18 Khasiat Biji Ketumbar untuk Kesehatan

Biji ketumbar merupakan salah satu rempah-rempah yang biasa digunakan untuk penyedap rasa pada masakan Indonesia. Disamping hal tersebut, biji ketumbar ternyata memiliki beragam manfaat yang luar biasa bagi kesehatan. Lalu apa saja manfaat biji ketumbar untuk kesehatan? Berikut ulasannya.

Manfaat Biji Ketumbar
Gambar biji ketumbar via spice101.com

KANDUNGAN GIZI BIJI KETUMBAR

Dalam bahasa Inggris, rempah-rempah yang memiliki nama latin Coriandrum sativum ini dikenal dengan sebutan coriander atau cilantro. Tak hanya bermanfaat sebagai penyedap rasa pada makanan, biji ini juga dapat memberikan manfaat untuk kesehatan. Hal ini karena biji ketumbar memiliki sejumlah kandungan gizi, antara lain minyak esensial, asam lemak, zat besi, vitamin C, zinc, magnesium, mangan, potassium, kalsium, tembaga, zat besi, thiamine, niacin, dan juga riboflavin.

Manfaat Biji Ketumbar

Berikut 18 manfaat biji ketumbar bagi kesehatan:

1. Mencegah Haid Tidak Teratur

Manfaat biji ketumbar yang pertama yaitu dapat membantu mencegah haid tidak teratur. Hal ini karena biji ketumbar mengandung stimulan alami yang dapat merangsang kelenjar endokrin untuk mengeluarkan dan menjaga keseimbangan hormon yang tepat. Sehingga dapat mengurangi rasa nyeri dan memperlancar siklus haid.

2. Mengurangi Gejala Kongjungtivis

Biji ketumbar merupakan salah satu solusi terbaik untuk mengatasi konjungtivitis atau mata merah. Jika Anda mengalami masalah ini, cobalah untuk mencuci mata dengan air rebusan biji ketumbar secara rutin. Kandungan antioksidan yang terkandung di dalamnya dapat mengurangi kemerahan, gatal, serta peradangan pada mata.

3. Mencegah Diabetes

Siapa sangka khasiat biji ketumbar juga dapat membantu menjaga glukosa darah. Dengan demikian mempertahankan kadar gula darah yang sehat. Oleh karena itu, biji ketumbar dapat digunakan untuk mencegah serta mengobati diabetes.

4. Sebagai Obat Kolesterol Alami

Selain dapat mencegah diabetes, biji ketumbar juga dapat digunakan sebagai obat kolesterol alami yang dapat membantu mengurangi jumlah LDL (kolesterol jahat) dan meningkatkan jumlah HDL (kolesterol baik) dalam darah. Oleh karena itu, bagi Anda yang menderita kolesterol tinggi sebaiknya mengonsumsi air rebusan biji ketumbar cara rutin.

5. Mengatasi Jerawat

Manfaat biji ketumbar yang selanjutnya yaitu dapat digunakan untuk mengatasi jerawat. Jika Anda memiliki masalah dengan jerawat dan komedo, haluskan biji ketumbar dan kunyit selanjutnya oleskan pada bagian wajah yang terdapat jerawat. Sebaiknya digunakan sebelum tidur.

6. Mengobati Keputihan pada Wanita

Biji ketumbar dipercaya dapat digunakan sebagai obat keputihan alami untuk wanita. Untuk penggunaannya, rendamlah biji ketumbar ke dalam air semalaman. Setelah itu saring dan minumlah hasil air rendaman tadi saat perut Anda kosong pada pagi hari. Lakukan secara rutin selama seminggu untuk hasil yang optimal.

7. Mencegah Anemia

Biji ketumbar dapat digunakan untuk mencegah anemia. Seperti yang Anda tahu bahwa anemia dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Oleh karena itu, agar Anda terhindar dari penyakit anemia Anda dapat mengkonsumsi biji ketumbar dalam bentuk air rebusan secara rutin.

8. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Khasiat ketumbar yang tidak kalah pentingnya untuk tubuh Anda yaitu dapat membantu menjaga daya tahan tubuh. Biji ini dapat berperan dalam meningkatkan kemampuan serta kualitas sistem imun tubuh, sehingga tubuh Anda dapat menjadi lebih kebal terhadap serangan berbagai penyakit.

9. Meningkatkan Nafsu Makan

Biji ketumbar juga sangat dapat digunakan untuk meningkatkan nafsu makan, terutama pada anak-anak. Hal ini dikarenakan biji ketumbar yang dikonsumsi dalam bentuk air rebusan memiliki suatu kandungan yang bermanfaat untuk meningkatkan nafsu makan.

Artikel terkait: Manfaat Daun Ketumbar

Selain 9 khasiat dan manfaat ketumbar yang telah disebutkan sebelumnya, masih terdapat berbagai manfaat lainnya dari biji ini yang perlu Anda ketahui. Beberapa manfaat lainnya dari biji ketumbar yaitu:

10. Sebagai Antibakteri

11. Sebagai Obat Cacing

12. Mengatasi Peradangan

13. Menurunkan Risiko Terkena Kanker

14. Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

15. Memperlancar Produksi ASI pada Ibu Menyusui

16. Mencegah Osteoporosis

17. Mengatasi Bau Mulut dan Bau Badan

18. Meningkatkan Vitalitas


PERTIMBANGAN DALAM MENGONSUMSI BIJI KETUMBAR

Pada dasarnya dengan mengonsumsi biji ketumbar dengan pengolahan yang tepat dan tidak berlebihan, biji ini dapat memberikan beragam manfaat yang luar biasa bagi tubuh Anda. Namun yang perlu diperhatikan adalah Anda perlu mengimbanginya dengan mengonsumsi makanan sehat lainnya agar kebutuhan gizi pada tubuh Anda dapat tercukupi, sehingga biji ketumbar ini dapat memberikan manfaat untuk kesehatan.


Demikian artikel kesehatan mengenai berbagai manfaat biji ketumbar untuk kesehatan. Semoga dapat bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda dalam menjalani pola hidup yang lebih sehat. Selain itu, baca artikel sebelumnya, yaitu Manfaat Buah Kemang atau kembali ke halaman utama Khasiat Sehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Silahkan bagikan artikel ini melalui: