12 Khasiat Teh Oolong untuk Kesehatan

Teh oolong merupakan salah satu jenis minuman tradisional yang berasal dari China. Dimana teh ini dapat diminum di kala santai bersama keluarga dan teman. Terlepas dari hal tersebut, teh oolong ternyata dapat memberikan beragam khasiat dan manfaat untuk kesehatan. Lalu apa saja manfaat teh oolong untuk kesehatan tubuh? Berikut ulasannya.

Manfaat Teh Oolong
Teh oolong via rebekkahniles.com

Teh oolong terbuat dari daun, kuncup, dan batang dari tanaman Camellia sinensis yang diolah dengan cara difermentas dan dioksidasi sehingga membuatnya menjadi seperti perpaduan antara teh hijau dan teh hitam. Pada dasarnya terdapat banyak jenis teh di dunia ini yang dapat memberikan berbagai manfaat untuk kesehatan, dan teh oolong merupakan salah satunya.

Manfaat Teh Oolong

Berikut ini 12 manfaat teh oolong bagi kesehatan:

1. Mencegah Kanker

Manfaat teh oolong yang pertama adalah dapat membantu mencegah kanker. Hal ini dikarenakan teh ini merupakan sumber antioksidan yang baik, yang selanjutnya dapat menangkal radikal bebas yang berbahaya sebagai penyebab kanker.

2. Membantu Menurunkan Berat Badan

Khasiat teh oolong dikenal dapat meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga dapat membantu tubuh dalam proses pembakaran lemak. Teh ini juga mengandung polifenol yang memiliki efek anti obesitas. Dengan begitu, teh oolong dapat menjadi sebuah teh pelangsing dan merupakan salah satu menu diet yang ideal untuk dikonsumsi oleh Anda yang sedang menjalani program diet menurunankan berat badan.

3. Memberi Tambahan Energi

Teh oolong mengandung kafein yang dapat memberikan energi ekstra bagi tubuh Anda secara alami, tanpa tambahan gula dan krim seperti yang biasanya terdapat dalam minuman kopi. Baca juga artikel terkait yaitu manfaat kopi untuk kesehatan.

4. Menjaga Kesehatan Kulit

Manfaat teh oolong yang selanjutnya yaitu kemampuannya yang dapat menjaga kesehatan kulit. Hal ini dikarenakan kandungan akan antioksidan-nya yang cukup tinggi sangat baik dalam menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan gejala penuaan dini, seperti kerutan dan noda kusam pada kulit.

5. Menurunkan Kolesterol

Khasiat teh oolong juga dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol. Hal ini menjadikan teh oolong dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Kandungan polifenol dalam teh ini juga dapat mengaktifkan enzim lipase yang dapat melarutkan lemak tubuh.

6. Menjaga Kadar Gula Darah

Pada umumnya, bagi orang yang menderita diabetes tipe 2 memiliki kadar glukosa darah yang tinggi. Terdapat suatu penelitian yang menunjukkan bahwa penderita diabetes dapat mengkonsumsi teh oolong secara aman untuk menormalkan glukosa darah.

7. Menjaga Kesehatan Rambut

Karena kandungannya yang kaya akan antioksidan, teh oolong juga dapat membantu Anda dalam menyehatkan rambut dan kulit kepala. Anda dapat menggunakan teh ini dengan cara membilas rambut untuk membuat rambut Anda menjadi lebih tebal dan berkilau.

8. Mencegah Osteoporosis

Terdapat suatu penelitian yang menunjukkan bahwa mereka yang rutin minum teh oolong cenderung memiliki kondisi tulang yang lebih padat. Hal ini dikarenakan teh ini dapat membantu mempertahankan mineral dari makanan sehat yang masuk ke dalam tubuh.

9. Mencegah Kerusakan Gigi

Selain manfaat teh oolong yang dapat mencegah osteoporosis, teh ini juga dapat membantu Anda dalam melindungi gigi dari asam yang dihasilkan oleh bakteri tertentu dalam mulut. Dengan begitu, teh ini dapat berfungsi untuk mencegah kerusakan gigi dan pembentukan plak gigi secara efektif.

10. Meningkatkan Konsentrasi

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bahwa teh oolong mengandung kafein. Dimana kandungan kafein ini dapat membantu Anda dalam meningkatkan fokus yang sangat berguna ketika Anda sedang bekerja atau menjalani aktivitas sehari-hari.

11. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Dikenal akan kandungan antioksidan-nya yang cukup tinggi, teh ini juga dapat membantu menjaga sistem imun tubuh. Kandungan flavonoid dalam oolong dapat membantu mencegah kerusakan sel dan meningkatkan produksi protein anti bakteri, yang selanjutnya dapat meningkatkan daya tubuh Anda.

12. Kesehatan Pencernaan

Kandungan dari teh oolong juga dapat memperbaiki sistem pencernaan bagi Anda yang tidak sensitif terhadap kafein. Dimana teh ini dapat membantu Anda dalam mengurangi peradangan pada pencernaan. Selain itu, sifat antiseptik ringan-nya juga dapat membantu Anda dalam membersihkan bakteri jahat pada perut Anda.

Artikel terkait:


Efek Samping Teh Oolong

Pada dasarnya teh oolong aman dikonsumsi dan dapat memberikan beragam manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Tetapi terdapat beberapa hal yang perlu dipertimbangkan untuk mencegah terjadinya efek samping ketika mengkonsumsi teh oolong.

Disarankan untuk tidak mengkonsumsi teh ini secara berlebihan. Hal ini dikarenakan teh oolong mengandung kafein yang dapat menimbulkan efek samping jika dikonsumsi berlebihan, seperti sakit kepala, gelisah, denyut jantung tidak teratur, dan lain-lain. Selain itu, jika Anda seorang ibu hamil atau sedang menyusui, disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.


Melalui artikel ini, dapat diketahui bahwa jenis teh oolong memiliki banyak manfaat, terkhususnya manfaat teh oolong untuk kesehatan yang dibahas kali ini. Semoga dapat bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda dalam menjalani pola hidup yang lebih sehat. Selain itu, baca artikel sebelumnya, yaitu Manfaat Kolang Kaling atau kembali ke halaman utama Khasiat Sehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Silahkan bagikan artikel ini melalui: