15 Khasiat Jamur Kuping untuk Kesehatan

Jamur kuping merupakan salah satu jenis jamur yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Disamping rasanya yang lezat, tentunya jika diolah dengan dengan tepat, jamur ini juga mengandung berbagai nutrisi yang sangat bermanfaat untuk kesehatan. Lalu apa saja manfaat jamur kuping untuk kesehatan? Berikut ulasannya.

Manfaat Jamur Kuping
Gambar jamur kuping via wikipedia.org

Jamur yang memiliki nama latin Auricularia auricula ini memiliki bentuk yang menyerupai kuping atau telinga menusia, sehingga sering disebut dengan nama jamur kuping. Dalam bahasa inggris, jamur kuping sendiri disebut sebagai jews ear, wood ear, ataupun jelly ear.

KARAKTERISTIK JAMUR KUPING

Jamur kuping memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  • Bentuknya dapat menyerupai seperti mangkok ataupun cuping telinga.
  • Berwarna hitam, coklat kehitaman, ataupun coklat tua.
  • Memiliki ukuran diameter 2 hingga 15 cm.
  • Jamur kuping memiliki tekstur yang kenyal saat masih segar. Sedangkan jika dalam keadaan kering, jamur ini memiliki tekstur yang keras hampir seperti tulang.
  • Proses reproduksi vegetatif pada jamur ini adalah dengan cara bertunas, konidia, dan fragmentasi miselium. Sedangkan reproduksi generatif berlangsung dengan cara menggunakan alat yang biasa disebut dengan basidium untuk menghasilkan spora yang disebut basidiospora.
  • Siklus hidupnya hampir sama dengan siklus hidup jamur tiram dan shitake, yaitu menghasilkan spora dalam jumlah yang besar, bentuknya kecil dan ringan pada saat tubuh buah sudah menua.

KANDUNGAN GIZI JAMUR KUPING

Jamur kuping mengandung nutrisi yang sangat beragam, antara lain yaitu air, protein, lemak, karbohidrat, dan juga serat. Selain itu jamur kuping juga memiliki kandungan berupa berbagai macam vitamin dan mineral. Jenis vitamin yang ada dalam jamur kuping ialah thiamin, riboflavin, niacin, asam pantotenat, vitamin B6, dan folat.

Sedangkan kandungan mineral yang terdapat pada jamur kuping seperti kalsium, besi, magnesium, fosfor, kalium, dan natrium. Kombinasi dari berbagai kandungan nutrisi dan gizi tersebutlah yang membuat jamur jenis ini sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Manfaat Jamur Kuping

Berikut 15 manfaat jamur kuping bagi kesehatan:

1. Mencegah Alzheimer

Manfaat jamur kuping yang pertama ini sangat bagus dikonsumsi oleh orang-orang yang sudah berusia tua. Hal ini karena ekstrak polisakarida yang terdapat di dalamnya dapat menghambat salah satu enzim yang dapat menyebabkan penyakit alzheimer.

2. Menurunkan Kadar Kolesterol

Terdapat sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa kandungan polarisakarida yang terdapat dalam jamur kuping dapat membantu menurunkan kolesterol dalam darah. Oleh karena itu bagi Anda yang memiliki kadar kolesterol tinggi, dapat mencoba mengonsumsi jenis jamur ini dalam berbagai bentuk penyajian. Tetapi yang perlu diperhatikan adalah hindari olahan masakan berminyak karena malah dapat memicu kenaikan kadar kolesterol dalam darah anda.

3. Mencegah Anemia

Seperti yang telah diketahui bahwa penyakit anemia disebabkan karena kekurangan zat besi dalam tubuh. Siapa sangka kandungan zat besi dalam jamur kuping ternyata cukup tinggi dibandingkan dengan beberapa jenis sayuran lainnya.

Oleh karena itu, Anda dapat mengonsumsi jamur jenis untuk secara rutin untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan zat besi sehingga tubuh dapat memproduksi sel darah dalam jumlah yang normal, sehingga dapat mengobati serta mencegah penyakit anemia.

4. Menangkal Radikal Bebas

Jamur kuping mengandung vitamin B2 (riboflavin) yang dapat bertindak sebagai antioksidan sehingga dapat melindungi tubuh dari kerusakan akibat pengaruh radikal bebas. Seperti yang Anda tahu bahwa radikal bebas dapat menyebabkan masalah serius pada tubuh, seperti terjadinya penuaan dini hingga kanker.

5. Mencegah Penyakit Jantung

Salah satu khasiat jamur kuping yang tidak kalah menariknya adalah dapat membantu mencegah penyakit jantung. Hal ini dikarenakan terdapat suatu senyawa dalam jamur ini yang dapat membantu mengencerkan dan melancarkan peredaran darah, sehingga dapat mencegah atau mengurangi risiko terkena penyakit jantung.

6. Mencegah Penyakit Stroke

Terkait dengan manfaat jamur kuping untuk mencegah penyakit jantung. Penyakit ini juga disebabkan oleh tersumbatnya aliran darah yang menuju ke jantung maupun ke otak. Jamur kuping mengandung suatu lendir yang dapat bermanfaat dalam mengencerkan kembali peredaran darah yang menggumpal dalam tubuh.

7. Meredakan Sakit Kepala

Mengonsumsi jamur kuping juga dapat digunakan untuk meredakan sakit kepala. Hal ini karena jamur kuping mengandung vitamin B1 yang dapat membantu menyembuhkan sakit kepala. Oleh karena Anda dapat mengonsumsi jamur kuping untuk mengobati sakit kepala sebelum Anda memulai konsumsi obat-obatan.

8. Kaya akan Vitamin dan Mineral

Jamur kuping mengandung berbagai vitamin dan mineral yang dapat membuat tubuh Anda menjadi lebih sehat. Beberapa vitamin yang terkandung di dalamnya, seperti vitamin C dan vitamin B sangat baik untuk antibodi. Sedangkan kandungan mineralnya, seperti kalium dan selenium sangat baik dalam metabolisme energi dan enzim.

9. Membantu Menurunkan Trigliserida

Manfaat jamur kuping yang selanjutnya juga dapat digunakan untuk membantu menurunkan trigliserida, yang merupakan salah satu jenis lemak. Tubuh Anda dapat rentan terkena diabetes jika kadar trigliserida dalam tubuh Anda terlalu tinggi. Oleh karena itu Anda dapat mulai mengonsumsi jamur kuping untuk mencegah terjadinya hal tersebut.

Artikel terkait: Manfaat Makan Jamur

Selain 9 manfaat dan khasiat jamur kuping yang telah disebutkan sebelumnya, masih terdapat berbagai manfaat lainnya dari jamur ini yang perlu Anda ketahui. Beberapa manfaat lainnya dari jamur kuping yaitu:

10. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

11. Meningkatkan Nafsu Makan

12. Mencegah Terjadinya Gangguan Neurologis

13. Memperbaiki Suasana Hati

14. Mencegah Iritasi dan Peradangan

15. Membantu Mengobati Penyakit Aterosklerosis


Demikian artikel kesehatan mengenai berbagai manfaat jamur kuping untuk kesehatan. Semoga dapat bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda dalam menjalani pola hidup yang lebih sehat. Selain itu, baca artikel sebelumnya, yaitu Manfaat Jahe Merah atau kembali ke halaman utama Khasiat Sehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Silahkan bagikan artikel ini melalui: