9 Buah Buahan untuk Diet Menurunkan Berat Badan

Salah satu kunci untuk menurunkan berat badan adalah dengan mengkonsumsi buah-buahan. Tidak hanya dapat menjadi pengganti makanan yang biasa Anda konsumsi, buah buahan juga dikemas dengan berbagai vitamin dan mineral yang berperan penting dalam penurunan berat badan. Pada artikel ini akan membahas tentang berbagai jenis buah buahan untuk diet yang telah dirangkum dari beberapa sumber artikel internasional.

Buah Buahan untuk Diet
Buah Buahan via Livestrong.com

Diet yang ideal adalah dengan cara mengurangi asupan kalori tanpa harus merasa kelaparan. Beberapa jenis buah kurang ideal ketika dijadikan makanan pendamping untuk membantu menurunkan berat badan karena mengandung gula yang cukup tinggi. Meskipun begitu, buah buahan mengandung berbagai nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan Anda, dan pada hal ini dapat membantu Anda dalam menjalani program diet penurunan berat badan.

Buah Buahan untuk Diet

Berikut berbagai buah yang baik untuk diet :

1. Buah Semangka

Semangka merupakan salah satu buah-buahan yang ideal untuk menurunkan berat badan. Buah semangka mengandung air yang cukup tinggi dan dalam 100 gr buah semangka hanya mengandung sekitar 30 kalori. Selain itu, semangka juga sumber dari asam amino yang disebut dengan arginine yang dapat membantu membakar lemak (1).

Hal terbaik dari semangka adalah buah ini dapat membuat Anda tetap terhidrasi, juga akan membuat Anda merasa kenyang dalam waktu yang lebih lama sehingga dapat menurunkan keinginan untuk makan berlebih atau mengkonsumsi makanan ringan (snack) yang kurang sehat.

2. Buah Pisang

Dikemas dengan sekitar 105 kalori, menjadikan buah pisang sebagai salah satu makanan untuk menjalani program diet buah buahan yang ideal karena dapat menjadi memberikan energi tambahan secara instan dan makanan setelah melakukan latihan (olahraga) yang menyehatkan (1).

Buah pisang paling baik dikonsumsi saat masih belum terlalu matang, karena mengandung pati yang lebih mudah larut. Oleh karena itu, dengan menjalani diet pisang atau mengkonsumsi satu buah pisang akan memberi perasaan kenyang lebih lama ketika diimbangi dengan minum banyak air putih (2).

3. Buah Pir

Buah pir dapat memenuhi seperempat kebutuhan akan serat harian Anda dan sangat baik untuk kesehatan sistem pencernaan Anda. Kandungan serat pada buah pir dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama yang dapat membantu Anda dalam menjalani program diet (1).

4. Buah Jeruk

Tidak hanya rasa yang enak dan menyegarkan, dalam 100 gr buah jeruk hanya mengandung sekitar 47 kalori yang sangat ideal bagi Anda jika Anda sedang ingin mengemil atau sedang menjalani diet ketat. Hal ini juga dapat memenuhi rasa keinginan makan makanan yang manis, yang biasanya dihindari oleh para pelaku diet (1).

5. Buah Alpukat

Buah alpukat diperkaya dengan asam lemak omega 9, yang dapat membantu mempercepat metabolisme dengan cara membakar lemak dan meningkatkan energi. Oleh karena itu dengan mengkonsumsi buah alpukat secara teratur dapat membantu Anda dalam menurunkan berat badan dan membuat tubuh tetap fit (2).

6. Buah Apel

Ketika Anda ingin makan sesuatu di saat sela waktu makan, Anda dapat mengkonsumsi sebuah apel karena memiliki kandungan serat, vitamin A, dan juga kandungan air yang cukup tinggi yang dapat memberikan rasa kenyang pada perut Anda (2).

7. Buah Delima

Buah untuk diet yang ideal selanjutnya adalah buah delima. Buah delima kaya akan antioksidan, serat, dan kandungan air yang cukup tinggi. Disamping itu buah delima juga rendah kalori, sehingga dengan mengkonsumsi buah delima tidak akan menggangu program diet yang sedang Anda jalani (2).

8. Buah Nanas

Buah nanas juga dapat menjadi buah yang cocok untuk diet. Buah nanas kaya akan antioksidan, serta berbagai mineral dan vitamin yang menyehatkan. Hal yang membuat buah nanas dapat membantu menurunkan berat badan yaitu dikarenakan buah ini bebas dari kolesterol dan lemak (2).


Melalui artikel ini, dapat diketahui bahwa buah-buahan memiliki banyak manfaat, terkhususnya buah buahan untuk diet yang dibahas kali ini. Semoga dapat bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda dalam menjalani pola hidup yang lebih sehat. Selain itu, baca artikel sebelumnya, yaitu Buah Mahkota Dewa atau kembali ke halaman utama Khasiat Sehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Referensi artikel berbagai buah-buahan untuk diet :

(1) www.msn.com/en-in/health/nutrition/the-top-7-fruits-that-will-guarantee-weight-loss/ar-AA5FfqP#page=1

(2) www.stylecraze.com/articles/fruits-to-eat-to-lose-weight-quickly/

(3) slism.com/roundup/healthy-fruits-roundup.html

(4) www.builtlean.com/2013/07/11/best-fruits-lose-weight/

One Comment