9 Khasiat Jambu Air untuk Kesehatan

Jambu air merupakan salah satu jenis buah-buahan yang banyak ditemukan di Asia Tenggara. Meskipun masih diperlukan penelitian yang lebih lanjut, beberapa manfaat untuk kesehatan dapat Anda rasakan secara langsung dan jangka panjang ketika mengkonsumsi jambu air ini. Berikut artikel mengenai berbagai manfaat jambu air untuk kesehatan.

Manfaat Jambu Air

Kandungan Gizi Jambu Air

Jambu air sangat kaya akan nutrisi seperti protein, serat, kalsium, zat besi, vitamin A, dan vitamin C. Bagian kulit jambu air mengandung senyawa alkaloid jambosine, yang memiliki sifat terapeutik terhadap diabetes. Jambu air juga mengandung natrium yang membuatnya menjadi lebih sehat.

Manfaat Jambu Air

Jambu air memberikan banyak manfaat melalui berbagai cara. Mulai dari menjaga kesehatan pencernaan hingga mencegah risiko kanker. Banyaknya manfaat yang diberikan oleh jambu air tersebut, membuatnya menjadi buah-buahan yang disukai banyak kalangan. Dan berikut berbagai manfaat jambu air bagi kesehatan :

1. Kesehatan Pencernaan

Jambu air mengandung serat makanan yang dapat mencegah terjadinya sembelit dan kembung. Selain itu, biji jambu air juga dapat bermanfaat untuk mengobati diare, dan serat yang hadir dalam jambu air dapat membantu Anda dalam mengontrol berat badan sehingga terhindar dari obesitas.

2. Mengontrol Diabetes

Senyawa organik jambosine yang terkandung dalam jambu air, dinyatakan sangat efektif terhadap diabetes. Jambosine adalah alkaloid yang mengontrol konversi pati menjaga gula dan mengendalikan kadar gula dalam tubuh. Selanjutnya, kadar indeks glikemik rendah dari jambu air dapat membantu dalam menurunkan kadar gula sehingga bermanfaat bagi penderita diabetes.

3. Membersihkan Hati dan Ginjal

Jambu air memiliki sifat diuretik. Dengan menggunakan rebusan dan jus yang terbuat dari jambu air, dapat berguna untuk membersihkan hati dan ginjal dari zat yang beracun sehingga dapat menjaga kesehatan secara keseluruhan dan meningkatkan fungsi organ.

4. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Jambu air dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang terkait dengan sejumlah besar vitamin dan mineral yang terkandung di dalamnya. Vitamin C dapat melindungi terhadap infeksi akibat mikroba dan vitamin A dapat meningkatkan kekebalan tubuh secara efektif.

Nutrisi penting lainnya seperti zat besi dan kalsium dapat menjaga tubuh tetap sehat dan kuat serta membantu tubuh Anda dalam melindungi berbagai penyakit menular.

5. Kesehatan Kulit

Vitamin C yang berperan sebagai antioksidan dapat menjaga sel-sel tubuh tetap sehat dengan cara melindungi sel dan jaringan dari kerusakan oksidatif. Jambu air juga dapat melindungi terhadap infeksi bakteri dan jamur sehingga menjaga kulit tetap sehat.

6. Menjaga Kesehatan Jantung

Jambu air yang kaya akan berbagai kombinasi nutrisi dan kandungan seratnya dapat membantu Anda dalam menjaga kesehatan jantung. Antioksidan dan kadar kalium yang tinggi dapat membant mengatur kadar kolesterol sehingga dapat mencegah risiko dari berbagai kondisi yang mengancam jiwa, seperti serangan jantung, stroke, dan penyakit lainnya.

7. Mencegah Kanker

Terkait dengan kandungan vitamin dalam jambu air, beberapa peneliti mengkonfirmasi akan potensinya dalam melindungi tubuh Anda terhadap serangan kanker yang beragam. Vitamin A dan vitamin C dapat secara efektif dalam melawan perkembangan tumor dan sel kanker.

8. Dapat Mengurangi Pembengkakan

Jambu air juga dapat membantu Anda dalam mengurangi pembengkakan yang terjadi pada kulit kaki dan tangan. Yaitu dengan cara menghancurkan daging dari buah jambu air lalu terapkan pada bagian yang bengkak. Efek dinginnya dapat membuat kulit lebih rileks dan pulih lebih cepat.

9. Manfaat Lainnya

Manfaat jambu air untuk ibu hamil. Jambu air sangat baik untuk wanita hamil karena dapat membantu memenuhi kebutuhan akan zat besi dan berbagai vitamin. Biji dan daun jambu air dapat digunakan untuk mengobati asma dan demam. Selain itu, jambu air juga dapat meningkatkan kesehatan otak dan meningkatkan kemampuan kognitif.

Baca juga artikel lain, seperti :

Peringatan dan Efek Samping Mengkonsumsi Jambu Air

Beberapa varietas jambu air memiliki kemungkinan dapat berbahaya bagi kesehatan karena mengandung racun di dalamnya. Mengkonsumsi jambu air secara berlebihan juga dapat mengakibatkan batuk dan gatal pada tenggorokan. Oleh karena itu, konsumsi jambu air dalam jumlah yang tepat sehingga dapat mencegah terjadinya efek samping.


Melalui artikel ini, dapat diketahui bahwa buah jambu air memiliki banyak kegunaan, terkhususnya 9 manfaat jambu air untuk kesehatan yang dibahas kali ini. Semoga dapat bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda dalam menjalani pola hidup yang lebih sehat. Selain itu, baca artikel sebelumnya, yaitu Khasiat Manjakani serta kunjungi selalu situs khasiatsehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Referensi artikel khasiat jambu air untuk kesehatan :

www.medindia.net/patients/lifestyleandwellness/health-benefits-of-rose-apple.htm

www.vegetafruit.com/2016/02/benefits-of-water-apple-rose-apple-for.html

www.organicfacts.net/health-benefits/fruit/rose-apples.html

www.healthbenefitstimes.com/rose-apple/

image by : healthbenefitsfruit.blogspot.com

One Comment