15 Khasiat Gambir untuk Kesehatan

Tanaman gambir merupakan salah satu jenis tumbuhan obat yang banyak dibudidayakan di Indonesia. Hal ini dikarenakan getah yang diambil dari tanaman ini memiliki beragam manfaat yang luar biasa bagi kesehatan manusia. Lalu apa saja manfaat gambir untuk kesehatan? Berikut ulasannya.

Manfaat Gambir
Gambar getah gambir via innerpath.com.au

KANDUNGAN GAMBIR

Dilansir dari wikipedia.org, terdapat berbagai kandungan yang bisa ditemukan dalam gambir. Beberapa kandungan utamanya yaitu flavonoid (terutama gambiriin), katekin (hingga 51%), zat penyamak (sekitar 22% hingga 50%), sejumlah alkaloid, serta katekin. Kombinasi dari berbagai kandungan tersebutlah yang membuat gambir sangat bermanfaat.

Manfaat Gambir

Berikut 15 manfaat gambir bagi kesehatan:

1. Kaya Akan Antioksidan

Daun gambir mengandung sebuah senyawa kimia yang disebut dengan katekin. Katekin merupakan salah satu sumber antioksidan alami yang dapat melindungi tubuh dari dampak radikal bebas. Senyawa ini juga dipercaya sebagai komponen alami untuk melindungi tubuh dari serangan berbagai jenis penyakit.

2. Mengobati Jerawat

Gambir ternyata dapat digunakan sebagai obat jerawat. Hal ini dikarenakan terdapat kandungan antioksidan di dalam gambir yang dapat menyembuhkan jerawat tanpa meninggalkan bekas luka. Anda dapat mengolahnya menjadi bentuk ekstrak, kemudian digunakan sebagai masker wajah.

3. Mencegah Penuaan Dini

Selain dapat digunakan untuk mengobati jerawat, ekstrak gambir yang telah diolah menjadi masker dapat digunakan dalam perawatan tradisional yang alami untuk mencegah penuaan dini, yaitu dengan khasiat gambir yang dapat membuat kulit menjadi lebih kencang, cerah, dan segar.

4. Mengatasi Berbagai Gangguan Mulut

Gambir ternyata dapat digunakan untuk mengobati berbagai jenis gangguan atau penyakit mulut seperti sariawan, bibir kering, dan luka gusi. Hal ini dikarenakan adanya berbagai jenis senyawa yang terkandung dalam gambir yang dapat berfungsi dalam mengatasi berbagai masalah mulut. Untuk penggunaannya, Anda dapat mengunyah atau menempelkan tumbukan gambir pada bagian mulut yang terluka.

5. Mengobati Luka Bakar

Gambir dapat digunakan untuk mempercepat proses penyembuhan akibat luka bakar. Anda dapat menumbuk atau menghaluskan daun gambir, lalu terapkan pada bagian yang terkena luka bakar. Efek dingin yang dihasilkan dapat mempercepat penyembuhan luka bakar dan meminimalisir bekas luka.

6. Meredakan Diare

Daun gambir dan bagian rantingnya dapat digunakan sebagai obat diare. Caranya yaitu dengan menjemur daun ini di bawah sinar matahari hingga kering, kemudian seduh bersama secangkir air panas. Minum air seduhan ini untuk melawan bakteri penyebab diare di usus besar.

7. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa daun gambir mengandung katekin, yaitu senyawa kimia yang memiliki sifat antioksidan alami. Dimana antioksidan sangat baik untuk menjaga daya tahan tubuh. Sehingga tubuh menjadi lebih kebal terhadap serangan berbagai jenis penyakit.

8. Untuk Mengobati Suara Parau atau Serak

Manfaat gambir yang selanjutnya yaitu dapat digunakan untuk mengobati suara parau atau serak. Untuk penggunaannya, seduhlah sepotong gambir dan 3 helai daun sirih segar dengan 110 ml air. Gunakan untuk berkumur 2 kali sehari (pagi dan sore), lakukan selama 1 minggu.

Artikel terkait: 

Selain 8 khasiat dan manfaat getah gambir yang telah disebutkan sebelumnya, masih terdapat berbagai manfaat lainnya dari gambir ini yang tidak boleh Anda lewatkan. Berikut beberapa manfaat lainnya dari gambir:

9. Meredakan Sakit Maag

10. Mengatasi Sakit Kepala atau Pusing

11. Menjaga Kesehatan Gigi

12. Digunakan Sebagai Pestisida Alami

13. Sebagai Bahan Baku Industri

14. Anti Alergi

15. Membantu Mengobati Hepatitis dan Penyembuhan Luka pada Hati


PERTIMBANGAN DALAM PENGGUNAAN GAMBIR

Pada dasarnya getah gambir sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh maupun untuk pengobatan. Tetapi terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan, misalnya saja beberapa bukti mengenai manfaat gambir ini hanyalah berdasarkan pengalaman dari beberapa hasil pemakaian. Hanya sedikit khasiat gambir yang sudah pernah diuji secara ilmiah. Oleh karena itu, hingga saat ini belum ada efek samping yang bisa dipastikan dari pemakaian gambir ini.


Demikian artikel kesehatan mengenai berbagai manfaat gambir untuk kesehatan. Semoga dapat bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda dalam menjalani pola hidup yang lebih sehat. Selain itu, baca artikel sebelumnya, yaitu Manfaat Sarapan Buah atau kembali ke halaman utama Khasiat Sehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Silahkan bagikan artikel ini melalui: