9 Khasiat Teh Hitam untuk Kesehatan

Teh hitam merupakan salah satu teh yang paling banyak dikonsumsi di berbagai belahan dunia. Disebut ‘teh hitam’ karena memiliki warna yang gelap. Namun secara teknis memiliki warna kuning gelap atau oranye. Oleh karena itu, orang Cina menyebutnya sebagai teh merah. Berikut artikel mengenai manfaat teh hitam untuk kesehatan.

Manfaat Teh Hitam

Perbedaan Teh Hitam dengan Teh Lainnya

Teh hijau, teh hitam, dan teh putih berasal dari tanaman teh yang sama, yaitu Camellia sinensis. Hanya saja daunnya diproses secara berbeda. Daun teh hijau tidak difermentasi, teh hitam dan putih mengalami proses penghancuran dan fermentasi.

Perbedaan besar antara teh hitam dengan teh hijau dan teh putih adalah teh hitam jauh lebih teroksidasi. Hal ini berarti teh hitam memiliki lebih banyak warna, rasa, dan kadar yang lebih tinggi dari kafein. Proses oksidasi ini juga berarti bahwa teh hitam dapat mempertahankan kualitas dan rasa selama bertahun-tahun lebih lama dibandingkan jenis teh lainnya.

Manfaat Teh Hitam

Berikut 9 manfaat teh hitam bagi kesehatan :

1. Kesehatan Mulut

Sebuah studi yang didanai oleh Tea Trade Health Research Association menunjukkan bahwa teh hitam dapat mengurangi pembentukan plak serta membatasi pertumbuhan bakteri yang dapat menyebabkan pembentukan kerusakan gigi. Polifenol yang ditemukan dalam teh hitam juga dapat mengatasi bakteri penyebab gigi berlubang.

2. Menurunkan Risiko Diabetes

Berdasarkan studi penelitian yang dilakukan di Mediterania, menemukan bahwa orang-orang yang telah mengkonsumsi teh hitam secara jangka panjang (sekitar 1 sampai 2 cangkir sehari) memiliki risiko 70% lebih rendah terkena diabetes tipe 2.

3. Meredakan Stres

Sebuah studi menunjukkan bahwa asam amino L-theanine yang ditemukan dalam teh hitam dapat membuat Anda rileks dan berkonsentrasi dengan lebih baik. Teh hitam juga telah terbukti dapat mengurangi kadar hormon stres ketika dikonsumsi secara teratur dalam jumlah yang secukupnya.

4. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Teh hitam mengandung antigen alkilamin yang dapat membantu meningkatkan respon sistem kekebalan tubuh. Selain itu juga mengandung tanin yang memiliki kemampuan untuk melawan virus, sehingga dapat membantu tubuh dalam mencegah influenza, dan flu.

5. Meningkatkan Energi

Tidak seperti kopi atau minuman lain yang mengandung kafein yang relatif lebih tinggi, kadar yang lebih rendah dalam teh dapat membantu meningkatkan aliran darah ke otak tanpa merangsang jantung secara berlebihan. Hal ini juga dapat merangsang metabolisme dan sistem pernapasan, serta jantung, dan ginjal.

6. Kesehatan Kardiovaskular

Antioksidan, seperti flavonoid, yang hadir dalam teh hitam dapat mencegah oksidasi kolesterol LDL. Hal ini dapat mencegah kerusakan pada aliran darah dan dinding arteri, dan dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Polifenol dan mangan yang hadir dalam teh hitam juga dapat mengurangi risiko penyakit jantung koroner dengan membantu fungsi otot jantung.

7. Membantu Menurunkan Berat Badan

Rendah akan sodium, lemak, dan kalori menjadikan teh hitam bermanfaat bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan dan juga membantu dalam menjaga berat badan yang sehat. Teh hitam juga meningkatkan aktivitas metabolik, dengan demikian teh hitam dapat membantu dalam program diet penurunan berat badan.

8. Mengatasi Masalah Pencernaan

Teh hitam kaya akan tanin dan berbagai kandungan lainnya yang memiliki dampak positif dan menenangkan pada sistem pencernaan tubuh manusia. Sifat anti inflamasi pada teh hitam juga dapat membantu dalam menyembuhkan gangguan pencernaan.

9. Menurunkan Kolesterol

Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh American Heart Association di New Orleans, orang-orang yang mengkonsumsi teh hitam secara rutin, dapat menurunkan kadar kolesterol jahat , yang bertanggung jawab untuk stroke jantung dan serangan fatal.

Baca juga :


Efek Samping Teh Hitam

Terlalu banyak mengkonsumsi teh hitam dapat menyebabkan efek samping karena kandungan kafeinnya. Efek samping ini termasuk sakit kepala, gugup, masalah tidur, muntah, diare, iritasi, denyut jantung tidak teratur, telinga berdenging, dan sebagainya.

Jika Anda sedang hamil atau menyusui, mengkonsumsi teh hitam dalam jumlah kecil mungkin tidak berbahaya. Namun jangan mengkonsumsi teh hitam secara berlebihan, karena dikaitkan dengan peningkatan risiko keguguran.


Melalui artikel ini, dapat diketahui bahwa teh memiliki banyak manfaat, terkhususnya manfaat teh hitam untuk kesehatan yang dibahas kali ini. Baca artikel sebelumnya, yaitu Manfaat Daun Waru serta kunjungi selalu situs kesehatan untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Referensi artikel khasiat teh hitam untuk kesehatan:

Ringkasan
9 Manfaat Teh Hitam untuk Kesehatan & Efek Sampingnya - KhasiatSehat.com
Judul Artikel
9 Manfaat Teh Hitam untuk Kesehatan & Efek Sampingnya - KhasiatSehat.com
Deskripsi
Manfaat teh hitam untuk kesehatan yaitu sebagai kesehatan mulut, menurunkan risiko diabetes, meredakan stres, meningkatkan daya tahan tubuh, meningkatkan energi, kesehatan kardiovaskular, membantu menurunkan berat badan, mengatasi masalah pencernaan, serta menurunkan kolesterol
Penulis
Penerbit
Khasiat Sehat
Logo Penerbit
One Comment