35 Khasiat Jamu Kunyit Asam untuk Kesehatan

Kunyit asam, disebut juga dengan jamu kunyit asam, merupakan salah satu jenis minuman tradisional yang cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia. Hal ini dikarenakan jamu kunyit asam dapat memberikan berbagai manfaat kesehatan untuk berbagai kalangan mulai dari anak-anak hingga dewasa. Lalu apa saja manfaat kunyit asam untuk kesehatan? Berikut ulasannya.

Manfaat Kunyit Asam
Jamu kunyit asam via inquisitr.com

Manfaat Kunyit Asam

Berikut 35 manfaat kunyit asam atau kunir asam bagi kesehatan:

1. Meredakan Infeksi Kulit

Infeksi kulit yang disebabkan karena luka bakar, cidera, ataupun terpapar sinar matahari secara berlebihan dapat Anda sembuhkan dengan cara meminum kunyit asam. Hal ini dikarenakan terdapat khasiat kunyit asam yang memiliki sifat anti inflamasi.

2. Detoksifikasi

Manfaat kunyit asam yang kedua yaitu dapat membantu proses detoksifikasi di dalam tubuh. Hal ini dikarenakan kunyit memiliki kemampuan untuk mengeluarkan racun di dalam tubuh, dengan begitu Anda dapat memperoleh kondisi tubuh yang lebih sehat.

3. Mencerahkan Kulit

Pada dasarnya kunyit dapat digunakan untuk menghilangkan racun di dalam tubuh (detoksifikasi), dimana hal ini juga dapat berdampak positif bagi kulit. Oleh karena itu, Anda dapat memiliki kulit yang bersih dan cerah dengna cara mengkonsumsi air kunyit asam secara teratur.

4. Menjaga Berat Badan yang Sehat

Anda dapat mengkonsumsi minuman kunir asam ketika Anda ingin mengontrol berat badan. Hal ini dikarenakan minuman kunir asam dapat menekan nafsu makan, sehingga dapat membantu Anda terhindar dari keinginan untuk makan makanan berlebih.

5. Membantu Menurunkan Berat Badan

Selain dapat membantu Anda dalam menekan nafsu makan, ternyata khasiat jamu kunyit asam juga dapat membakar lemak dalam tubuh. Sehingga minuman tradisional ini dapat menjadi cara yang efektif untuk menjalani program diet dan menurunkan berat badan.

6. Memperlancar Siklus Haid pada Wanita

Salah satu manfaat jamu kunyit asam bagi wanita yaitu dapat membantu melancarkan siklus haid pada wanita. Seperti yang telah diketahui bahwa beberapa faktor seperti stres dan kelelahan dapat menyebabkan siklus haid pada wanita menjadi tidak lancar. Pada kasus ini, Anda dapat meminum jamu kunir asam untuk memperlancar siklus haid.

7. Mencegah Penuaan Dini

Salah satu cara untuk memperlambat proses penuaan adalah dengan cara mengkonsumsi jamu kunyit asam secara teratur. Hal ini dikarenakan kunyit asam mengandung antioksidan yang dapat berperan untuk membantu proses peremajaan kulit sehingga dapat mencegah penuaan dini.

8. Mengatasi Bau Badan

Meskipun Anda dapat menggunakan deodorant atau parfum untuk menyamarkan bau badan, Anda juga dapat menghilangkan bau badan secara efektif dengan mengkonsumsi jamu kunyit asam secara teratur. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, Anda dapat mengkombinasikannya dengan daun luntas.

9. Mengobati Infeksi Tenggorokan

Manfaat kunyit asam yang selanjutnya yaitu dapat digunakan untuk mengobati infeksi tenggorokan. Hal ini dikarenakan kunyit mengandung antibakteri, sehingga dapat mengobati berbagai penyakit yang disebabkan oleh bakteri penyebab infeksi.

10. Mengobati Diare

Pada jamu kunyit asam mengandung senyawa atsiri yang dipercaya dapat mengentalkan cairan serta memperlambat feses yang selanjutnya dapat membantu mencegah dan mengobati diare. Untuk hasil yang optimal, Anda dapat meminum jamu kunyit asam sebelum tidur.

11. Mengobati Anemia

Jika Anda sedang mengalami anemia atau kurang darah, kunyit asam dapat menjadi solusi yang tepat untuk mengatasinya. Hal ini dikarenakan kunyit asam mengandung zat besi yang dapat meningkatkan sel darah merah, yang selanjutnya dapat mengobati anemia.

Artikel terkait: Manfaat Jamu Beras Kencur untuk Kesehatan

Selain 11 khasiat dan manfaat kunyit asam untuk kesehatan yang telah disebutkan sebelumnya, masih terdapat banyak manfaat lainnya yang perlu Anda ketahui. Berikut beberapa manfaat lainnya:

12. Menjaga Tubuh tetap Fit

13. Membersihkan Lambung

14. Mencegah Penggumpalan Darah

15. Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker

16. Mencegah Diabetes

17. Melancarkan ASI

18. Meredakan Perut Kembung

19. Mengobati Sariawan

20. Mengobati Sakit Maag

21. Mengobati Penyakit Tifus (Tipes)

22. Mencegah Penyakit Alzheimer

23. Anti Inflamasi / Anti Peradangan

24. Mencegah Keputihan pada Wanita

25. Mengobati Luka Bakar pada Kulit

26. Meredakan Masuk Angin

27. Mengobati Pembengkakan pada Selaput Lendir di Mulut

28. Mengontrol Kadar Insulin

29. Menjaga Kecantikan Kulit secara Alami

30. Mencegah Serangan Jantung

31. Mengurangi Nyeri Sendi

32. Menyembuhkan Amandel secara Alami

33. Mempermudah Proses Persalinan pada Ibu Hamil

34. Mengecilkan Perut Buncit

35. Meredakan Mata Sakit Akibat Sensitif terhadap Cahaya


Cara Membuat Jamu Kunyit Asam

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

  • Kunyit sebanyak 1/2 kg
  • Gula merah atau gula jawa sebanyak 1/4
  • Asam jawa sebanyak 1/2
  • Air matang sebanyak 2 liter
  • Garam sebanyak 1/6 sendok teh

Langkah-langkah membuat jamu kunyit asam:

  1. Cucilah kunyit hingga bersih.
  2. Parut atau blender kunyit yang telah dibersihkan hingga halus.
  3. Saring kunyit yang telah dihaluskan untuk memperoleh sarinya.
  4. Rebus air perasan kunyit tersebut dengan 2 liter air matang, gula jawa, garam, dan asam jawa.
  5. Aduk-aduk seperlunya lalu tunggu hingga mendidih.
  6. Bila telah mendidih, matikan api lalu diamkan beberapa saat hingga dingin.
  7. Jamu kunyit asam siap disajikan.

Melalui artikel ini, dapat diketahui bahwa jamu memiliki banyak manfaat, terkhususnya manfaat kunyit asam untuk kesehatan yang dibahas kali ini. Semoga dapat bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda dalam menjalani pola hidup yang lebih sehat. Selain itu, baca artikel sebelumnya, yaitu Manfaat Teh Oolong atau kembali ke halaman utama Khasiat Sehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Silahkan bagikan artikel ini melalui:
2 Comments