13 Khasiat Kacang Tanah untuk Kesehatan

Kacang tanah termasuk dalam tanaman polong-polongan yang dibudidayakan yang menjadi jenis kacang kacangan terpenting kedua setelah kacang kedelai di Indonesia. Bagian kacang tanah yang dipanen adalah bijinya yang kaya akan protein dan lemak. Biji kacang tanah ini dapat dimakan mentah, direbus, digoreng, maupun disangrai. Berikut ini artikel mengenai beberapa manfaat kacang tanah untuk kesehatan.

Manfaat Kacang Tanah

Asal Usul Kacang Tanah

Tanaman kacang tanah berasal dari Amerika Selatan tepatnya adalah di Brazillia. Masuknya kacang tanah ke Indonesia yaitu pada abad ke-17, diperkirakan bahwa tanaman ini dibawa oleh para pedagang Spanyol, Cina, ataupun Portugis ketika melakukan pelayaran dari Meksiko ke Maluku setelah tahun 1597.

Manfaat Kacang Tanah

Berikut 13 manfaat kacang tanah bagi kesehatan :

1. Baik Untuk Kesehatan Jantung

Tingginya tingkat lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda dalam kacang tanah membantu menjaga kesehatan jantung Anda. Asam oleat yang terkandung dalam kacang tanah membantu menurunkan LDL atau kolesterol “buruk” dan meningkatkan “HDL” atau tingkat kolesterol baik dalam darah. Dengan demikian dapat mencegah penyakit arteri koroner dan stroke dengan meningkatkan lipid darah yang sehat.

2. Mencegah Diabetes

Menurut sebuah penelitian, satu porsi kacang tanah dapat menurunkan risiko diabetes sebesar 21%. Hal ini dapat dikaitkan dengan adanya kandungan mangan, yaitu mineral yang memainkan peran penting dalam metabolisme lemak dan karbohidrat, penyerapan kalsium dan regulasi gula darah.

3. Mencegah Batu Empedu

Konsumsi kacang tanah dapat membantu mencegah batu empedu. Menurut penelitian, makan satu ons kacang atau selai kacang dapat menurunkan risiko terkena batu empedu sebesar 25%.

4. Mencegah Kanker

Kacang-kacangan seperti kacang tanah memiliki konsentrasi tinggi fitosterol yang disebut beta-sitosterol (SIT). Fitosterol ini dapat  mencegah kanker dengan menghambat pertumbuhan tumor. Sebuah penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat mengamati bahwa pria dan wanita yang mengkonsumsi kacang setidaknya dua kali seminggu masing-masing memiliki risiko 27% dan 58% lebih rendah terkena kanker usus besar.

Baca juga : Manfaat Kacang Kedelai

5. Meningkatkan Fungsi Otak dan Memori

Kacang tanah sering disebut sebagai “makanan bagi otak” karena mengandung Vitamin B3 atau niasin yang dapat meningkatkan fungsi otak dan meningkatkan memori. Kacang juga mengandung flavonoid resveratrol yang membantu meningkatkan aliran darah ke otak.

6. Mengurangi Depresi

Serotonin adalah bahan kimia otak yang dapat membantu memperbaiki suasana hati dan mengurangi depresi. Kacang mengandung asam amino yang disebut tryptophan yang membantu pelepasan serotonin, sehingga membantu Anda melawan depresi.

7. Baik Untuk Kehamilan

Kacang tanah merupakan sumber folat. Studi tertentu telah menunjukkan bahwa wanita yang mengkonsumsi 400 gram asam folat sebelum atau selama awal kehamilan memiliki risiko cacat lahir (neural tube defect) hingga 70% lebih rendah. Manfaat kacang tanah bagi ibu hamil. Makan kacang selama kehamilan juga dapat menurunkan risiko penyakit alergi, seperti asma pada anak-anak.

8. Bermanfaat Untuk Anak-Anak

Kacang tanah merupakan sumber protein yang tersusun dari asam amino yang penting untuk pertumbuhan dan perkembangan anak-anak.

9. Mengontrol Berat Badan

Kombinasi serat, lemak dan protein dalam kacang tanah dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama dan menurunkan nafsu makan. Selain itu, kacang tanah juga merupakan sumber energi yang baik dan dapat membantu meningkatkan tingkat metabolisme.

10. Mencegah Alzheimer

Studi telah membuktikan bahwa mengkonsumsi makanan yang mengandung niasin seperti kacang tanah dapat menurunkan risiko penyakit Alzheimer sebesar 70%.

11. Kesehatan Kulit

Kacang tanah mengandung vitamin dan lemak tak jenuh tunggal yang membuatnya bermanfaat bagi kulit Anda. Kemudian, tingginya kandungan serat makanan dalam kacang tanah juga dapat membantu mengurangi kelebihan racun, sehingga membuat kulit lebih sehat.

Baca juga : Manfaat Kacang Kenari

12. Mencegah Penuaan Dini

Kacang tanah mengandung vitamin C dan vitamin E yang dapat mencegah tanda-tanda penuaan seperti keriput, bintik-bintik dan garis-garis halus. Kacang juga mengandung resveratrol, sebuah fitokimia anti-penuaan yang berperan sebagai antioksidan yang baik untuk kulit Anda.

13. Kesehatan Rambut

Biotin adalah vitamin B yang penting untuk pertumbuhan rambut dan kesehatan kulit kepala secara keseluruhan. Hal ini dihasilkan oleh tubuh kita sendiri dalam usus dan juga ditemukan dalam banyak makanan. Kekurangan biotin dapat menyebabkan rambut rontok. Kacang tanah merupakan sumber vitamin B dan asam folat yang dapat meningkatkan kesehatan rambut.


Perhatian dan Efek Samping Mengkonsumsi Kacang Tanah

1. Alergi kacang merupakan salah satu alergi makanan yang paling serius. Reaksi alergi yang terjadi ialah kesemutan di mulut diikuti oleh pembengkakan wajah, tenggorokan dan mulut yang bahkan dapat mengakibatkan kesulitan bernafas, serangan asma, shock anafilaksis atau kematian. Reaksi lainnya termasuk ruam, gatal-gatal atau sakit perut. Jika Anda menduga bahwa Anda memiliki alergi kacang, dianjurkan untuk berkonsultasi dengan ahli medis dan menghindari kacang tanah.

2. Kacang tanah juga rentan terhadap kontaminasi aflatoksin yang dihasilkan oleh jamur aspergillus flavus yang sangat beracun dan dapat menyebabkan kanker hati.

3. Harap memperhatikan kacang tanah yang memiliki warna kuning kehijauan karena dimungkinkan akan berbahaya dan menyebabkan gangguan kesehatan.


Melalui artikel ini, dapat diketahui bahwa kacang-kacangan ini memiliki banyak manfaat, terkhususnya manfaat kacang tanah untuk kesehatan. Baca artikel sebelumnya, yaitu Manfaat Kacang Hijau serta kunjungi selalu situs khasiatsehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Referensi artikel khasiat kacang tanah untuk kesehatan :

id.wikipedia.org/wiki/Kacang_tanah

www.healthbeckon.com/peanuts-benefits/

2 Comments