17 Khasiat Jamur Tiram untuk Kesehatan

Jamur tiram merupakan salah satu jenis jamur liar yang sering digunakan sebagai bahan makanan dalam kehidupan masyarakat Indonesia. Disamping hal tersebut, jamur ini memiliki beragam kandungan gizi sehingga membuatnya sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Lalu apa saja manfaat jamur tiram untuk kesehatan? Berikut ulasannya.

Manfaat Jamur Tiram
Gambar jamur tiram via birdbody.blogspot.com

Jamur tiram (oyster mushroom) yang memiliki nama latin Pleurotus ostreatus ini memiliki ciri berwarna putih dan terkadang berwarna krem yang lembut, serta memiliki ukuran yang cukup lebar dimana bagian tengahnya membentuk cekungan seperti kubangan.

Jamur tiram ini dapat diolah dengan cara ditumis, direbus (sup), digoreng, bahkan diolah menjadi keripik jamur tiram. Dengan begitu Anda dapat menikmati jamur ini dengan rasa yang lezat, sekaligus memperoleh manfaatnya yang sangat baik untuk kesehatan.

Manfaat Jamur Tiram

Berikut 17 manfaat jamur tiram bagi kesehatan:

1. Menurunkan Kadar Kolesterol

Manfaat jamur tiram yang pertama adalah untuk menurunkan kadar kolesterol. Hal ini karena jamur tiram secara alami mengandung zat lovastatin. Dimana lovastatin merupakan salah satu jenis obat statin. Obat ini kerap digunakan untuk pada pengidap hiperkolesterolemia. Dengan obat statin, kadar kolesterol (lipid) dalam darah yang terlalu tinggi dapat dibantu untuk diturunkan.

2. Sebagai Obat Anti Tumor

Jamur tiram memiliki potensi untuk digunakan sebagai obat anti tumor. Hal ini dibuktikan pada penelitian terhadap tikus. Pada penelitian tersebut, tikus yang menderita tumor dapat memiliki usia hidup yang lebih panjang karena mengonsumsi jamur tiram. Meskipun begitu, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan efek tersebut pada manusia.

3. Sebagai Antijamur

Jamur tiram memiliki kandungan zat peptide, yang disebut pleurostrin, sehingga membuat jamur tiram itu sendiri bersifat antijamur. Terdapat suatu penelitian yang melakukan isolasi pada zat peptide ini dari jamur tiram dan menunjukkan adanya aktivitas yang menghalangi pertumbuhan beberapa jenis jamur, misalnya saja Fusaerium oxysporum, yaitu jenis jamur yang dapat menyebabkan infeksi pada manusia.

4. Sebagai Anti Alergi

Salah satu dari manfaat jamur tiram yang sudah pernah dibuktikan pada manusia yaitu pada anak-anak yang memiliki kondisi infeksi saluran pernapasan atas. Pada penelitian tersebut, khasiat jamur tiram menunjukkan efek anti alergi.

5. Menurunkan Kadar Gula Darah

Khasiat jamur tiram yang selanjutnya yaitu dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Terdapat suatu penelitian yang menunjukkan kemampuan jamur tiram dalam menurunkan kadar gula darah serta meningkatkan kadar hormon insulin pada penderita diabetes tipe 2. Meskipun begitu, efek tersebut masih membutuhkan pembuktian lebih lanjut.

6. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Jamur tiram memiliki kandungan vitamin C yang berperan penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu, jamur ini juga mengandung magnesium yang juga sangat baik untuk tubuh. Adanya kandungan tersebut membuat beberapa ahli merekomendasikan mengonsumsi tumbuhan ini secara teratur agar daya tahan tubuh tetap terjaga.

7. Sebagai Sumber Protein

Jamur tiram mengandung asam amino yang cukup lengkap. Oleh karena itu, protein pada jamur tiram kering dapat mencapai 10.5 – 30.4% yang berarti lebih tinggi dari beras yang hanya 7.3% dan gandum yaitu 13.2%. Bahkan, kandungan protein dalam jamur tiram dapat lebih tinggi dari pada susu sapi yang mencapai 25.2%.

8. Sebagai Antioksidan Alami

Khasiat jamur tiram juga sangat baik untuk untuk mencegah terjadinya efek radikal bebas yang dapat menyerang kesehatan tubuh. Hal ini dikarenakan jamur sehat ini mengandung antioksidan alami, sehingga dapat membantu dalam menjaga tubuh Anda.

9. Baik untuk Ibu Hamil

Bagi wanita hamil yang sedang membutuhkan asupan nutrisi yang lebih, Anda dapat mengkonsumsi jamur tiram. Dimana manfaat jamur tiram untuk ibu hamil yaitu dapat memberikan asupan nutrisi yang cukup dan dibutuhkan tubuh dalam sehari-hari agar tumbuh kembang janin semakin baik.

Artikel terkait: Manfaat Makan Jamur

Selain 9 manfaat dan khasiat jamur tiram untuk kesehatan yang telah disebutkan sebelumnya, masih terdapat berbagai manfaat lainnya dari jamur ini yang perlu Anda ketahui. Beberapa manfaat lainnya dari jamur tiram yaitu:

10. Menjaga Kesehatan Jantung

11. Membantu Menurunkan Tekanan Darah (Hipertensi)

12. Menurunkan Risiko Terkena Kanker Payudara

13. Menurunkan Risiko Terkena Kanker Prostat

14. Sebagai Anti Bakteri

15. Membantu Menurunkan Berat Badan

16. Menjaga Kesehatan Organ Hati

17. Mengatasi Infeksi


PERTIMBANGAN DALAM MENGONSUMSI JAMUR TIRAM

Pada dasarnya jamur tiram dapat memberikan berbagai manfaat yang luar biasa dalam bidang kesehatan. Meskipun begitu, Anda disarankan untuk tetap berhati-hati dalam menggunakan atau mengonsuminya, terutama jika Anda memiliki alergi atau memiliki sifat hipersensitif terhadap jamur ini.


Demikian artikel kesehatan mengenai berbagai manfaat jamur kuping untuk kesehatan. Semoga dapat bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda dalam menjalani pola hidup yang lebih sehat. Selain itu, baca artikel sebelumnya, yaitu Manfaat Jamur Kuping atau kembali ke halaman utama Khasiat Sehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Silahkan bagikan artikel ini melalui: