16 Khasiat Buah Carica untuk Kesehatan

Buah carica, bisa juga disebut dengan nama pepaya gunung atau carica dieng, merupakan salah satu jenis buah buahan yang memiliki kerabat dekat dengan pepaya. Selain memiliki rasa yang enak, buah carica juga ternyata memiliki beragam manfaat untuk kesehatan. Hal ini dikarenakan buah ini kaya akan berbagai nutrisi yang menyehatkan. Lalu apa saja manfaat buah carica untuk kesehatan? Berikut ulasannya.

Manfaat Buah Carica
Buah carica dieng via caricaku.com

Buah yang memiliki rasa sedikit asam ini biasa diolah menjadi manisan carica, sirup, jus buah carica, dan selai. Karena jika tidak diolah terlebih dahulu, biasanya carica akan menimbulkan efek samping seperti rasa gatal di lidah dan bibir. Disamping efek samping tersebut, buah ini dapat menawarkan sejumlah manfaat yang sangat yang sangat beragam untuk Anda.

KANDUNGAN GIZI BUAH CARICA

Buah carica atau pepaya gunung ini merupakan sumber akan kalsium, gula, vitamin A, dan vitamin C. Selain itu, buah ini juga mengandung serat, vitamin B komplek, enzim papain, dan kalsium yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh Anda.

Manfaat Buah Carica

Berikut 16 manfaat buah carica bagi kesehatan:

1. Sumber Energi

Manfaat buah carica yang pertama yaitu dapat menjadi sumber energi bagi tubuh. Hal ini dikarenakan buah carica memiliki kandungan vitamin B komplek yang memiliki peran penting dalam proses metabolisme tubuh. Sehinga dapat menghasilkan energi yang lebih.

2. Menjaga Kesehatan Kulit

Khasiat buah carica yang mengandung vitamin C, dapat membantu pembentukan kolagen yang sangat baik untuk menyehatkan kulit. Selain itu, kandungan vitamin E yang terdapat dalam carica ini juga dapat membantu menjaga kelembaban kulit serta melindungi kulit dari paparan sinar UV (Ultra Violet) yang berbahaya.

3. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Manfaat buah carica yang selanjutnya yaitu dapat membantu melancarkan pencernaan. Hal ini dikarenakan carica mengandung serat yang cukup tinggi, sehingga dapat membantu Anda dalam memperoleh kesehatan pencernaan yang lebih baik.

4. Baik untuk Kesehatan Mata

Seperti wortel, buah carica juga kaya akan vitamin A yang dapat membantu Anda dalam menjaga kesehatan mata. Oleh karena itu, disarankan untuk mengkonsumsi buah ini secara teratur untuk membantu Anda dalam memperoleh kesehatan mata yang lebih baik.

5. Membersihkan Usus

Seperti yang telah disebutkan bahwa carica dapat membantu melancarkan pencernaan. Oleh karena itu, buah carica juga diyakini dapat membersihkan organ tubuh lainnya seperti usus secara alami. Dimana kandungan yang terdapat dalam buah ini dapat menghilangkan bakteri jahat, yang selanjutnya dapat menyeimbangkan keasaman atau pH pada usus Anda.

6. Antibakteri

Khasiat buah carica yang selanjutnya yaitu dapat berperan sebagai antibakteri. Oleh karena itu, dengan mengkonsumsi buah ini secara rutin dapat membantu Anda terhindar dari bakteri yang menyerang tubuh. Dengan begitu, Anda dapat menurunkan resiko terjangkit penyakit yang disebabkan karena bakteri.

7. Antioksidan

Khasiat buah carica yang mengandung vitamin C memiliki kemampuan sebagai senyawa antioksidan. Dimana antioksidan berperan penting dalam menjaga kesehatan tubuh dan melindunginya dari bahaya radikal bebas yang dapat menyebabkan penyakit.

8. Membantu Menurunkan Berat Badan

Carica juga diyakini dapat membantu program diet penurunan berat badan Anda. Seperti yang telah diketahui bahwa diet yang sehat merupakan diet yang seimbang antara pola hidup dan pola makan yang sehat. Oleh karena itu, lakukan olahraga yang teratur dengan diimbangi mengkonsumsi makanan menyehatkan yang dapat membantu program diet penurunan berat badan Anda, termasuk buah carica ini.

9. Mencegah Penuaan Dini

Selain dapat menjaga kesehatan kulit yang telah disebutkan sebelumnya, buah carica juga dapat membantu Anda dalam mencegah terjadinya penuaan dini. Hal ini dikarenakan buah carica mengandung antioksidan dan berbagai kandungan gizi lainnya yang dapat berperan dalam mencegah penuaan dini.

10. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Seperti yang telah diketahui bahwa daya tahan tubuh yang baik dapat membantu Anda terhindar dari berbagai serangan penyakit. Anda dapat mengkonsumsi buah carica secara teratur untuk menjaga tubuh Anda terbebas dari penyakit, seperti demam dan flu.

Artikel terkait:

Selain 10 khasiat dan manfaat buah carica untuk kesehatan yang telah disebutkan sebelumnya, buah ini ternyata masih memiliki beragam manfaat lainnya yang perlu Anda ketahui. Berikut manfaat buah carica lainnya:

11. Sebagai Bahan Pembuatan Kosmetik dan Perawatan Kulit

12. Menyembuhkan Rabun Senja

13. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

14. Mengatasi Jerawat

15. Diolah Menjadi Minuman Penghangat Tubuh

16. Memberikan Rasa Segar pada Tubuh


Melalui artikel ini, dapat diketahui bahwa carica dieng atau pepaya gunung memiliki banyak manfaat, terkhususnya manfaat buah carica untuk kesehatan yang dibahas kali ini. Semoga dapat bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda dalam menjalani pola hidup yang lebih sehat. Selain itu, baca artikel sebelumnya, yaitu Manfaat Biji Mahoni atau kembali ke halaman utama Khasiat Sehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.