15 Khasiat Daun Kelor untuk Kesehatan

Tanaman kelor merupakan salah satu jenis tanaman yang kaya akan nutrisi dan memiliki beragam khasiat, sehingga tidak mengherankan jika tanaman ini sering digunakan sebagai pengobatan suatu penyakit. Tidak hanya sebagai pengobatan, manfaat daun kelor juga dapat digunakan untuk menjaga kesehatan tubuh dan mencegah datangnya penyakit. Berikut ulasan lebih lengkapnya.

Manfaat Daun Kelor
Daun kelor via healtyfreshly.ml

Dilansir dari mindbodygreen.com, daun kelor ternyata mengandung potassium 3 kali lebih banyak daripada buah pisang, vitamin A 4 kali lebih banyak daripada wortel, zat besi 25 kali lebih banyak daripada bayam, vitamin C 7 kali lebih banyak dari buah jeruk, serta protein 3 kali lebih banyak dari yoghurt. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika daun kelor dapat memberikan berbagai manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh.

Manfaat Daun Kelor

Berikut 15 manfaat daun kelor bagi kesehatan:

1. Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat daun kelor yang pertama yaitu dapat menjaga kesehatan mata. Hal ini dikarenakan daun ini mengandung vitamin A yang cukup tinggi. Seperti yang telah diketahui bahwa vitamin ini sangat baik untuk mata. Oleh karena itu dengan mengonsumsi daun kelor dapat membuat mata Anda menjadi lebih sehat.

2. Menjaga Kesehatan Kulit

Manfaat daun kelor yang selanjutnya yaitu dapat digunakan untuk menjaga kesehatan kulit. Hal ini dikarenakan daun ini mengandung berbagai senyawa yang bersifat antiseptik, antiinflamasi, dan antijamur. Kombinasi dari berbagai sifat inilah yang membuat daun kelor sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit Anda.

3. Mencegah Kanker

Berdasarkan sebuah laporan yang diterbitkan di Asia Pacific Journal of Cancer Prevention, kelor mengandung campuran asam amino, fitonutrien karotenoid, antioksidan quercetin, dan senyawa antibakterial yang saling bekerja sama dalam mencegah pertumbuhan sel abnormal penyebab kanker.

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Daun kelor mengandung kalium yang bermanfaat untuk melancarkan sirkulasi darah, menurunkan kadar kolesterol, dan mencegah penyempitan pembuluh darah. Oleh karena itu, kinerja jantung akan lebih ringan karena peredaran darah pun lancar.

5. Mencegah Osteoporosis

Khasiat daun kelor yang mengandung banyak kalsium sangat berperan penting untuk menjaga kesehatan tulang. Seperti yang telah diketahui bahwa kalsium memiliki peranan penting dalam meningkatkan kepadatan tulang, sehingga dapat mencegah osteoporosis. Pada anak-anak, kalsium juga sangat bermanfaat untuk mengoptimalkan pertumbuhan tulang.

6. Mengobati Pegal Linu

Manfaat daun kelor yang selanjutnya yaitu dapat digunakan untuk mengobati pegal linu. Hal ini dikarenakan daun kelor mengandung senyawa yang disebut pterigospermin, yang bersifat hangat ketika menempel pada permukaan kulit. Sifat hangat inilah yang dapat membantu merileksasi otot kram, pegal linu, dan keseleo.

7. Meredakan Nyeri Akibat Rematik

Anda juga dapat menggunakan daun kelor untuk mengatasi nyeri akibat rematik. Hal ini dikarenakan tanaman ini mengandung potassium yang dapat mengurangi asam urat dalam tubuh. Untuk penggunaannya, cukup dengan mengonsumsi segelas perasan daun kelor secara rutin untuk mendapatkan hasil yang optimal.

8. Mengobati Batu Ginjal

Terdapat banyak penelitian yang telah dilakukan untuk mempelajari zat-zat yang terkandung di dalam tanaman kelor, dan penelitian tersebut melaporkan bahwa daun kelor memiliki kemampuan untuk menghancurkan batu yang mengendap dalam ginjal (batu ginjal).

9. Merangsang Produksi ASI

Studi membuktikan bahwa daun kelor mengandung senyawa galactagogues yang dapat merangsang produksi hormon prolaktin pada ibu yang baru melahirkan. Dimana hormon prolaktin merupakan hormon yang berperan dalam produksi ASI dalam tubuh seorang wanita.

10. Mencegah Penuaan Dini

Daun kelor mengandung suatu senyawa yang disebut dengan sitokinin, yaitu suatu hormon alami yang terdapat dalam tubuh yang merangsang pembelahan, pertumbuhan sel, dan proses penuaan. Hal inilah yang membuat daun kelor dapat mencegah munculnya kerutan pada wajah dan area kulit lainnya.

Artikel terkait: Manfaat Daun Binahong

Selain 10 manfaat kelor untuk kesehatan yang telah disebutkan sebelumnya, masih terdapat beragam manfaat lainnya dari daun kelor yang perlu Anda ketahui. Berikut beberapa manfaat lainnya dari daun kelor:

11. Mencegah Anemia

12. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

13. Memperkuat Daya Tahan Tubuh

14. Mencegah Diabetes

15. Mengobati Penyakit Liver


EFEK SAMPING DAUN KELOR

Pada dasarnya daun kelor dapat memberikan berbagai manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh. Akan tetapi terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk mencegah kemungkinan terjadinya efek samping pada tubuh ketika mengonsumsinya.

Bagi ibu hamil, mengonsumsi tanaman kelor perlu dihindari karena kandungan bahan kimia pada kelor dikhawatirkan dapat menyebabkan komplikasi selama kehamilan dan keguguran. Meskipun terdapat perbedaan pendapat oleh para ahli mengenai hal ini, akan lebih baik untuk menghindari konsumsi daun kelor saat sedang hamil sebagai tindakan pencegahan.

Selain itu, bagi Anda yang menderita penyakit tertentu seperti batu ginjal, alergi, dan riwayat kesehatan lainnya, disarankan untuk melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan yang ahli atau dokter sebelum mengonsumsi daun kelor, terutama sebagai pengobatan.


Demikian artikel kesehatan mengenai berbagai manfaat daun kelor untuk kesehatan. Semoga dapat bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda dalam menjalani pola hidup yang lebih sehat. Selain itu, baca artikel sebelumnya, yaitu Manfaat Oatmeal atau kembali ke halaman utama Khasiat Sehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Silahkan bagikan artikel ini melalui:
2 Comments