10 Khasiat Kangkung Untuk Kesehatan

Kangkung merupakan sayuran yang menyehatkan yang telah dikenal di seluruh dunia. Kangkung biasanya tumbuh di daerah tropis dan subtropis. Budidaya kangkung sangat mudah dilakukan, itulah sebabnya sayur kangkung ini memiliki harga yang relatif murah. Selain rasanya yang lezat, kangkung juga mengandung nutrisi yang diperlukan oleh tubuh, sehingga manfaat kangkung baik untuk kesehatan.

10 Manfaat Kangkung Untuk Kesehatan - Khasiat Sehat

Manfaat Kangkung

Sayuran kangkung sangat mudah untuk ditemui dan dapat dibeli dengan harga yang relatif murah. Berikut 10 khasiat kangkung untuk kesehatan.

1. Mengatasi Insomnia

Manfaat kesehatan dari kangkung dapat mencegah insomnia. Kangkung mengandung unsur obat penenang, hal ini berarti bahwa kangkung dapat membuat orang mengantuk dan membuatnya bisa tidur nyenyak. Hal ini disebabkan selenium dan zinc yang terkandung didalamnya dapat membuat saraf menjadi rileks.

2. Mencegah Sembelit

Kangkung merupakan sayuran yang memiliki sifat detoksifikasi, sehingga berguna untuk meredakan nyeri ulkus. Selain itu, kangkung juga dapat meringankan sembelit karena mengandung cukup tinggi akan serat.

3. Mencegah Anemia

Kangkung merupakan sumber dari zat besi. Mengkonsumsi kangkung sama seperti manfaat bayam karena kandungan zat besi dalam sayuran ini yang cukup banyak, sehingga sangat baik untuk meningkatkan hemoglobin dan mencegah anemia.

4. Anti Diabetes Mellitus

Manfaat kangkung untuk diabetes. Sayuran ini cukup baik untuk orang-orang dengan gula darah, karena zat dalam kangkung dapat dapat menyerap kelebihan gula darah.

5. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Kangkung kaya akan vitamin C, hal ini berarti kangkung memiliki dampak untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Bahkan, kandungan vitamin C pada bayam lebih banyak dari beberapa buah-buahan akan kandungan vitamin-nya.

Beberapa sayuran lainnya:

6. Kesehatan Mata

Selain vitamin C, kangkung juga tinggi akan vitamin A, yaitu nutrisi penting untuk mata. Vitamin A merupakan antioksidan yang berguna untuk menangkal serangan radikal bebas pada kornea mata. Untuk menghindari gejala kerusakan mata, anda perlu mendapatkan asupan vitamin A yang cukup, termasuk vitamin A yang bisa didapat melalui kangkung.

7. Kangkung Untuk Ibu Hamil

Bagi wanita hamil, sayuran kangkung termasuk sayuran yang baik untuk dikonsumsi. Di India, kangkung menjadi sayuran yang penting bagi wanita hamil untuk mengatasi diabetes.

8. Kesehatan Hati

Menurut sebuah penelitian, kangkung dikatakan dapat mencegah kerusakan hati. Hal ini dikaitkan dengan efek dari senyawa kimia dalam bayam yang berkontribusi terhadap modulasi enzim detoksifikasi dan antioksidan serta efek radikal bebas.

9. Mencegah Kanker

Kankung mengandung berbagai jenis senyawa antioksidan. Dimana antioksidan ini dikenal dapat menangkal radikal bebas dari tubuh, sehingga mencegah sel kanker berkembang lebih jauh.

10. Mencegah Penuaan Dini

Sayuran berdaun hijau seperti kangkung kaya akan antioksidan yang dapat mencegah kerusakan akibat radikal bebas dari sel-sel dalam tubuh, serta membuat sel-sel kulit lebih tahan dari kerusakan yang disebabkan karena paparan sinar matahari dan meminimalkan kerutan sampai batas yang signifikan.


Melalui artikel ini, dapat diketahui bahwa kangkung memiliki banyak manfaat, terkhususnya manfaat sayur kangkung untuk kesehatan. Baca artikel sebelumnya, yaitu Khasiat Beras serta kunjungi selalu situs khasiatsehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Silahkan bagikan artikel ini melalui: