10 Manfaat Daun Afrika untuk Kesehatan

Tahukah Anda, daun afrika merupakan tanaman herbal yang berasal dari benua Afrika. Dimana tanaman ini sering digunakan sebagai pengobatan tradisional di bagian barat Afrika, tepatnya di negara Nigeria. Lalu apa saja manfaat daun afrika untuk kesehatan? Berikut ulasan lengkap tentang daun afrika yang perlu Anda ketahui.

Mengenal apa itu daun afrika

Ciri-ciri daun afrika yang paling umum adalah memiliki warna hijau tua dan memiliki bentuk lonjong dengan permukaan daun yang kasar. Meskipun memiliki rasa yang cenderung pahit, daun ini ternyata memiliki kandungan nutrisi yang cukup beragam lho.

Manfaat daun afrika / Vernonia amygdalina (bitter leaf)
Vernonia amygdalina photo by wikimedia.org

Kandungan Gizi

Berdasarkan beragam studi yang telah dilakukan, daun daunan yang memiliki nama latin Vernonia amygdalina ini mengandung protein, serat (jenis tidak larut air), dan lemak sehat yang cukup tinggi. Disamping hal itu, daun ini kaya akan sejumlah mineral penting seperti kalsium, kalium, zinc, magnesium, natrium, dan zat besi. Daun ini juga memiliki kandungan vitamin C, vitamin E, vitamin A, dan vitamin B kompleks yang dapat membantu dalam memenuhi kebutuhan harian tubuh.

Manfaat Daun Afrika

Berikut manfaat daun afrika untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui:

  1. Mengobati Demam Malaria

Sejak berabad-abad yang lalu, jus daun afrika telah digunakan untuk meredakan gejala demam akibat malaria. Hal ini didukung dalam sebuah percobaan klinis yang telah dilakukan di Afrika, sari daun afrika segar terbukti 67% efektif dalam meredakan demam dan malaria ringan.

Sebagai catatan, sebelum menggunakan daun afrika untuk pengobatan tradisional, ada baiknya apabila Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan ahlinya agar tidak menimbulkan efek samping.

  1. Mengandung Antioksidan Tinggi

Vernonia amygdalina merupakan salah satu tanaman yang mengandung antioksidan. Dimana fungsi dari antioksidan adalah melindungi dari kerusakan sel akibat stres oksidatif dari paparan radikal bebas.

  1. Membantu Mengobati Diabetes

Ekstrak daun afrika mengandung zat aktif seperti tanin, flavonoid, saponin, polifenol, dan alkaloid yang berguna untuk menurunkan glukosa darah. Hal ini didukung oleh sebuah studi yang dilakukan pada seekor hewan yang menunjukkan bahwa daun ini dapat menurunkan glukosa darah hingga 50% dibandingkan dengan hewan diabetes yang tidak diobati.

  1. Mencegah Penyakit Jantung

Berdasarkan studi dari American Journal of Clinical Nutrition, asupan omega-3 dan omega-6 yang cukup dapat menurunkan risiko terkena penyakit kardiovaskuler. Dalam hal ini, daun afrika mengandung omega 6 (linoleic acid) dan juga omega 3 (linolenic acid) yang sangat penting bagi tubuh manusia.

Jurnal Current Pharmaceutical Design yang diterbitkan tahun 2009 juga melaporkan bahwa kedua asam lemak tersebut telah terbukti dapat melindungi dari penyakit jantung koroner, gagal jantung, henti jantung mendadak, gangguan pembekuan darah, dan mengurangi risiko aterosklerosis.

  1. Menurunkan Kolesterol

Berdasarkan Journal of Vascular Health and Risk Management, daun Afrika dipercaya dapat mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL-Low Density Lipoprotein) dalam darah hingga 50% namun dapat meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL-High Density Lipoprotein).

Seperti yang telah diketahui bahwa peningkatan kolesterol jahat merupakan faktor risiko terbesar dalam penyakit jantung. Sementara itu, kolesterol baik dapat membantu memelihara kesehatan jantung dan fungsi tubuh lainnya.

  1. Mengurangi Risiko Terkena Kanker

Sebuah studi yang dimiliki oleh Jackson State University, daun afrika dapat menghambat pertumbuhan sel kanker payudara dengan cara menurunkan kadar estrogen berlebih dalam darah. Inilah yang membuat daun afrika dipercaya dapat membantu mengurangi risiko kanker payudara.

  1. Meningkatkan Kesuburan pada Wanita

Dalam suatu penelitian, daun afrika dapat meningkatkan kesuburan sel telur secara signifikan sehingga dapat meningkatkan kemungkinan kehamilan di kalangan wanita yang kesulitan hamil.

Cara yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan manfaat daun afrika ini yaitu dengan minum air rebusan daun afrika. Hal ini karena adanya kandungan edotides yang dapat meningkatkan keseimbangan hormon dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

  1. Mempercepat Proses Penyembuhan Luka

Dalam studi yang diterbitkan oleh Advanced Pharmaceutical Bulletin vol 4, daun afrika diklaim dapat mempercepat proses pengeringan luka pada kulit. Sehingga dapat mencegah terjadinya infeksi lebih lanjut.

  1. Mengatasi Penyakit Tifus

Salah satu khasiat daun afrika yang masih jarang diketahui masyarakat yaitu dapat memnyembuhkan penyakit tifus. Hal ini karena daun ini memiliki zat antibakteri dan antibiotik yang berperan penting dalam mengusir bakteri patogen, termasuk penyebab tifus.

  1. Mengobati Peradangan

Ekstrak daun afrika diperkaya oleh sejumlah zat yang bersifat antiinflamasi. Hal inilah yang membuat manfaat daun afrika dapat dijadikan solusi untuk mengobati peradangan.

Pada suatu kasus, peradangan sendi juga dapat disebabkan oleh kurangnya asupan mineral magnesium. Dalam hal ini, daun afrika yang memiliki kandungan magnesium yang sangat berperan penting dalam mengatasi gangguan kesehatan ini.


Hal yang perlu diperhatikan sebelum konsumsi daun afrika

Telah dijelaskan di atas bahwa daun afrika memiliki segudang manfaat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Namun, perlu diingat bahwa konsumsi daun afrika tidak bisa dijadikan sebagai pengobatan utama dalam menyembuhkan suatu penyakit.

Hal ini berkaitan dengan bukti ilmiah untuk mendukung klaim manfaat daun afrika yang sampai saat ini masih belum cukup kuat. Karena sebagian besar temuan dan studi yang telah dilakukan hanya berdasar uji laboratorium pada hewan lab, sedangkan uji pada manusia belum dilakukan.

Oleh karena itu, apabila Anda berniat menggunakan khasiat daun afrika sebagai pengobatan, alangkah baiknya jika Anda konsultasi dengan dokter terkait kondisi yang sedang Anda alami. Hal ini karena obat obatan herbal tidak boleh diminum secara sembarangan.

Baca juga:

Ringkasan
Jarang Diketahui, Inilah 10 Manfaat Daun Afrika untuk Kesehatan
Judul Artikel
Jarang Diketahui, Inilah 10 Manfaat Daun Afrika untuk Kesehatan
Deskripsi
Tahukah Anda, daun afrika merupakan tanaman herbal yang berasal dari benua Afrika. Dimana tanaman ini sering digunakan sebagai pengobatan tradisional di bagian barat Afrika, tepatnya di negara Nigeria. Lalu apa saja manfaat daun afrika untuk kesehatan? Berikut ulasan lengkap tentang daun afrika yang perlu Anda ketahui.
Penulis