8 Macam Buah-Buahan Sebagai Penambah Darah

Sel darah merah memiliki peran penting yaitu bertugas untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh. Oleh karena itu, jika sel darah merah dalam tubuh terlalu sedikit dapat menyebabkan fungsi tubuh menjadi terganggu, yang selanjutnya dapat menyebabkan penyakit anemia. Untuk itu, cukupilah nutrisi yang dibutuhkan untuk membentuk sel darah merah. Salah satunya yaitu melalui konsumsi buah-buahan. Lalu apa saja macam-macam buah penambah darah yang baik untuk tubuh? Berikut ulasannya.

Buah Penambah Darah
Gambar buah-buahan segar via mrwallpaper.com

Buah Penambah Darah

Berikut beberapa macam buah-buahan penambah darah:

1. Jambu Biji

Jambu biji kaya akan vitamin C, vitamin A, vitamin B1, dan zat besi yang berperan penting dalam pembentukan hemoglobin sehingga sangat cocok sebagai buah untuk penambah darah. Buah ini juga memiliki khasiat untuk meningkatkan kadar trombosit sehingga sangat disarankan untuk dikonsumsi oleh penderita demam bardarah.

2. Jeruk

Buah jeruk dapat menambah darah karena adanya kandungan nutrisi yang berperan aktif dalam pembentukan sel darah merah seperti magnesium, zat besi, asam folat, kalsium, tembaga, fosfor, vitamin B, dan tentunya karena adanya kandungan vitamin C yang cukup tinggi.

3. Strawberry

Buah strawberry yang banyak digemari oleh banyak kalangan ini ternyata juga dapat membantu menambah darah. Hal ini karena adanya kandungan antioksidan yang tinggi di dalamnya yang dapat membantu tubuh dalam produksi sel darah merah. Selain itu, kandungan antioksidan juga bermanfaat untuk menangkal radikal bebas yang dapat merusak tubuh.

4. Anggur

Jangan remehkan buah yang berukuran kecil ini. Hal ini karena ternyata buah anggur memiliki kandungan nutrisi lengkap yang dapat digunakan untuk menambah darah. Terutama kandungan vitamin A yang cukup tinggi, dimana vitamin A juga berperan dalam pembentukan sel darah merah.

5. Alpukat

Buah alpukat banyak mengandung asam folat yang juga berguna untuk menambah darah. Salah satu manfaat asam folat itu sendiri yaitu dapat membantu memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak, termasuk dalam pembentukan sel darah merah. Dimana setengah buah alpukat dapat menyediakan sekitar 81 mikrogam folat dari 400 hingga 600 mikrogram perhari yang dibutuhkan oleh wanita dan pria dewasa.

6. Pepaya

Selain alpukat, buah pepaya juga dapat menjadi alternatif sumber asam folat. Oleh karena itu, dengan mengonsumsi pepaya dan dikombinasikan dengan buah-buahan sumber folat lainnya, dapat membantu memenuhi kebutuhan akan asam folat harian Anda yang selanjutnya dapat mencegah Anda terkena anemia.

7. Semangka

Semangka merupakan salah satu jenis buah-buahan yang banyak mengandung zat besi. Dimana satu buah semangka berukuran sedang mengandung sekitar 1,5 gram zat besi. Selain itu, buah semangka juga mengandung vitamin C yang dapat membantu proses penyerapan zat besi di dalam tubuh agar menjadi lebih optimal.

8. Mangga

Selain rasanya yang nikmat, buah mangga ternyata juga mengandung banyak vitamin C yang berperan penting dalam membantu penyerapan zat besi dalam tubuh. Tidak hanya itu, buah ini juga kaya akan vitamin lainnya seperti vitamin B, vitamin E, dan vitamin K, serta berbagai mineral seperti magnesium, kalsium, tembaga, mangan, dan zat besi itu sendiri.

Baca juga: Buah Buahan untuk Diet

HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN

Selain mengonsumsi buah penambah darah yang telah disebutkan diatas, untuk mencegah anemia (sebagai akibat kekurangan darah) diperlukan istirahat yang cukup. Oleh karena itu hindari kebiasaan yang tidak sehat seperti tidur terlalu larut malam atau begadang.

Hindari kebiasaan merokok dan minum alkohol, serta jauhi stres. Selain itu, lakukan olahraga yang teratur untuk melancarkan peredaran darah dan konsumsi air putih yang cukup setiap hari agar keseimbangan cairan di dalam tubuh selalu terjaga.

Apabila gejala anemia yang Anda alami terus berlanjut, maka disarankan untuk berkonsultasi dengan yang ahli atau dokter. Hal ini karena adanya kemungkinan Anda menderita suatu penyakit yang berpengaruh terhadap berkurangnya sel darah merah sehingga membutuhkan pertolongan medis untuk mengatasinya.

Baca juga: Manfaat Sarapan Buah

Demikian artikel kesehatan mengenai berbagai macam buah penambah darah. Semoga dapat bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda dalam menjalani pola hidup yang lebih sehat. Selain itu, baca artikel sebelumnya, yaitu Manfaat Biji Buah Anggur atau kembali ke halaman utama Khasiat Sehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Silahkan bagikan artikel ini melalui: