13 Manfaat Buah Plum Merah untuk Kesehatan

Plum merah merupakan salah satu varian dari buah plum. Buah yang dikenal juga dengan nama buah prem ini memiliki rasa yang cenderung manis dan lezat, serta dapat dikonsumsi secara langsung jika sudah masak. Terlepas dari rasanya yang lezat, buah ini ternyata memiliki berbagai khasiat dan manfaat yang sangat baik untuk kesehatan. Lalu apa saja manfaat buah plum merah untuk kesehatan? Berikut ulasannya.

Manfaat Buah Plum Merah
Gambar buah plum merah via michiganplum.org

Plum adalah salah satu jenis buah-buahan yang memiliki kandungan air cukup tinggi dan memiliki beragam variasi jenis, ada yang memiliki warna kuning, ungu, hitam, dan juga merah. Buah plum merah umumnya memiliki biji dengan bentuk yang terdapat lipatan di bagian tengahnya.

KANDUNGAN GIZI BUAH PLUM MERAH

Buah yang sering diolah menjadi selai ini ternyata sangat kaya akan berbagai kandungan vitamin dan mineral. Beberapa kandungan tersebut antara lain vitamin C, vitamin A, vitamin B, vitamin K, serat, kalsium, kalium, zat besi, magnesium, dan masih banyak lagi. Kombinasi dari berbagai kandungan inilah yang membuat buah plum merah sangat bermanfaat untuk kesehatan.

Manfaat Buah Plum Merah

Berikut 13 manfaat buah plum merah bagi kesehatan:

1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Manfaat buah plum merah yang pertama yaitu dapat membantu meningkatkan daya tahan atau kekebalan tubuh. Hal ini dikarenakan plum merah mengandung vitamin C yang cukup tinggi sehingga dapat membantu tubuh Anda terhindar dari serangan virus, bakteri dan kuman penyebab berbagai macam penyakit ringan dan penyakit yang berbahaya.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Annals of Nutrition and Metabolism menyatakan bahwa vitamin C diyakini memiliki kontribusi besar dalam menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh. Selain itu sejalan dengan hasil studi lainnya yang membuktikan bahwa mendapat asupan vitamin C dan seng dalam jumlah yang cukup terbukti dalam mempercepat proses penyembuhan secara alami.

2. Mengontrol Kolesterol

Selain dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh, kandungan vitamin C dalam buah plum ini juga dapat membantu menurunkan kolesterol di dalam tubuh. Disamping hal tersebut, kandungan serat yang terkandung di dalamnya juga secara alami dapat membersihkan racun yang terdapat di dalam empedu sehingga tubuh Anda menjadi lebih sehat dan segar.

Serat larut yang terkandung dalam buah ini juga diketahui dapat membantu menjaga kesehatan jantung melalui penurunan kadar kolesterol jahat (LDL) dengan cara menekan penyerapan kolesterol ke dalam aliran darah. Sehingga sangat cocok dikonsumsi untuk mengurangi risiko serangan jantung atau stroke akibat kolesterol tinggi.

3. Meningkatkan Fungsi Penglihatan

Buah plum terkenal akan kandungan vitamin A yang cukup tinggi, yang dapat menjaga kesehatan mata serta membuat selaput lendir mata menjadi jauh lebih sehat. Selain itu buah plum ini juga mengandung zeaxanthin yang dapat membantu menjaga kesehatan retina.

4. Menjaga Kesehatan Kulit

Khasiat buah plum merah yang selanjutnya yaitu dapat menjaga kesehatan kulit. Hal ini dikarenakan plum merah mengandung vitamin E, yang berperan penting dalam menjaga kesehatan kulit dan melindungi membran sel pertahanan tubuh.

Kandungan antioksidan tinggi yang dimiliki buah ini dapat menjaga kulit tetap sehat, bercahaya, dan awet muda. Agar mendapatkan hasil yang optimal Anda dapat rutin konsumsi buah plum merah untuk membantu mengurangi bintik-bintik hitam dan kerutan yang muncul akibat proses penuaan dini.

5. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Kurangnya asupan serat merupakan salah satu penyebab tidak lancarnya pencernaan. Untuk mengatasi hal ini, konsumsi buah plum secara rutin dapat menjadi alternatif. Hal ini karena buah plum mengandung tinggi serat yang dapat memperlancar pencernaan Anda. Pasalnya di dalam buah ini terdapat serat larut dan tidak larut yang baik untuk menunjang kesehatan sistem pencernaan Anda.

6. Memperkuat Tulang

Buah plum memiliki kandungan kalsium yang sangat berperan penting dalam memperkuat tulang. Karena seperti yang Anda ketahui bahwa salah satu senyawa yang dibutuhkan oleh tulang dan gigi yaitu kalsium. Dengan memperoleh asupan kalsium yang cukup, maka kepadatan tulang Anda akan tetap terjaga.

7. Mencegah Penyakit Alzheimer

Alzheimer merupakan satu jenis penyakit yang dapat dicegah dengan buah plum. Alzheimer merupakan suatu kondisi kelainan akibat gangguan yang terjadi di dalam otak. Untuk menghindarinya, Anda dapat mengonsumsi buah ini secara rutin.

8. Mencegah Diabetes

Manfaat buah plum untuk kesehatan selanjutnya yaitu dapat mencegah diabetes. Hal ini karena buah ini memiliki indeks glikemik yang rendah dan senyawa flavonoid yang berguna dalam melindungi tubuh terhadap resistensi insulin. Serat larut di dalamnya juga diketahui mampu membantu menurunkan kadar gula darah sehingga berfungsi sebagai obat alami diabetes.

Artikel terkait:

Selain 8 khasiat dan manfaat plum merah untuk kesehatan yang telah disebutkan sebelumnya, masih terdapat berbagai manfaat lainnya dari buah ini yang perlu Anda ketahui. Beberapa manfaat lainnya dari buah plum merah yaitu:

9. Sebagai Anti Radang

10. Mencegah Penyakit Kardiovaskular

11. Mencegah Obesitas

12. Mencegah Stroke

13. Baik Dikonsumsi oleh Ibu Hamil


Demikian artikel kesehatan mengenai berbagai manfaat buah plum merah untuk kesehatan. Semoga dapat bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda dalam menjalani pola hidup yang lebih sehat. Selain itu, baca artikel sebelumnya, yaitu Manfaat Jamur Tiram atau kembali ke halaman utama Khasiat Sehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Ringkasan
13 Manfaat Buah Plum Merah untuk Kesehatan - Khasiatsehat.com
Judul Artikel
13 Manfaat Buah Plum Merah untuk Kesehatan - Khasiatsehat.com
Deskripsi
Selain lezat, buah ini ternyata sangat bermanfaat loh. Lalu apa saja manfaat buah plum merah untuk kesehatan? Berikut ulasannya.
Penulis
One Comment