10 Khasiat Buah Blueberry untuk Kesehatan

Blueberry merupakan buah buahan yang paling populer kedua di Amerika Serikat setelah buah stroberi. Pada awalnya buah blueberry berwarna hijau, kemudian berubah menjadi berwarna biru-ungu saat sudah matang. Lalu, apakah yang membuat blueberry begitu populer? Berikut ini manfaat buah blueberry untuk kesehatan.

Asal Usul Buah Blueberry

Blueberry adalah tanaman berbunga dalam genus Vaccinium, bagian dari Cyanococcus. Spesies ini berasal dari Amerika Utara. Ada tiga kelompok dari blueberry, yaitu blueberry highbush, blueberry lowbush dan blueberry rabbiteye.

Berbagai blueberry highbush secara eksklusif tumbuh di Amerika Utara. Kemudian, blueberry lowbush banyak tumbuh di Negara bagian Maine. Sedangkan varietas lain dapat ditemukan di Mediterania, Eropa dan Asia. Blueberry umum dibudidayakan oleh suku-suku asli Amerika.

Akan tetapi, saat ini juga sudah dibudidayakan di Amerika Selatan, seperti Argentina, Uruguay dan Chile. Setengah dari blueberry dunia dipasok oleh Amerika Serikat, Michigan, Oregon, New Jersey, Maine dan North Carolina, dimana negara-negara tersebut membudidayakan blueberry dengan jumlah yang berlimpah.

10 Manfaat Buah Blueberry untuk Kesehatan - Khasiat Sehat

Manfaat Buah Blueberry

Berikut 10 manfaat buah blueberry

1. Mencegah Penuaan Dini

Blueberry merupakan buah yang kaya akan antioksidan nomor satu di dunia. Hal ini dikarenakan adanya Antosianin, yaitu pigmen yang memberikan warna biru pada blueberry. Selain itu, blueberry juga merupakan buah yang mengandung vitamin C yang melimpah.

Kombinasi kandungan nutrisi tersebutlah yang membuat blueberry bermanfaat untuk mencegah tanda-tanda penuaan seperti keriput, bintik-bintik usia, katarak, osteoporosis, rambut rontok, demensia, dan penyakit alzheimer.

2. Mengatasi Infeksi Saluran Kemih

Pembentukan sekumpulan bakteri tertentu seperti E-coli di sepanjang lapisan dinding bagian dalam saluran kemih dapat menyebabkan infeksi. Blueberry memiliki senyawa yang terbentuk dari molekul polimer yang menghambat pertumbuhan bakteri tersebut. Blueberry juga memiliki sifat antibiotik tertentu yang juga membantu proses penghambatan tersebut.

3. Menjaga Kesehatan Mata

Blueberry adalah salah satu alternatif terbaik untuk menjaga kesehatan mata. Blueberry dapat mencegah atau menunda semua masalah mata yang berkaitan dengan usia seperti degenerasi makula, katarak, miopia, hipermetropia, kekeringan, dan infeksi, terutama yang berkaitan dengan retina karena kandungan antioksidannya.

Degenerasi makula adalah masalah serius di mana retina mata mengalami degenerasi secara bertahap dan akhirnya menyebabkan kebutaan parsial. Selain itu, blueberry juga mengandung kelompok khusus dari antioksidan yang disebut karotenoid (lutein, zeaxanthin dll), flavonoid (seperti rutin, resveritrol, quercetin dll), dan senyawa antioksidan lain seperti vitamin C, vitamin E, vitamin A, selenium, zinc dan fosfor, yang sangat bermanfaat dan penting untuk kesehatan mata.

4. Meningkatkan Fungsi Otak dan Memori

Antosianin, selenium itu, vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C dan vitamin E, zinc, natrium, kalium, tembaga, magnesium, fosfor, mangan pada blueberry dapat mencegah dan menyembuhkan gangguan neurotik. Bahkan, blueberry juga bermanfaat untuk menyembuhkan sel-sel otak yang rusak dan jaringan neuron. Sehingga akan menjaga ketajaman memori untuk waktu yang sangat lama.

5. Mengatasi Sembelit dan Masalah Pencernaan

Serat (fiber) dalam blueberry berfungsi untuk mencegah sembelit, sedangkan vitamin, natrium, tembaga, fruktosa dan asam meningkatkan pencernaan dengan merangsang lambung dan cairan pencernaan untuk memundahkan jalannya makanan melalui sistem pencernaan.

6. Mencegah dan Membantu Menyembuhkan Kanker

Blueberry sangat berharga bagi pasien kanker karena mengandung senyawa tertentu seperti pterostilbene (obat yang sangat baik untuk usus dan kanker hati) dan asam ellagic yang selaras dengan Antosianin dan antioksidan lain seperti vitamin-C dan tembaga, yang bermanfaat mencegah dan menyembuhkan kanker.

7. Mencegah Penyakit Jantung

Blueberry mengandung serat yang tinggi. Oleh karena itu, blueberry dapat membuang kolesterol jahat dan menjadi suplemen diet yang ideal, sehingga buah blueberry dapat menjadi makanan penurun kolesterol dan menyembuhkan penyakit jantung serta memperkuat otot-otot jantung.

8. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Blueberry sangat kaya akan antioksidan, seperti Anthocyanin, vitamin C, vitamin B kompleks, vitamin E, vitamin A, tembaga (pembangun kekebalan tubuh dan zat anti-bakteri yang sangat efektif), selenium, seng, dan besi (meningkatkan kekebalan tubuh dengan menaikkan hemoglobin dan konsentrasi oksigen dalam darah) yang berfungsi meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah infeksi. Setelah sistem kekebalan tubuh Anda kuat, Anda tidak akan mudah terserang pilek, demam, cacar dan banyak penyakit menular lainnya yang disebarkan oleh bakteri dan virus.

9. Mengurangi Lemak Perut

Penelitian yang dilakukan di Universitas Michigan mengungkapkan bahwa asupan rutin blueberry dalam diet sehari-hari dapat mengakibatkan pengurangan lemak perut. Dianjurkan apabila ingin mendapatkan hasil yang diharapkan, Anda yang ingin menguragi lemak di dalam perut dapat mengkonsumsi blueberry secara teratur selama 3 bulan.

10. Bermanfaat untuk Kulit

Beberapa produk perawatan kulit ekstrak blueberry menjadi sangat populer di seluruh dunia. Adanya kandungan vitamin dan mineral yang tinggi dalam blueberry dapat membantu mengembalikan keseimbangan hormon, terutama untuk mengobati dan mencegah timbulnya jerawat. Selain itu, blueberry juga mengandung resveratrol yang terbukti mengurangi kerusakan akibat paparan sinar matahari.


Efek Samping Mengkonsumsi Blueberry :

Dalam beberapa kasus, blueberry dapat memiliki efek samping, seperti gangguan pencernaan, hipoglikemia dan peningkatan risiko pendarahan jika Anda sedang dalam keadaan tidka sehat atau sedang mengkonsumsi obat dari dokter. Sehingga apabila ingin mengkonsumsi blueberry, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk mengetahui porsi terbaik untuk mengkonsumsi blueberry.

Blueberry mengandung juga mengandung salisilat. Bagi mereka yang tidak bisa mentolerir salisilat, blueberry dapat menyebabkan ruam, sakit kepala atau sejumlah gejala gastrointestinal, termasuk mual, muntah, refluks, kembung, gas, diare dan sembelit. Sehingga disarankan untuk tidak berlebihan dalam mengkonsumsi blueberry.


Melalui artikel ini, dapat diketahui bahwa buah blueberry memiliki banyak manfaat, terkhususnya manfaat blueberry untuk kesehatan. Baca artikel sebelumnya, yaitu Manfaat Telur Puyuh serta kunjungi selalu situs khasiatsehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Sumber artikel khasiat buah blueberry :

  • authoritynutrition.com/10-proven-benefits-of-blueberries/
  • www.organicfacts.net/health-benefits/fruit/health-benefits-of-blueberries.html
  • www.livestrong.com/article/505655-the-side-effects-of-blueberries/
  • humannhealth.com/12-health-benefits-of-blueberries/590/
  • id.wikipedia.org/wiki/Blueberry
  • draxe.com/health-benefits-blueberries/
4 Comments