7 Khasiat Vitamin A untuk Kesehatan

Vitamin A adalah salah satu jenis vitamin yang larut dalam lemak yang memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan mata dan juga perkembangan tulang. Selain itu, manfaat vitamin A untuk kesehatan juga mencakup meningkatkan daya tahan tubuh, mencegah kanker, dan masih banyak lagi.

Manfaat Vitamin A

Sumber Vitamin A

Minyak hati ikan, telur, hati sapi, dan keju cheddar merupakan sumber yang kaya akan vitamin A. Buah buahan dan sayuran yang berwarna kuning atau oranye yang mengandung karoten juga merupakan sumber vitamin A yang baik. Selain itu, dengan mengkonsumsi wortel, brokoli, ubi jalar, bayam, buah mangga, labu, tomat, aprikot, kacang polong, dan buah pepaya juga dapat membantu Anda dalam mencukupi kebutuhan harian akan vitamin A.

Bahaya Kekurangan Vitamin A

Kekurangan vitamin A telah menjadi masalah kesehatan yang banyak dialami banyak negara, terutama di Afrika dan Asia Tenggara. Hal ini dapat menjadi masalah serius terkhususnya bagi anak-anak, karena dapat menyebabkan gangguan penglihatan yang parah.

Beberapa gejala kekurangan vitamin termasuk keratinisasi kulit, rabun senja, sensasi terbakar atau gatal di mata, radang kelopak mata, kuku rapuh dan mudah patah, xerophthalmia (yaitu kelainan pada mata), dan sebagainya. Kekurangan vitamin ini juga dapat mengakibatkan kelelahan, insomnia, dan depresi.

Manfaat Vitamin A

Berikut 7 manfaat vitamin A bagi kesehatan :

1. Kesehatan Mata

Vitamin A dapat membantu dalam meningkatkan fungsi penglihatan. Hal ini memungkinkan mata Anda untuk menyesuaikan diri dengan perubahan cahaya, menjaga mata tetap lembab, dan juga meningkatkan penglihatan pada malam hari.

Vitamin A juga dapat secara signifikan mengurangi risiko katarak dan degenerasi makula, yang umumnya terkait dengan bertambahnya usia atau penuaan. Kemudian vitamin A juga dianggap bermanfaat bagi orang yang menderita glaukoma.

2. Kesehatan Kulit

Vitamin A dapat membantu menjaga tubuh Anda bebas dari radikal bebas dan racun, yang dapat menyebabkan kerusakan pada kulit Anda. Hal ini dapat membantu untuk menjaga kulit tetap lembut dan elastis dengan memastikan retensi kelembaban, sehingga mencegah kekeringan, keratinisasi dan kondisi kulit seperti psoriasis.

3. Memperkuat Tulang dan Gigi

Vitamin A juga penting untuk memperkuat tulang dan gigi. Vitamin ini dapat membantu dalam pembentukan dentin, yaitu zat antara email (zat di mahkota) atau semen (zat di akar) dari gigi dan ruang pulpa, sehingga dapat meningkatkan kekuatannya.

4. Mencegah Jerawat

Vitamin A dapat membantu dalam mengurangi produksi sebum berlebih, sehingga mengurangi risiko jerawat. Hal ini juga memperkuat jaringan pelindung kulit, sehingga meningkatkan kesehatan secara keseluruhan dan vitalitas permukaan kulit.

5. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Vitamin A dapat meningkatkan imunitas tubuh terhadap infeksi dengan meningkatkan respon limfosit (yaitu salah satu jenis sel darah putih) terhadap antigen penyebab penyakit. Hal ini tidak hanya mencegah kuman memasuki tubuh Anda, tetapi juga dapat membantu untuk melawan infeksi setelah kuman memasuki sistem tubuh manusia, sehingga berperan sebagai perlindungan ganda.

6. Mencegah Penuaan Dini

Vitamin A memiliki antioksidan yang tidak hanya mencegah kerusakan akibat radikal bebas, tetapi juga dapat membantu dalam peremajaan kulit. Hal ini dikarenakan produksi kolagen yang bertanggung jawab untuk menjaga kulit agar terhindar dari penuaan dini.

7. Mencegah Kanker

Menurut sebuah studi yang dilakukan di University of York, asupan vitamin A dapat membantu dalam mengobati beberapa bentuk kanker, hal ini dikarenakan kemampuan vitamin dalam mengontrol sel-sel ganas dalam tubuh.

Peringatan dan Potensi Efek Samping Vitamin A

Menurut thehealthsite, terdapat dua bentuk vitamin A, yaitu retinoid (kebanyakan ditemukan dalam produk hewani) dan beta-karoten (dari tanaman). Retinoid tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan karena dapat memiliki efek berbahaya pada tubuh Anda.

Mengkonsumsi suplemen vitamin A tanpa rekomendasi atau saran dokter juga dapat berdampak buruk bagi kesehatan. Oleh karena itu, lebih baik berkonsultasi dahulu dengan dokter mengenai asupan vitamin A yang dibutuhkan oleh Anda.


Melalui artikel ini, dapat diketahui bahwa vitamin memiliki banyak manfaat, terkhususnya manfaat vitamin A untuk kesehatan yang dibahas kali ini. Baca artikel sebelumnya, yaitu Manfaat Vitamin C serta kunjungi selalu situs khasiatsehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Referensi artikel khasiat vitamin A untuk kesehatan :

draxe.com/vitamin-a/

www.organicfacts.net/health-benefits/vitamins/health-benefits-of-vitamin-a-or-retinol.html

www.globalhealingcenter.com/natural-health/health-benefits-of-vitamin-a/

www.webmd.com/a-to-z-guides/supplement-guide-vitamin-a#1

www.thehealthsite.com/fitness/5-health-benefits-vitamin-a-k214/

3 Comments