7 Khasiat Kacang Pistachio untuk Kesehatan

Kacang pistachio merupakan salah satu kacang-kacangan yang telah lama digunakan dan dikonsumsi di seluruh dunia. Disamping hal tersebut, kacang pistacio penuh dengan nutrisi dan menawarkan sejumlah manfaat bagi kesehatan. Dan pada artikel kali ini akan dibahas mengenai beberapa manfaat kacang pistachio untuk kesehatan yang lebih lanjut.

Manfaat Kacang Pistachio

Kandungan Gizi Kacang Pistachio

Berdasarkan organicfacts, kacang pistachio mengandung berbagai nutrisi seperti karbohidrat, protein, lemak, serat makanan, fosfor, kalium, tiamin, vitamin B6, beta karoten, lutein dan zeaxanthin, kalsium, zat besi, magnesium, seng, tembaga, mangan, vitamin C, riboflavin, niasin, asam pantotenat, asam folat, vitamin E, vitamin A, dan vitamin K.

Manfaat Kacang Pistachio

Berikut 7 manfaat kacang pistachio bagi kesehatan :

1. Antioksidan

Kacang pistachio kaya akan antiosidan seperti lutein, vitamin E dan vitamin C. Karoten dan vitamin E yang dapat ditemukan di pistachio dapat membantu Anda dalam melindungi tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Mengkonsumsi jantung diyakini dapat bermanfaat bagi kesehatan jantung. Hal ini karena kacang pistachio kaya akan asam lemak tak jenuh tunggal yang dapat membantu mengurangi tekanan darah tinggi. Selain itu, dengan mengkonsumsi kacang pistachio juga dapat mengurangi stres yang berhubungan dengan tekanan darah tinggi.

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Asupan pistachio dapat membantu Anda memperoleh sistem kekebalan tubuh yang sehat. Hal ini dikarenakan kacang pistachio mengandung konsentrasi yang tinggi akan vitamin B6, yang sangat penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh agar berfungsi dengan baik.

4. Kesehatan Mata

Manfaat kacang pistachio juga dapat membantu Anda dalam meningkatkan fungsi penglihatan. Hal ini dikarenakan kacang ini mengandung karotenoid yang dapat melindungi mata dari gangguan yang berkaitan dengan usia, seperti katarak dan degenerasi makula. Lutein dan zeaxanthin yang hadir dalam kacang pistachio dapat menjaga mata dari kerusakan akibat radiasi UV yang berbahaya.

5. Mengontrol Berat Badan

Kandungan yang tinggi akan vitamin E dalam kacang pistachio dapat membantu Anda untuk meningkatkan elastisitas kulit. Hal ini dapat membantu Anda dalam melawan proses penuaan dan mencegah timbulnya keriput. Vitamin E-nya juga dapat melindungi membran sel, sehingga dapat membuat kulit Anda lebih sehat dan berkilau.

6. Kesehatan Otak

Kandungan vitamin B6 yang tinggi dalam kacang pistachio dapat membantu dalam meningkatkan jumlah hemoglobin dalam darah. Darah yang kaya akan oksigen ini kemudian dipasok ke otak, sehingga otak dapat berfungsi dengan baik.

7. Mengatasi Kulit Kering

Minyak esensial yang hadir dalam pistachio dapat membantu Anda dalam mengatasi kekeringan kulit. Menghidrasi kulit dan mengatur produksi sebum, sehingga dapat menjadi kondisioner yang alami untuk kulit.

Baca juga artikel lain, seperti :

Tips Memilih Kacang Pistachio dan Penyimpanannya

Pistachio yang tersedia di pasaran dapat di jual dalam berbagai bentuk, seperti dikupas atau tidak dikupas, dengan rasa yang manis atau asin. Cangkang atau kulit pada kacang pistachio dapat melindunginya dari kerusakan fisik dan berbagai infeksi. Di sisi lain, rasa manis atau asin pada kacang pistachio mungkin bukan pilihan yang baik karena kandungan natrium dan gula yang tinggi.

Oleh karena itu, idealnya adalah dengan beli kacang pistachio yang masih terbungkus cangkang atau kulit, dan lebih baik tanpa tambahan gula atau garam. Kacang pistachio harus disimpan dalam wadah yang kedap udara, tempat sejuk, dan kering sehingga dapat bertahan dalam jangka waktu yang lama.

Pertimbangan dalam Mengkonsumsi Kacang Pistachio

Meskipun sebagian besar lemak dalam pistachio adalah jenis lemak tak jenuh yang sehat, kacang pistachio masih mengandung banyak kalori sehingga Anda perlu membatasi dalam mengkonsumsi kacang pistachio. Selain itu, pilihkan kacang pistachio yang tawar untuk membantu Anda dalam meminimalkan asupan garam.


Melalui artikel ini, dapat diketahui bahwa kacang kacangan memiliki banyak kegunaan, terkhususnya 7 manfaat kacang pistachio untuk kesehatan yang dibahas kali ini. Semoga dapat bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda dalam menjalani pola hidup yang lebih sehat. Selain itu, baca artikel sebelumnya, yaitu Manfaat Buah Blackberry serta kunjungi selalu situs khasiatsehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Referensi artikel khasiat kacang pistachio untuk kesehatan :

www.healthbeckon.com/pistachios-benefits/

www.organicfacts.net/health-benefits/seed-and-nut/health-benefits-of-pistachio.html

healthyeating.sfgate.com/benefits-eating-pistachios-1507.html

www.nutrition-and-you.com/pistachio.html

image by : www.alibaba.com

One Comment