10 Khasiat Buah Persik untuk Kesehatan

Buah persik atau buah peach merupakan buah buahan yang mengandung banyak air dan memiliki rasa yang lezat. Selain memiliki rasa yang lezat, buah ini juga merupakan sumber yang kaya akan vitamin, mineral, antioksidan, dan lain-lain yang membuatnya menjadi bermanfaat. Berikut artikel mengenai manfaat buah persik untuk kesehatan.

Manfaat Buah Persik

Persik diyakini berasal dari China, yang juga merupakan produsen terbesar buah persik. Umumnya, buah persik berukuran bulat hingga oval dengan ukuran diameternya adalah 7 sampai 10 cm dan beratnya sekitar 130 gr. Selain itu, buah persik termasuk dalam famili Rosaceae, yang juga termasuk buah buahan seperti buah apel, buah pir, buah ceri, buah plum, dan sebagainya.

Kandungan Gizi Buah Persik

Buah persik menyimpan berbagai nutrisi yang penting untuk kesehatan fungsi tubuh. Berbagai nutrisi seperti vitamin A, beta karoten, dan vitamin C (asam askorbat). Buah persik juga merupakan sumber yang baik dari vitamin E, vitamin K, vitamin B1, vitamin B2 (riboflavin), vitamin B3 (niacin), vitamin B6, asam folat, dan asam pantotenat.

Selain itu buah persik kaya akan mineral, seperti kalsium, kalium, magnesium, zat besi, mangan, fosfor, seng, dan tembaga. Buah persik juga rendah kalori, tidak mengandung lemak jenuh atau kolesterol, dan merupakan sumber yang baik dari serat makanan.

Manfaat Buah Persik

Berikut 10 manfaat buah persik bagi kesehatan :

1. Kesehatan Kardiovaskular

Kaya akan zat besi dan vitamin K, membuat buah persik dapat membantu dalam menjaga jantung Anda tetap sehat. Vitamin K dapat mencegah pembekuan darah, sehingga memberikan perlindungan terhadap beberapa penyakit jantung.

Zat besi diperlukan untuk pembentukan sel darah merah. Hal ini dapat membuat darah Anda tetap sehat dan terhindar dari anemia yang terjadi akibat kekurangan zat besi. Lycopene dan lutein dalam buah persik juga dapat mengurangi risiko penyakit jantung.

2. Mencegah Risiko Kanker

Persik mengandung antioksidan yang cukup tinggi, khususnya asam klorogenat yang terkonsentrasi pada kulit dan bagian daging buah persik yang dikenal memiliki sifat anti-kanker. Persik juga merupakan sumber vitamin A yang memberikan perlindungan terhadap kanker paru-paru dan rongga mulut.

3. Kesehatan Mata

Manfaat buah persik untuk kesehatan mata. Buah persik merupakan sumber yang baik dari beta karoten, yaitu suatu senyawa yang dikonversi menjadi vitamin A dalam tubuh, dimana vitamin A sangat penting bagi kesehatan retina.

4. Mendetoksifikasi Tubuh

Salah satu manfaat dari buah persik adalah bahwa persik dapat membantu dalam menghilangkan racun dari tubuh anda. Tingginya kandungan potasium dan serat dapat mengurangi risiko sakit maag, peradangan dan penyakit ginjal yang terkait.

Buah persik juga bermanfaat dalam menyembuhkan beragam masalah pencernaan, seperti maag dan radang usus. Di Cina, teh persik digunakan sebagai obat alami atau herbal untuk membersihkan ginjal dan detoksifikasi.

5. Kesehatan Gigi

Persik juga mengandung fluoride dan sejumlah kecil kalsium, yaitu senyawa yang hadir dalam tulang dan gigi. Mineral seperti zat besi dan fluoride dapat mencegah gigi berlubang dan masalah gigi lainnya. Jadi mengkonsumsi buah persik dapat membantu menyembuhkan penyakit tulang dan beberapa masalah gigi.

6. Membantu Mengurangi Berat Badan

Rendah kalori dan bebas lemak pada buah persik membuatnya ideal untuk menurunkan berat badan. Selain itu, persik mengandung gula alami yang tidak menaikkan gula darah atau tingkat insulin. Jadi menambahkan buah ini kedalam menu diet Anda dapat membuat Anda lebih langsing dengan cara membakar timbunan lemak ekstra dalam tubuh.

7. Mencegah Penuaan Dini

Kandungan vitamin C dalam buah persik merupakan antioksidan kuat yang dapat memperlambat proses penuaan, termasuk mengurangi kerutan, garis-garis halus, lingkaran dan flek hitam. Persik dapat digunakan sebagai bahan dalam pembuatan masker wajah, yang dapat mengencangkan pori-pori kulit dan meremajakan kulit.

8. Mengontrol Kolesterol Tinggi

Mengkonsumsi buah persik secara teratur dapat membantu mengontrol kolesterol tinggi dan masalah lain yang menyebabkan diabetes dan penyakit jantung. Selain itu mengkonsumsi buah persik yang kaya akan beta karoten dapat menurunkan kadar kolesterol dalam aliran darah.

9. Mencegah Anemia

Para ahli kesehatan menyarankan untuk meningkatkan asupan makanan yang mengandung zat besi, seperti buah persik ini untuk melindungi Anda terhadap risiko Anemia. Zat besi dapat membantu dalam meningkatkan produksi hemoglobin, sehingga meminimalkan dan mencegah anemia. Selain itu persik juga mengandung vitamin C yang dapat membantu penyerapan zat besi menjadi lebih baik.

10. Baik untuk Ibu Hamil

Manfaat buah persik untuk ibu hamil. Kandungan vitamin C dapat membantu dalam pertumbuhan tulang, gigi, kulit, otot, dan pembuluh darah yang sehat pada bayi. Vitamin C pada buah persik juga dapat membantu dalam penyerapan zat besi yang sangat penting selama masa kehamilan.

Kandungan folat dalam buah persik dapat membantu dalam mencegah cacat lahir, seperti spina bifida. Kandungan kalium dalam buah persik juga dapat membantu dalam mencegah kram otot dan kelelahan yang umum terjadi selama masa kehamilan.


Perhatian dan Efek Samping Samping Buah Persik

Persik dapat menyebabkan alergi makanan karena mengandung alergen tertentu. Produksi dan penyimpanan buah persik kering mungkin saja menggunakan senyawa sulfit yang digunakan sebagai pengawet, yang dapat menyebabkan berbagai reaksi alergi.


Melalui artikel ini, dapat diketahui bahwa peach atau persik memiliki banyak manfaat, terkhususnya manfaat buah persik untuk kesehatan. Baca artikel sebelumnya, yaitu Manfaat Buah Kersen serta kunjungi selalu situs khasiatsehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Referensi artikel khasiat buah persik untuk kesehatan :

www.healthbeckon.com/peach-fruit-benefits/

www.top10homeremedies.com/kitchen-ingredients/top-10-health-benefits-of-peaches.html/

www.organicfacts.net/health-benefits/fruit/health-benefits-of-peach.html

Silahkan bagikan artikel ini melalui:
One Comment