17 Khasiat Daun Kaktus untuk Kesehatan

Daun kaktus merupakan bagian dari tanaman kaktus ( Opuntia ficusindica ). Tanaman kaktus ini adalah tanaman yang termasuk keluarga Cactaceae. Semua anggota keluarga Cactaceae memiliki daun, bunga, dan akar. Kaktus dapat hidup dengan baik di daerah kering karena tanaman ini tidak membutuhkan banyak air untuk hidup. Berikut artikel mengenai manfaat daun kaktus untuk kesehatan.

Tanaman kaktus menyerap air dan menyimpannya dalam batang mereka. Sebagian besar kaktus banyak tumbuh di Amerika, Mediterania, Timur Tengah, Australia, Afrika, dan India. Beberapa literatur menyebutkan bahwa kaktus berasal dari pegunungan di Meksiko. Kemudian budidaya tanaman kaktus ini dilakukan di Afrika Selatan dan menyebar ke negara-negara yang lain.

Saat ini negara-negara di dunia tampaknya sudah tertarik untuk memanfaatkan daun kaktus untuk masalah kesehatan. Setiap orang ingin memulai makan dengan baik dan sehat karena ada banyak penyakit yang meningkat di era modern yang menyebabkan kematian seperti kanker, diabetes, penyakit jantung, stroke dan lain-lain. Berikut ini manfaat daun kaktus bagi kesehatan.

17 Manfaat Daun Kaktus untuk Kesehatan - Khasiat Sehat

Manfaat Daun Kaktus

Berikut 17 manfaat daun kaktus untuk kesehatan :

1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Daun kaktus tinggi akan serat yang dapat membantu menurunkan berat badan. Serat dalam daun kaktus dapat menjaga kadar gula darah, mengenyangkan, mengurangi kelaparan dan juga mengontrol asupan kalori untuk tubuh.

2. Mencegah Diabetes

Jika Anda memiliki riwayat keluarga diabetes dan Anda khawatir juga menderita penyakit yang sama, memakan daun kaktus bisa menjadi pilihan yang baik untuk mencegahnya. Selain dapat mempertahankan kenormalan tingkat gula darah, daun kaktus secara signifikan juga dapat mencegah tubuh dari diabetes terutama diabetes tipe 2. Penelitian juga menemukan bahwa kaktus adalah pengganti obat gula darah yang lengkap untuk pasien diabetes.

3. Mencegah Obesitas

Obesitas telah menjadi salah satu masalah kesehatan utama masyarakat yang di seluruh dunia. WHO melaporkan bahwa pada tahun 1998 kenaikan 90% penyakit diabetes mellitus tipe 2 dan 30-40% penyakit jantung disebabkan oleh obesitas. Daun kaktus mengandung serat yang dapat menjaga keseimbangan berat badan dan mengandung antioksidan yang dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari mutasi yang menyebabkan obesitas.

4. Meningkatkan Pencernaan

Kehadiran serat makanan larut dalam daun kaktus dapat meningkatkan gerakan usus dan meringankan makanan untuk melewati saluran pencernaan. Serat makanan yang tinggi pada daun kaktus juga membantu gerakan peristaltik dan membuat makanan lebih mudah dicerna.

5. Meringankan Sakit Perut

Daun kaktus bisa menenangkan perut dan menenangkan perasaan yang tidak nyaman seperti muntah, mual dan lain-lain. Daun kaktus dianggap sebagai sayuran dingin dan dapat membantu meringankan masalah saluran pencernaan.

6. Mencegah Sembelit

Serat yang tinggi pada daun kaktus dapat membantu gerakan usus dan juga menyerap air dari usus besar sehingga membuat proses buang air besar akan lebih mudah. Jika Anda mengalami sembelit, mengkonsumsi daun kaktus secara signifikan dapat meringankan sembelit Anda.

7. Menjaga Sistem Kardiovaskular

Daun kaktus mengandung serat polisakarida yang melimpah dan sterol yang sedikit yang dapat meningkatkan lemak baik atau HDL (High Density Lipoprotein) dan mengurangi LDL (Low Density Lipoprotein) atau dikenal sebagai tingkat lemak jahat dalam darah. Dengan mengurangi kolesterol dalam tubuh, daun kaktus telah membantu tubuh untuk menjaga kesehatan sistem kardiovaskular.

8. Membersihkan Usus Besar

Kandungan serat dalam daun kaktus juga dapat membersihkan usus dari zat berbahaya beracun dan lainnya yang tersisa dalam usus besar. Dengan membersihkan usus besar, serat daun kaktus dapat meningkatkan kesehatan Anda yang akan berpengaruh juga pada tingkat kekebalan tubuh Anda.

Artikel terkait mengenai daun-daunan :

9. Menjaga Kesehatan Hati

Daun kaktus mengandung antioksidan dan flavonoid yang dapat menetralkan efek radikal bebas sebelum memasuki hati. Kandungan antioksidan pada daun kaktus juga dapat menyerap racun dan membantu pekerjaan hati untuk membuang toksin dari tubuh.

10. Mencegah Peradangan

Adanya kandungan antioksidan dan sifat anti-inflamasi dalam daun kaktus akan mengurangi dan mencegah tubuh dari peradangan yang disebabkan oleh efek radikal bebas.

11. Mengurangi Rasa Sakit Sendi

Sifat anti-inflamasi dari daun kaktus dapat bekerja di mana-mana termasuk di sendi. Sifat tersebut bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit di dalam sendi dan mengurangi gejala arthritis.

12. Mencegah Kanker

Penelitian yang dilakukan oleh Rodríguez-García et al pada tahun 2007 menemukan bahwa daun kaktus kaya akan kalsium dan efektif dalam mencegah kanker usus besar. Komponen antioksidan yang tinggi pada daun kaktus juga dapat memberikan perlindungan terhadap sebagian besar jenis kanker.

13. Mengobati Tukak Lambung

Daun kaktus dapat mengontrol kelebihan produksi asam lambung dalam perut dan melindungi selaput lendir pada saluran pencernaan dari asam lambung yang kuat. Hal ini akan sangat bermanfaat bagi orang yang menderita tukak lambung.

14. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Dengan mengurangi kolesterol, mencegah aterosklerosis dan mempertahankan fungsi kardiovaskular, daun kaktus dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Daun kaktus juga mengandung beberapa jumlah mineral yang dapat membuat jantung berdetak normal.

15. Menjaga Kesehatan Mata

Daun kaktus mengandung beberapa jumlah Vitamin A yang dapat membantu menjaga kesehatan mata dan memperbaiki penglihatan.

16. Mencegah Anemia

Seperti sayuran hijau, daun kaktus juga mengandung zat besi yang dapat membantu meningkatkan produksi sel darah merah dan mencegah anemia.

17. Menjaga Kesehatan Tulang

Mengkonsumsi daun kaktus dapat membantu menjaga kepadatan mineral tulang dalam tubuh. Daun kaktus mengandung kalsium yang dikenal sebagai mineral yang dapat meningkatkan pertumbuhan tulang.


Efek Samping Mengkonsumsi Daun Kaktus

Daun kaktus memang memiliki banyak manfaat bagi tubuh, akan tetapi pada beberapa kasus menyebutkan bahwa daun kaktus dapat menyebabkan diare ringan, mual, perut terasa penuh, sakit kepala, peningkatan volume tinja dan obstruksi kolon rendah.

Seseorang yang memiliki gangguan hati, gangguan ginjal dan diabetes harus berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengkonsumsi daun kaktus karena mengkonsumsi daun kaktus secara berlebihan juga dapat menghasilkan hipoglikemia (gula darah rendah) dan efek samping lainnya.

Daun kaktus harus dihindari oleh anak-anak, hamil dan wanita menyusui.


Melalui artikel ini, dapat diketahui bahwa daun kaktus memiliki banyak manfaat, terkhususnya manfaat daun kaktus untuk kesehatan. Baca artikel sebelumnya, yaitu Manfaat Lobak serta kunjungi selalu situs khasiatsehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Referensi artikel khasiat daun kaktus untuk kesehatan :

  • drhealthbenefits.com/herbal/leaves/health-benefits-of-cactus-leaves