14 Khasiat Oatmeal untuk Kesehatan

Oatmeal merupakan salah satu makanan sehat yang mengandung banya serat yang baik untuk kesehatan pencernaan, serta terdiri dari berbagai nutrisi lain yang dibutuhkan oleh tubuh. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika oatmeal dapat memberikan manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh. Lalu apa saja manfaat oatmeal untuk kesehatan? Berikut ulasannya.

Manfaat Oatmeal
Oatmeal via suckhoedoisong.vn

Oatmeal dapat menjadi pilihan yang tepat untuk disantap di pagi hari. Hal ini dikarenakan selain mengandung nutrisi yang penting, oatmeal juga praktis dibuat karena banyak tersedia dalam bentuk instan sehingga cocok bagi Anda yang tidak mau repot menyiapkan menu sarapan. Baca juga: Manfaat Sarapan Pagi

Manfaat Oatmeal

Berikut 14 manfaat oatmeal bagi kesehatan:

1. Mencegah Osteoporosis

Manfaat oatmeal yang pertama yaitu dapat membantu mencegah osteoporosis. Hal ini dikarenakan makanan dari gandum mengandung komponen mineral yang penting untuk kesehatan tulang. Oleh karena itu dengan mengonsumsi oatmeal secara rutin dapat membbantu Anda mencukupi kebutuhan mineral tulang, sehingga dapat mencegah terjadinya osteoporisis.

2. Mencegah Stres

Oatmeal dan roti gandum mengandung karbohidrat kompleks yang dapat memicu hormon serotonin pada otak, sehingga Anda akan merasa lebih rileks. Namun, perlu diingat bahwa jika Anda ingin beli oatmeal instan, sebaiknya Anda memperhatikan komposisinya karena bisa saja mengandung berbagai zat adiktif yang dapat berbahaya bagi tubuh Anda.

3. Mengurangi Risiko Hipertensi

Oatmeal juga mengandung serat larut yang ternyata dapat mengurangi risiko hipertensi. Terdapat sebuah studi yang menyarankan agar wanita menopause, yang cenderung mengalami hipertensi, untuk mengonsumsi oatmeal sebanyak 6 porsi dalam setiap minggu.

4. Menurunkan Kolesterol

Oatmeal mengandung serat yang dipercaya dapat memblokir atau mengurangi penyerapan kolesterol jahat (LDL) di usus. Disarankan untuk mengonsumsi oatmeal yang dikombinasikan dengan buah pisang untuk meningkatkan kadar serat didalamnya, sehingga lebih efektif dalam mengurangi kolesterol jahat dan kolesterol total di dalam tubuh.

5. Menstabilkan Gula Darah pada Penderita Diabetes

Kandungan oatmeal yang kaya akan serat dapat membuatnya menjadi lebih lambat dicerna oleh tubuh. Hal ini berarti dengan mengonsumsi oatmeal tidak akan menaikkan kadar gula darah dengan cepat sehingga gula darah menjadi lebih stabil.

6. Menjaga Berat Badan

Kandungan serat pada oatmeal mampu bertahan lebih lama di perut. Hal ini dapat membuat Anda merasa kenang lebih lama sehingga dapat mencegah keinginan untuk makan terlalu banyak atau mengemil. Dengan begitu berat badan Anda akan tetap terjaga. Selain itu, makanan ini juga sering digunakan dalam diet oatmeal.

7. Menjaga Kesehatan Jantung

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa oatmeal dapat menurunkan kadar kolesterol. Dimana hal ini berkaitan dengan kesehatan jantung. Oleh karena itu dengan mengonsumsi makanan sehat ini secara rutin dapat membuat jantung Anda menjadi lebih sehat.

8. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Makanan oatmeal mengandung beberapa jenis serat yang disebut beta gluten serat. Dimana serat ini dapat membantu melindungi tubuh Anda terhadap penyakit jantung dan meningkatkan sistem imunitas. Hal ini kemudian dapat membantu sel-sel kekebalan tubuh dalam memperbaiki daerah pada bagian tubuh yang terserang infeksi bakteri.

9. Mencegah Kanker

Terdapat suatu studi yang menyatakan bahwa khasiat oatmeal dapat membantu mencegah kanker payudara. Hal ini dikarenakan serat tak larut pada oatmeal mampu menyerang sel-sel-karsinogen dan menurunkan kadar hormon estrogen dalam tubuh, sehingga mencegah perkembangan kanker pada tubuh Anda.

Artikel terkait: Manfaat Granola

Selain 9 manfaat oatmeal untuk kesehatan yang telah disebutkan sebelumnya, masih terdapat berbagai manfaat lainnya dari makanan oatmeal ini yang perlu Anda ketahui. Berikut beberapa manfaat lainnya dari oatmeal:

10. Menjaga Kesehatan Kulit

11. Kaya Akan Antioksidan

12. Mencegah Pengerasan Arteri

13. Mengatasi Berbagai Masalah Pencernaan

14. Mencegah Obesitas


PERTIMBANGAN DALAM MENGONSUMSI OATMEAL

Pada dasarnya mengonsumsi oatmeal dapat memberikan berbagai manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh, tapi tidak banyak yang menyukainya karena oatmeal biasanya memiliki rasa yang hambar dan tidak enak. Untuk Anda yang ingin menikmati oatmeal dengan rasa yang enak dan tetap mendapatkan manfaatnya, Anda dapat mencampurkannya dengan buah-buahan seperti buah strawberry, buah apel, buah blueberry, ataupun pisang ke dalam oatmeal.


Demikian artikel kesehatan mengenai berbagai manfaat oatmeal untuk kesehatan. Semoga dapat bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda dalam menjalani pola hidup yang lebih sehat. Selain itu, baca artikel sebelumnya, yaitu Manfaat Daun Pare atau kembali ke halaman utama Khasiat Sehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Silahkan bagikan artikel ini melalui: