11 Khasiat Spirulina untuk Kesehatan

Spirulina adalah organisme yang sering disebut sebagai ganggang biru hijau. Ketika dipanen dengan cara yang benar dan tidak terkontaminasi, spirulina dapat menjadi sumber nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh manusia. Manfaat spirulina untuk kesehatan yaitu meliputi meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menjaga kesehatan otak, membantu menurunkan berat badan, dan sebagainya.

Manfaat Spirulina

Warna biru hijau pada spirulina disebabkan karena adanya pigmen khusus yang disebut phycocyanin. Pigmen ini lah yang menjadi ini dari spirulina dalam memberikan sejumlah manfaat kesehatan. Banyak ahli kesehatan percaya bahwa kehadiran phycocyanin juga memberikan kemampuan dalam melawan radikal bebas.

Manfaat Spirulina

Berikut 11 manfaat spirulina bagi kesehatan :

1. Antioksidan yang Kuat

Jika tubuh anda terkena sifat oksidatif, hal ini dapat membahayakan DNA dan sel-sel pada tubuh anda, yang akan mengarah ke peradangan kronis, kanker, dan penyakit lainnya. Pada kasus ini, spirulina sangat kaya akan antioksidan, sehingga spirulina mampu melindungi tubuh anda dari kerusakan oksidatif.

2. Sifat Anti Inflamasi

Phycocyanin merupakan komponen aktif utama yang terdapat dalam spirulina. Phycocyanin memiliki kemampuan untuk menghilangkan radikal bebas dan mencegah produksi molekul inflamasi, sehingga memberikan efek yang mengesankan akan anti-inflamasi dan antioksidan.

3. Mengontrol Tekanan Darah Tinggi

Salah satu cara menjaga tekanan darah tinggi anda tetap terkontrol adalah melalui diet, olahraga, dan gaya hidup sehat. Cara lainnya adalah dengan mengkonsumsi makanan spirulina.

Menurut sebuah studi di Meksiko, baik laki-laki dan perempuan yang mengkonsumsi sekitar 4.5g spirulina setiap hari, dapat mengurangi tingkat tekanan darah tinggi hanya dalam rentan enam minggu, dengan catatan tanpa perubahan pola makan.

4. Mengontrol Tingkat Kolesterol

Dalam sebuah studi menunjukkan bahwa spirulina telah terbukti bermanfaat dalam mencegah aterosklerosis (pengerasan arteri yang disebabkan oleh kadar kolesterol tinggi) dan penurunan tingkat risiko terhadap penyakit kardiovaskular.

5. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa spirulina dapat meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh dan mencegah perkembangan infeksi virus. Nutrisi pada spirulina, yaitu phycocyanin, merupakan antioksidan yang dapat meningkatkan jumlah sel darah putih dalam tubuh.

Kemudian dapat diketahui bahwa sel-sel darah putih memainkan peran penting dalam sistem kekebalan tubuh karena mereka menghasilkan antibodi yang dapat melindungi tubuh anda dari serangan bakteri.

6. Meningkatkan Fungsi Otak

Studi telah menunjukkan bahwa spirulina benar-benar dapat meningkatkan kemampuan kognitif dan kesehatan mental. Spirulina juga telah terbukti dalam mencegah hilangnya memori dengan mengurangi kerusakan oksidatif.

7. Menjaga Kesehatan Otak

Mengkonsumsi spirulina juga dapat melindungi otak dari penyakit degeneratif seperti Alzheimer dan Parkinson. Sebuah studi membandingkan efek spirulina dengan makanan yang mengandung antioksidan seperti bayam dan buah blueberry, yang dapat menyebabkan efek neuroprotektif karena kemampuannya dalam mengurangi peradangan dan menghilangkan radikal bebas.

Spirulina juga tidak hanya akan melindungi otak anda dari degenerasi, tetapi juga dapat mempertajam pikiran dan fokus. Beberapa temuan peneliti menunjukkan bahwa dengan menggunakan spirulina secara rutin dapat meningkatkan produktivitas dan kemampuan dalam bekerja.

8. Efektif Melawan Anemia

Dalam suatu penelitian yang dilakukan pada 40 orang lanjut usia, yang sebelumnya atau saat ini menderita anemia, membuktikan bahwa suplementasi spirulina dapat meningkatkan kadar hemoglobin sel darah merah. Namun, penelitian lebih lanjut perlu dilakukan untuk mendukung temuan ini.

9. Membantu Menurunkan Berat Badan

Spirulina memiliki kandungan protein dan serat yang cukup tinggi, sehingga dapat membuat anda merasa kenyang lebih lama. Namun, pastikan bahwa anda mengkombinasikannya dengan diet yang konsisten dan seimbang dalam program penurunan berat badan, disertai dengan olahraga yang teratur untuk mendapatkan hasil yang optimal.

10. Meringankan Gejala Premenstrual syndrome (PMS)

Menurut beberapa ahli, spirulina memiliki beberapa manfaat dalam mengurangi gejala PMS. Beberapa gejala ini seperti kelelahan, kram, kembung, dan khususnya perubahan suasana hati.

11. Mempertahankan Kesehatan Tulang

Spirulina memiliki tingkat kalsium yang cukup tinggi sehingga baik untuk tulang. Beberapa mengklaim bahwa spirulina bahkan dapat digunakan sebagai pengganti susu, atau produk susu lainnya.


Perhatian dan Efek Samping Spirulina

Pastikan bahwa spirulina terbebas dari kontaminasi. Menurut WebMD, spirulina yang telah terkontaminasi dapat menyebabkan sakit perut, mual, muntah, haus, denyut jantung yang cepat, bahkan dapat menyebabkan kematian.

Beberapa sumber menyatakan bahwa ibu hamil dan anak anak sebaiknya tidak mengkonsumsi ganggang spirulina. Oleh karena itu, berkonsultasi dengan yang ahli merupakan langkah yang tepat untuk mengetahui apakah boleh mengkonsumsi spirulina atau tidak.


Melalui artikel ini, dapat diketahui bahwa spirulina memiliki banyak manfaat, terkhususnya manfaat spirulina untuk kesehatan. Baca artikel sebelumnya, yaitu Manfaat Teh Kayu Manis serta kunjungi selalu situs khasiatsehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Referensi artikel khasiat spirulina untuk kesehatan :

www.well-beingsecrets.com/spirulina-benefits/#Precautions_and_Issues_to_Be_Aware_of

authoritynutrition.com/10-proven-benefits-of-spirulina/

draxe.com/spirulina-benefits/

wellnessmama.com/4738/spirulina-benefits/

One Comment