerawat dan bekasnya secara alami. Hal ini dikarenakan daun jambu biji mengandung antibakteri yang dapat menangkal bakteri penyebab jerawat. Selain itu, daun ini juga bersifat anti inflamasi sehingga dapat membantu mencegah timbulnya jerawat.

2. Mencegah Penuaan Dini

Daun jambu biji ini juga memiliki kemampuan untuk mencegah penuaan dini. Hal ini dikarenakan daun jambu biji mengandung antioksidan, yang berperan penting dalam menangkal radikal bebas penyebab penuaan dini. Anda dapat membuat masker daun jambu biji untuk membuat kulit wajah menjadi lebih bersih dan mencegah penuaan dini.

3. Mengatasi Bintik Hitam di Wajah

Daun jambu biji juga dapat digunakan untuk mengatasi bintik hitam atau noda hitam bekas jerawat yang dapat mengganggu penampilan Anda. Untuk mengatasi hal ini, Anda dapat menggunakan daun jambu biji untuk menghilangkan bintik hitam yang terlihat pada wajah.

4. Mengatasi Komedo

Daun jambu biji ternyata dapat digunakan untuk mengatasi komedo, termasuk komedo hitam yang membandel. Hal yang dapat Anda lakukan adalah menggosokkan daun jambu biji pada bagian kulit Anda yang berkomedo secara lembut. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda dapat menerapkannya secara rutin.

5. Mengatasi Rambut Rontok

Rambut rontok merupakan salah satu masalah yang dapat mengganggu penampilan dan kepercayaan diri Anda, karena dapat menyebabkan kebotakan. Tetapi Anda dapat mencegahnya dengan menggunakan daun jambu biji.

Caranya adalah dengan merebus daun ini, kemudian gunakan air rebusan daun jambu untuk mencuci kulit kepala dan rambut Anda sambil melakukan pijatan-pijatan, diamkan hingga beberapa saat, lalu bilas rambut Anda dengan air biasa hingga bersih.

6. Mengatasi Kulit Gatal

Khasiat daun jambu biji juga dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan pada kulit, seperti kulit gatal. Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda dapat meremas atau menumbuk daun jambu biji lalu tempelkan pada bagian kulit yang gatal.

7. Membantu Menurunkan Berat Badan

Selain melakukan olahraga yang teratur, mengkonsumsi makanan yang bergizi, serta menjalani pola hidup sehat lainnya, dengan meminum air rebusan daun jambu biji secara rutin juga dapat membantu Anda dalam program penurunan berat badan.

8. Sebagai Scrub Wajah Alami

Anda dapat menggunakan daun jambu biji sebagai scrub wajah yang alami. Dimana scrub yang terbuat dari daun jambu biji dapat membantu menghilangkan sel-sel kulit mati di wajah Anda, sehingga dapat membuat wajah Anda tampak lebih bersih dan cerah.

Artikel terkait: Manfaat Daun Jambu Biji untuk Kesehatan


Cara Membuat Masker Daun Jambu Biji

Untuk membuat masker daun jambu biji sangatlah mudah, berikut caranya:

  1. Siapkan beberapa lembar daun jambu biji yang masih muda.
  2. Cucilah daun jambu biji tersebut hingga bersih.
  3. Tumbuk daun jambu tersebut hingga halus. Anda dapat menambahkan satu sendok madu.
  4. Cucilah wajah Anda terlebih dahulu sebelum menggunakan masker daun jambu biji.
  5. Oleskan daun jambu biji yang telah dihaluskan tersebut ke permukaan wajah secara merata.
  6. Biarkan selama kurang lebih 20 menit.
  7. Kemudian Anda dapat membilasnya dengan menggunakan air hingga bersih.
  8. Gunakan setidaknya 3 kali seminggu untuk hasil yang maksimal.

Melalui artikel ini, dapat diketahui bahwa daun jambu biji memiliki banyak manfaat, terkhususnya manfaat daun jambu biji untuk wajah dan kecantikan yang dibahas kali ini. Semoga dapat bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda dalam menjalani pola hidup yang lebih sehat. Selain itu, baca artikel sebelumnya, yaitu Manfaat Beras Kencur atau kembali ke halaman utama Khasiat Sehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.