9 Khasiat Daun Pandan untuk Kesehatan

Daun pandan merupakan tanaman yang sebagian besar tumbuh di Asia Selatan dan biasanya tumbuh liar. Dalam beberapa negara, termasuk Indonesia, daun pandan sering digunakan sebagai bahan tambahan untuk membuat makanan. Terlepas dari hal itu, daun pandan juga dapat memberikan manfaat bagi kesehatan. Berikut artikel mengenai manfaat daun pandan untuk kesehatan.

Manfaat Daun Pandan

Daun pandan wangi memiliki aroma yang cukup harum dan sering digunakan sebagai pewangi pada adonan kue. Selain sebagai tambahan pada adonan kue, beberapa jenis makanan ringan lainnya yang menggunakan daun pandan yaitu bubur sumsum, es dawet, dan sebagainya.

Manfaat Daun Pandan

Berikut 9 manfaat daun pandan bagi kesehatan :

1. Sebagai Anti Rematik

Arthritis tak hanya dapat menyerang orang tua yang berusia di atas 50 tahun, tetapi juga dapat menyerang orang muda juga. Untuk mengatasi ini, Anda dapat menggunakan daun pandan. Potonglah tiga helai daun pandan, kemudian campurkan dengan minyak kelapa yang telah dipanaskan. Biarkan sampai dingin, lalu gunakan sebagai obat gosok untuk bagian yang terkena rematik.

2. Membantu Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Untuk mencegah dampak yang dapat disebabkan oleh tekanan darah tinggi, Anda perlu memperhatikan pola makan dan menjalani beberapa diet. Cara lain yang dapat Anda lakukan untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi adalah menggunakan daun pandan.

Anda dapat merebus 10 gram daun pandan dengan dua gelas air putih. Rebus hingga tersisa satu gelas air rebusan daun pandan. Kemudian Anda dapat meminumnya setengah dari rebusan air tersebut di pagi hari dan sisanya di malam hari secara teratur untuk menormalkan tekanan darah Anda.

3. Meningkatkan Nafsu Makan

Daun pandan juga dapat membantu Anda untuk meningkatkan nafsu makan, dengan menggunakan air rebusan daun pandan.

4. Mengurangi Kram

Jika Anda mengalami kram, Anda dapat menggunakan daun pandan sebagai obat tradisional untuk membantu mengurangi kram, terutama kram perut. Anda hanya perlu membuat rebusan air daun pandan sebagai obat tradisional atau herbal lalu meminumnya.

5. Membantu Mengurangi Demam

Daun pandan dapat menjadi obat tradisional untuk membantu dalam mengurangi demam. Air rebusan daun pandan memiliki efek menurunkan suhu penderita demam dan membuatnya kembali ke suhu yang normal dengan cepat.

6. Mengilangkan Panu

Penyakit panu terjadi karena disebabkan oleh jamur yang tumbuh pada kulit. Dengan menggunakan daun pandan, Anda dapat menghilangkan jamur yang tumbuh pada kulit.

7. Mengatasi Ketombe

Anda dapat menggunakan daun pandan sebagai ramuan alami untuk menghilangkan ketombe. Siapkan sekitar sepuluh helai daun pandan, kemudian tumbuk sampai benar-benar halus, lalu tambahkan air secukupnya. Anda dapat menggunakannya sebagai cara mengatasi ketombe dengan cara dioleskan pada rambut, diamkan beberapa saat lalu cuci rambut Anda hingga bersih.

8. Mengatasi Rambut Rontok

Selain dapat mengatasi masalah ketombe pada rambut, daun pandan juga dapat digunakan untuk mengatasi rambut rontok. Penggunaannya pun sama, Anda perlu mengoleskannya pada rambut, diamkan selama satu sampai dua jam, kemudian bilas hingga bersih. Lakukan cara ini di pagi hari.

9. Pereda Nyeri

Manfaat kesehatan dari daun pandan juga sangat ampuh untuk mengatasi rasa sakit. Hal ini dikarenakan daun pandan memiliki sifat pencahar yang dapat bertindak sebagai pereda pnyeri dari sakit kepala, sakit telinga, nyari dada, dan juga arthritis.

Baca juga :


Melalui artikel ini, dapat diketahui bahwa pandan memiliki banyak manfaat, terkhususnya manfaat daun pandan untuk kesehatan yang dibahas kali ini. Baca artikel sebelumnya, yaitu Manfaat Biji Rami serta kunjungi selalu situs khasiatsehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Referensi artikel khasiat daun pandan untuk kesehatan :

drhealthbenefits.com/herbal/leaves/health-benefits-of-pandan-leaves

ummukulthum.com/7-benefits-of-pandan-leaves-for-health/

asianinspirations.com.au/in-the-kitchen/health-benefits-of-pandan-leaves/

www.drinkbenefits.com/pandan-leaves-health-benefits.htm

image by : www.specialtyproduce.com

One Comment