13 Khasiat Ginseng untuk Wanita

Ginseng merupakan salah satu jenis tanaman herbal yang telah lama digunakan sejak lama sebagai solusi pengobatan herbal di seluruh belahan dunia, termasuk sebagai solusi untuk menjaga kesehatan wanita. Lalu apa saja manfaat ginseng untuk wanita? Berikut ulasannya.

Manfaat Ginseng untuk Wanita
Gambar akar ginseng via thenatpath.com

Manfaat Ginseng untuk Wanita

Berikut 13 manfaat ginseng untuk kesehatan:

1. Mencegah Penuaan Dini

Manfaat ginseng untuk wanita yang pertama yaitu dapat digunakan dalam mencegah penuaan dini. Hal ini dikarenakan ginseng memiliki efek toning pada kulit dan dapat membantu menyeimbangkan produksi minyak pada kulit sehingga mencegah timbulnya penuaan dini. Oleh karena khasiat ginseng untuk wanita inilah, sejumlah produk krim kulit saat ini banyak yang menggunakan ginseng sebagai salah satu bahan dasar pembuatannya.

2. Menyeimbangkan Hormon pada Wanita

Adanya sifat penyeimbang hormon dalam ginseng membuatnya sangat bermanfaat bagi wanita di tahap awal menopause, karena dapat membantu mengontrol produksi estrogen dari indung telur.

Selain itu, mengonsumsi ginseng juga dianjurkan bagi mereka yang menderita hot flushes (rasa panas yang biasanya dialami oleh wanita di masa perimenopause) karena sifat “pendinginan”nya.

3. Meningkatkan libido

Banyak wanita yang mengalami penurunan libido selama masa menopause, dan ginseng dapat berperan dalam merangsang hormon yang mengatur libido ini. Tak hanya untuk wanita, pria juga telah lama menggunakan ginseng untuk mengatasi masalah penurunan libido.

4. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Mengonsumsi ginseng dalam bentuk bubuk diyakini dapat membantu meningkatkan regulasi sistem kekebalan tubuh melalui proses dari kelenjar endokrin. Selain itu, ginseng juga dapat membantu mengatasi ketegangan fisiologis, biologis dan psikologis pada wanita.

5. Mencegah Kanker Payudara

Terdapat beberapa penelitian yang telah dilakukan dan menyebutkan bahwa ginseng memiliki sifat anti karsinogenik, yang sangat ampuh untuk melindungi tubuh dari sel kanker terutama kanker payudara yang sangat berbahaya bagi wanita.

6. Sebagai Sumber Energi

Tidak bermanfaat untuk pria, ginseng juga dapat menjadi sumber energi yang sangat baik bagi wanita. Ginseng dapat merangsang aliran darah menjadi lebih lancar, menghilangkan rasa lelah secara efektif, serta meningkatkan kinerja kaum wanita saat sedang bekerja atau berolahraga.

7. Merangsang Pertumbuhan Rambut

Ginseng memiliki suatu kandungan yang dapat merangsang aliran darah ke kulit kepala sekaligus meningkatkan kesehatan folikel rambut. Hal ini membuat ginseng dapat digunakan untuk perawatan rambut sekaligus mencegah kerontokan parah pada rambut wanita.

8. Mengatasi Stres

Masalah stres dan rasa cemas yang terlalu berlebihan sering dialami oleh kaum wanita, terutama pada wanita yang sudah memasuki masa menopause atau sedang dalam masa menstruasi. Ekstrak dari ginseng dapat memperlancar menstruasi sehingga masalah seperti stres dan rasa cemas dapat diatasi secara efektif.

9. Pembentuk Kolagen

Kegunaan ginseng untuk wanita yang selanjutnya yaitu dapat menjadi pembersih area wajah yang sangat ampuh sekaligus sebagai pembentuk kolagen yang dapat mengurangi bintik hitam di area wajah anda. Anda dapat mengolah ginseng sebagai bahan dasar masker yang dicampur dengan beberapa bahan berkhasiat lainnya.

Artikel terkait: Manfaat Teh Ginseng

Selain khasiat dan manfaat ginseng untuk wanita yang telah disebutkan sebelumnya, masih terdapat berbagai manfaat lainnya dari ginseng ini yang perlu Anda ketahui. Berikut beberapa manfaat lainnya dari ginseng:

10. Detoksifikasi Tubuh

11. Meningkatkan Produksi Sel Kulit Baru

12. Mengurangi Sakit Saat Menstruasi

13. Mengontrol Berat Badan pada Wanita


PENGGUNAAN GINSENG UNTUK PERAWATAN KULIT WAJAH

Bagi wanita, perawatan tentu menjadi hal yang penting. Mengenai hal ini, Anda dapat menggunakan ginseng sebagai perawatan kulit wajah yang alami untuk membuatnya agar tetap sehat, terlihat halus, serta merona. Anda dapat mengolahnya dengan mudah dan dapat dilakukan di rumah. Hal yang perlu Anda lakukan yaitu:

  1. Siapkan ginseng yang telah diolah menjadi bentuk bubuk.
  2. Campur bubuk ginseng dengan madu murni secukupnya.
  3. Aduklah hingga merata.
  4. Terapkan ramuan tersebut pada kulit wajah hingga merata dan lakukan sedikit pijatan.
  5. Diamkan selama kurang lebih 20 menit, sampai masker ginseng tersebut mengering.
  6. Bilaslah wajah Anda dengan menggunakan air mengalir yang bersih.

Demikian artikel kesehatan mengenai berbagai manfaat ginseng untuk wanita. Semoga dapat bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda dalam menjalani pola hidup yang lebih sehat. Selain itu, baca artikel sebelumnya, yaitu Manfaat Buah Yuzu atau kembali ke halaman utama Khasiat Sehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Silahkan bagikan artikel ini melalui: