9 Khasiat Buah Blackberry untuk Kesehatan

Buah blackberry merupakan salah satu buah-buahan yang lezat yang termasuk dalam genus Rubus. Sejak dulu blackberry digunakan sebagai bagian dari proses pengobatan di seluruh dunia karena mengandung berbagai nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Dan pada artikel kali ini akan dibahas mengenai beberapa manfaat buah blackberry untuk kesehatan yang lebih lanjut.

Manfaat Buah Blackberry

Kandungan Gizi Buah Blackberry

Berdasarkan organicfacts, vitamin yang terkandung dalam blackberry yaitu vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B6, vitamin C, vitamin E, vitamin K, dan juga folat. Selain itu kandungan mineral pada blackberry yaitu kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, dan seng. Blackberry juga merupakan sumber yang baik dari asam amino dan serat makanan yang penting tanpa memberikan kolesterol yang berbahaya.

Manfaat Buah Blackberry

Berikut 9 manfaat buah blackberry bagi kesehatan :

1. Kaya akan Serat

Satu cangkir buah blackberry mengandung sekitar 7,6 gram serat, yang dapat memberikan tambahan energi dan membuat Anda merasakan kenyang lebih lama, sehingga dapat membantu Anda menghindari dari makan makanan yang berlebihan atau tidak sehat. Serat juga dapat membantu Anda dalam memperoleh kesehatan pencernaan yang lebih baik.

2. Kesehatan Jantung

Kaya akan flavonoid seperti antosianin membuat buah blackberry menjadi makanan yang menyehatkan untuk kesehatan jantung Anda. Komponen lain yang juga berguna seperti magnesium dan serat, dapat membantu Anda dalam mencegah penyumbatan arteri dan merangsang aliran darah yang lancar.

Hal tersebut akan mengurangi risiko berbagai penyakit jantung seperti stroke, aterosklerosis, dan menjaga kesehatan jantung. Kandungan magnesium dalam blackberry juga dapat membantu Anda dalam mengontrol tekanan darah dan mencegah aritmia jantung.

3. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Blackberry dapat membantu Anda dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang terkaitan dengan kehadiran vitamin dan mineral di dalamnya. Dengan mengkonsumsi buah blackberry secara teratur dapat membantu Anda dalam melawan berbagai patogen dan melindungi tubuh dari infeksi serta penyakit lainnya.

4. Membantu Anda dalam Mengontrol Berat Badan

Karena kandungan gula yang rendah pada blackberry, buah ini dapat membantu Anda dalam mengontrol berat badan yang sehat. Kadar kalori yang sedikit juga membuatnya dapat menjadi sebuah camilan yang menyehatkan selama upaya penurunan berat badan.

5. Kesehatan Tulang

Blackberry mengandung mineral penting seperti magnesium dan kalsium yang penting untuk menjaga kesehatan tulang. Kalsium dapat memperkuat tulang dan kandungan magnesium pada blackberry dapat mendukung penyerapan kalsium dan kalium dalam tubuh.

6. Kesehatan Kulit

Blackberry dapat menjaga kulit Anda tetap terlihat cantik. Hal ini dikarenakan blackberry dikemas dengan beberapa nutrisi yang penting bagi kulit seperti vitamin C, vitamin E, dan antioksidan kuat lainnya. Vitamin E yang hadir dalam blackberry dapat membantu Anda dalam menjaga kesehatan kulit dan mencegah terjadinya gejala penuaan dini.

Terlepas dari melindungi kesehatan kulit terhadap kerusakan oksidatif, vitamin C yang hadir dalam blackberry juga bertanggung jawab untuk pembentukan dan penguatan struktur kolagen yang merupakan dasar dari jaringan ikat dan membantu Anda dalam menjaga kulit tetap kencang.

7. Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat blackberry untuk mata. Blackberry juga berguna untuk menjaga kesehatan mata Anda. Dengan mengkonsumsi buah blackberry secara teratur dapat membantu Anda dalam melindungi mata dari radiasi ultra-violet karena kehadiran lutein pada buah blackberry.

Selain itu, anthocyanosides dan kandungan vitamin vitamin pada buah blackberry dapat meningkatkan penglihatan dan melindungi mata Anda dari berbagai penyakit seperti degenerasi makula, katarak, dan rabun senja.

8. Baik untuk Ibu Hamil

Manfaat buah blackberry untuk ibu hamil. Sebagai sumber akan folat alami, blackberry dapat memberikan kontribusi dalam pertumbuhan yang optimal dari sel dan jaringan, serta mengurangi risiko terjadinya cacat lahir pada bayi.

Vitamin C dan antiosidan lainnya dapat membantu meningkatkan kemampuan tubuh dalam melawan penyakit pada ibu hamil. Kehadiran mineral penting seperti kalsium, zat besi, magnesium, dan fosfor pada buah blackberry dapat memperkuat tulang dan menjaga kesehatan tubuh.

9. Membantu Mengatasi Masalah Haid pada Wanita

Kehadiran vitamin K dapat membantu mengontrol fungsi hormon, dengan demikian berpotensi mengurangi nyeri kram ketika sedang haid. Selain itu blackberry juga dapat membantu dalam proses pembekuan darah, sehingga mencegah terjadinya pendarahan yang berlebihan ketika haid.

Baca juga artikel lain, seperti :

Tips Memilih Buah Blackberry dan Penyimpanannya

Pilihlah blackberry yang masih beraroma segar. Umumnya, buah blackberry yang matang sempurna dan siap dikonsumsi, memiliki warna hitam pekat. Sementara yang masih belum sepenuhnya matang memiliki warna merah atau ungu tua.

Ketika Anda ingin beli buah blackberry yang sudah dikemas, perhatikan sela-sela pada buah blackberry yang saling berdekatan. Karena bisa saja pada sela-sela buah blackberry yang sudah dikemas tersebut sudah menunjukkan tanda-tanda pembusukan.

Idealnya, buah blackberry harus dikonsumsi dalam waktu 3 sampai 4 hari untuk menjaga kesegarannya. Namun Anda dalam menyimpannya dalam sebuah wadah dan dibungkus dengan plastik wrap kemudian simpan dalam lemari es atau kulkas untuk menghindari terjadinya pembusukan.

Peringatan dan Efek Samping Buah Blackberry

Pada dasarnya jika Anda tidak alergi terhadap buah-buahan, maka blackberry aman ketika dikonsumsi. Namun beberapa orang mungkin akan mengalami reaksi alergi ringan ketika mengkonsumsi blackberry, yang ditandai dengan terjadinya pembengkakan atau gatal pada tangan, mulut, dan permukaan bibir atas sesudah mengkonsumsinya, maka untuk selanjutnya Anda perlu menghindari mengkonsumsi blackberry.

Terdapat beberapa bukti yang menunjukkan bahwa kehadiran tanin dalam blackberry dapat berkontribusi dalam perkembangan tumor pada penderita kanker, terutama jika dikonsumsi dalam jumlah besar. Oleh karena itu, untuk Anda yang memiliki riwayat kanker perlu menghindari blackberry, terutama minuman teh yang terbuat dari akar dan daun blackberry.


Melalui artikel ini, dapat diketahui bahwa blackberry memiliki banyak kegunaan, terkhususnya 9 manfaat buah blackberry untuk kesehatan yang dibahas kali ini. Semoga dapat bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda dalam menjalani pola hidup yang lebih sehat. Selain itu, baca artikel sebelumnya, yaitu Manfaat Susu Almond serta kunjungi selalu situs khasiatsehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Referensi artikel khasiat buah blackberry untuk kesehatan :

draxe.com/health-benefits-blackberries/

www.organicfacts.net/health-benefits/fruit/blackberries.html

www.healthfitnessrevolution.com/top-10-health-benefits-of-blackberries/

image by : www.chemipan.com