9 Khasiat Minyak Kemiri untuk Kesehatan, Rambut dan Kulit

Minyak kemiri atau bisa juga disebut sebagai minyak kukui, merupakan jenis minyak yang telah lama digunakan di Hawaii, dan kini telah banyak digunakan di seluruh belahan dunia. Dan pada artikel kali ini akan dibahas mengenai berbagai manfaat minyak kemiri untuk rambut, kulit, dan juga untuk kesehatan.

Manfaat Minyak Kemiri

Manfaat Minyak Kemiri

Minyak kemiri kaya akan nutrisi termasuk asam lemak, berbagai mineral, vitamin, dan antioksidan alami yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Tidak hanya untuk kesehatan tubuh, minyak kemiri juga sangat baik untuk kulit dan rambut Anda.

Manfaat Minyak Kemiri untuk Kulit

Berikut manfaat minyak kemiri atau minyak kukui untuk kulit :

1. Membuat Kulit Tampak Lebih Sehat

Minyak kemiri mengandung banyak mineral penting serta nutrisi antiosidan seperti vitamin A, vitamin C, dan vitmain E. Dimana antioksidan dikenal memiliki efek yang sangat baik untuk kulit. Tidak hanya membantu Anda dapat memperoleh kulit yang lebih sehat, tetapi juga dapat diterapkan untuk mengurangi kondisi keriputan dan noda pada kulit lainnya.

2. Membantu Mengatasi Permasalahan Kulit

Meskipun masih kurangnya akan bukti konkret, tetapi terdapat teori menarik yang menyatakan bahwa minyak kemiri memiliki kemungkinan secara efektif dalam mengatasi keluhan seperti eksim dan psoriasis.

Hal ini dikarenakan minyak kemiri mengandung asam linolenat, asam linoleat dan asam lemak omega 3. Dimana omega 3 dikenal dapat mengurangi peradangan kulit dan kandungan asam lainnya dapat membantu melembabkan kulit.

3. Untuk Melindungi Kulit

Minyak kemiri dapat diserap dengan sangat mudah ke dalam kulit, bahkan ke lapisan yang terdalam. Ketika hal tersebut terjadi, minyak kemiri dapat membantu dalam membentuk lapisan pelindung yang kemudian dapat membantu Anda dalam melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari dan lingkungan lainnya.

4. Untuk Mengobati Luka

Minyak kemiri juga dapat digunakan untuk membantu menyembuhkan luka ringan, luka bakar, dan gigitan serangga. Sebuah penelitian menyatakan bahwa ekstrak kemiri dapat membantu Anda dalam mempercepat proses penyembuhan.

5. Efek Antimikroba

Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa ekstrak kemiri memiliki efek antimikroba terhadap berbagai bakteri dan jamur. Hal ini kemudian juga dapat membantu mempercepat penyembuhan luka sekaligus melindungi terhadap penyebaran bakteri.

Manfaat Minyak Kemiri untuk Rambut

Berikut manfaat minyak kemiri atau minyak kukui untuk rambut :

6. Menjaga Warna Asli Rambut Anda

Seperti yang telah disebutkan, bahwa minyak kemiri dapat membuat warna rambut Anda tetap terjaga dan lebih berkilau. Hal ini tidak hanya berlaku bagi Anda yang memiliki warna rambut yang hitam, tetapi juga warna rambut lainnya, dimana minyak kemiri dapat membuat rambut lebih berkilau dan mempertajam warna asli dari rambut tersebut.

7. Mengurangi Kerontokan

Anda dapat mengatasi masalah rambut rontok dengan minyak kemiri, karena minyak kemiri dapat membantu Anda dalam mengurangi bahkan mencegah rambut rontok dari akar. Hal ini dikarenakan kandungan protein dan mineral pada kemiri dapat menguatkan akar rambut.

8. Pertumbuhan Rambut

Minyak kemiri dapat digunakan sebagai minyak penumbuh rambut atau minyak penyubur rambut. Hal ini dikarenakan penggunaan minyak kemiri dapat membuat rambut Anda tumbuh lebih cepat dan sehat.

Selain itu kandungan dalam minyak kemiri dapat membantu Anda mencukupi kebutuhan nutrisi untuk rambut. Sehingga rambut Anda tumbuh lebih sehat, halus, dan tebal pada setiap helai.

Manfaat Minyak Kemiri untuk Kesehatan

9. Selain manfaat minyak kemiri untuk rambut dan kulit, minyak kemiri juga dapat digunakan untuk menurunkan kolesterol, membantu Anda dalam mengurangi berat badan, sembelit, dan juga arthritis. Hal ini dikarenakan kemiri atau kukui merupakan sumber yang sangat baik dari asam lemak esensial dan antioksidan, serta vitamin A, vitamin C, dan vitamin E.

Baca juga artikel lain, seperti :

Peringatan dalam Penggunaan Minyak Kemiri

Meskipun minyak kemiri kukui dapat memberikan berbagai manfaat untuk Anda, masih terdapat hal-hal yang perlu diperhatikan untuk mencegah terjadinya efek samping. Seperti misalnya bagi Anda yang mengalami diare, memiliki alergi terhadap kacang-kacangan, serta ibu hamil perlu menghindari penggunaan minyak kemiri. Oleh karena itu, berkonsultasi dengan yang ahli atau dokter terlebih dahulu merupakan langkah yang tepat sebelum menggunakan minyak kemiri ini.


Melalui artikel ini, dapat diketahui bahwa minyak kemiri atau minyak kukui memiliki banyak kegunaan, terkhususnya 9 manfaat minyak kemiri untuk kesehatan yang dibahas kali ini. Semoga dapat bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda dalam menjalani pola hidup yang lebih sehat. Selain itu, baca artikel sebelumnya, yaitu Manfaat Kacang Pistachio serta kunjungi selalu situs khasiatsehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Referensi artikel khasiat minyak kemiri :

healthyfocus.org/benefits-of-kukui-oil-for-hair-and-skin/

www.vegetafruit.com/2015/06/health-benefits-of-candlenut-oil-for.html

healthybenefits.info/the-health-benefits-of-kukui-nut-oil/

www.healthbenefitstimes.com/kukui-nut-oil/

image by : www.angelinaskincare.com

Silahkan bagikan artikel ini melalui: