11 Khasiat Buah Tin untuk Kesehatan

Buah tin atau buah ara merupakan buah musiman yang biasa ditemukan di bagian barat Asia yang memiliki rasa yang lezat. Tidak hanya memiliki rasa yang lezat untuk dikonsumsi, buah tin juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Berikut artikel manfaat buah tin untuk kesehatan.

Manfaat Buah Tin

Manfaat kesehatan dari buah tin berasal dari kehadiran mineral, vitamin, dan serat yang terkandung dalam buah tin. Buah tin mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat, termasuk vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, kalsium, zat besi, fosfor, mangan, natrium, kalium, dan klorin.

Manfaat Buah Tin

Berikut 11 manfaat buah tin bagi kesehatan :

1. Antioksidan yang Kuat

Buah tin menyediakan manfaat yang besar bagi tubuh manusia karena kemampuan antioksidannya. Dimana antioksidan yang terkandung dalam buah tin dapat mencegah berbagai kondisi kesehatan seperti penuaan dini, kanker, dan sebagainya.

2. Antibakteri dan Antijamur

Buah tin dapat bertindak sebagai agen antibakteri dan antijamur yang alami. Sebuah review yang dilakukan oleh Drug and Herbal Research Centre di Universiti Kebangsaan Malaysia, menyebutkan dua studi yang menunjukkan kemampuan ekstrak buah tin dalam melawan bakteri mulut, serta berbagai jamur dan mikroba.

3. Mencegah Sembelit

Kandungan serat dalam buah tin dapat meningkatkan kesehatan pencernaan dan dapat mencegah sembelit. Selain itu serat tidak hanya mencegah sembelit, tapi juga dapat membantu mengobati diare dan buang air besar yang tidak teratur.

4. Mengontrol Berat Badan

Kandungan serat dalam buah tin juga dapat membantu mengurangi berat badan dan sering dianjurkan untuk dikonsumsi oleh orang yang kelebihan berat badan. Namun, jumlah kalori yang tinggi juga dapat mengakibatkan kenaikan berat badan, terutama bila dikonsumsi dengan susu.

5. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Buah tin kaya akan kalsium, yang merupakan salah satu komponen yang paling penting dalam memperkuat tulang dan mengurangi risiko osteoporosis. Buah tin juga kaya akan fosfor, yang dapat mendorong pembentukan tulang dan pertumbuhan tulang kembali jika ada kerusakan atau degradasi tulang.

6. Mencegah Hipertensi

Ketika Anda mengkonsumsi garam yang terlalu banyak, maka tingkat natrium akan meningkat. Hal ini dapat mengganggu keseimbangan natrium dan kalium yang akan menghasilkan hipertensi. Buah tin merupakan buah buahan yang ideal untuk mengembalikan keseimbangan ini.

7. Mencegah Penyakit Jantung

Tingginya tingkat antioksidan dalam buah tin dapat membantu dalam menghilangkan radikal bebas yang dapat merusak pembuluh darah dan menyebabkan penyakit jantung. Seperti yang disebutkan sebelumnya, buah tin yang dapat mencegah hipertensi, yaitu salah satu faktor risiko perkembangan penyakit jantung koroner.

8. Mencegah Kanker

Antioksidan yang terkandung dalam buah tin juga dapat membantu dalam mencegah kerusakan sel DNA yang diakibatkan oleh radikal bebas yang dapat menyebabkan sel kanker.

9. Baik untuk Penderita Diabetes

Kandungan serat yang tinggi dalam buah tin membuatnya baik dikonsumsi oleh penderita diabetes. Namun, buah tin kering tetap mengandung gula, sehingga Anda perlu membatasi konsumsi buah tin, atau lebih baiknya berkonsultasi dahulu dengan yang ahli.

10. Meningkatkan Kesehatan Reproduksi

Menurut literatur kuno, orang-orang Yunani menggunakan buah tin sebagai afrodisiak alami. Tin dianggap sebagai buah suci dan berhubungan erat dengan kesuburan dan cinta. Berdasarkan ilmiah, buah tin dapat meningkatkan kesuburan dan gairah karena sarat dengan mineral seperti zinc, mangan, dan magnesium yang memainkan peran penting dalam meningkatkan kesehatan reproduksi.

11. Pencegahan Terhadap Degenerasi Makula

Kehilangan penglihatan yang terjadi pada orang tua biasanya disebabkan karena degenerasi makula. Buah buahan seperti buah tin sangat baik untuk membantu Anda menghindari gejala ini yang umum terjadi terkait penuaan.


Efek Samping Buah Tin

Terlalu banyak mengkonsumsi buah tin dapat menyebabkan diare. Selanjutnya, buah tin kering mengandung gula yang cukup tinggi, dan berpotensi dapat menyebabkan kerusakan gigi.

Orang orang yang alergi terhadap buah tin, atau komponen kimia tertentu yang terkandung dalam buah tin dapat menimbulkan reaksi alergi yang dihasilkan, bisa ringan sampai berat.


Melalui artikel ini, dapat diketahui bahwa buah ara atau buah tin memiliki banyak manfaat, terkhususnya manfaat buah tin untuk kesehatan. Baca artikel sebelumnya, yaitu Manfaat Buah Persik serta kunjungi selalu situs khasiatsehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Referensi artikel khasiat buah tin untuk kesehatan :

www.whfoods.com/genpage.php?tname=foodspice&dbid=24

draxe.com/figs-nutrition/

www.organicfacts.net/health-benefits/fruit/health-benefits-of-figs-or-anjeer.html

www.thehealthsite.com/diseases-conditions/10-health-benefits-anjeer-or-dried-figs/