6 Khasiat Air Cucian Beras untuk Wajah

Air beras dipercaya bermanfaat untuk kecantikan, terkhususnya perawatan pada kulit wajah. Hal ini dikarenakan air beras mengandung berbagai nutrisi seperti vitamin B1, vitamin C, vitamin E, serta berbagai vitamin dan nutrisi lainnya yang dapat memberikan manfaat yang luar biasa bagi kesehatan kulit wajah. Lalu apa saja manfaat air beras untuk wajah? Berikut ulasannya.

Manfaat Air Beras untuk Wajah
Air beras via beautydesk.com

Air cucian beras dapat digunakan sebagai perawatan kulit wajah dengan cara yang relatif murah dan mudah jika dibandingkan dengan menggunakan produk kecantikan lainnya yang menggunakan bahan kimia, sehingga tidak menimbulkan efek samping. Menariknya lagi, Anda dapat langsung merasakan efek dari pemakaian air beras ini sesaat setelah digunakan.

Manfaat Air Beras untuk Wajah

Berikut 6 manfaat air beras untuk wajah:

1. Membersihkan Wajah

Manfaat air beras untuk wajah yang pertama adalah dapat digunakan sebagai pembersih wajah. Untuk penggunaannya pun cukup mudah, Anda hanya perlu menggunakan bola kapas yang celupkan ke dalam air cucian beras, lalu pijat ke permukaan wajah dengan gerakan memutar. Biarkan hingga air beras mengering, lalu bilas wajah Anda hingga bersih.

2. Membuat Wajah Tampak Lebih Bercahaya

Air beras yang digunakan untuk mencuci wajah dapat mencerahkan dan mencegah timbulnya berbagai masalah kulit wajah. Hal ini dikarenakan air beras mengandung nutrisi penting dan protein yang dapat meningkatkan produksi kolagen pada kulit.

3. Mencegah dan Mengatasi Jerawat

Manfaat air cucian beras yang selanjutnya yaitu dapat digunakan untuk mengatasi jerawat. Hal ini dikarenakan air cucian beras dapat membantu mengencangkan pori-pori, yang selanjutnya dapat mencegah kemungkinan timbulnya jerawat pada wajah.

4. Mengatasi Minyak Berlebih

Air cucian beras juga dapat digunakan untuk mengatasi minyak berlebih. Untuk penggunaannya pun cukup mudah, Anda dapat membuat masker wajah dengan menggunakan air beras. Gunakan masker wajah air beras ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal, sehingga minyak di wajah Anda dapat berkurang.

5. Mengatasi Peradangan dan Kemerahan pada Wajah

Selain manfaat air beras yang telah disebutkan sebelumnya, air cucian beras juga dapat digunakan untuk mengobati kulit yang mengalami iritasi. Penggunaan air beras pada wajah dapat membantu mengatasi peradangan dan kemerahan pada wajah.

6. Mengobati Kulit Terbakar Akibat Paparan Sinar Matahari

Anda memiliki kemungkinan mengalami kulit terbakar jika terpapar sinar matahari terlalu lama jika tidak menggunakan tabir surya. Jika Anda mengalaminya, Anda dapat mengobatinya dengan cara mengoleskan air cucian beras pada bagian kulit yang terkena.

Artikel terkait: Manfaat Air Tajin untuk Kesehatan


Menggunakan Air Beras Sebagai Masker Wajah

Anda dapat membuat masker wajah dengan menggunakan air cucian beras secara mudah. Berikut langkah-langkah yang dapat Anda lakukan:

  1. Cucilah beras untuk menghilangkan debu dan kotoran, lalu buang airnya.
  2. Tambahkan air lagi pada beras yang telah dicuci sebelumnya.
  3. Aduklah, lalu diamkan selama selama semalam hingga terdapat endapan.
  4. Anda dapat menggunakan endapan tersebut untuk digunakan sebagai masker wajah.
  5. Jika sudah mengoleskan air beras pada wajah secara merata, diamkan selama kurang lebih 30 menit.
  6. Lalu bilas dengan air mengalir hingga bersih.
  7. Lakukan perawatan dengan menggunakan masker air beras ini sebelum tidur secara rutin untuk mendapatkan hasil maksimal.

Melalui artikel ini, dapat diketahui bahwa air cucian beras memiliki banyak manfaat, terkhususnya manfaat air beras untuk wajah yang dibahas kali ini. Semoga dapat bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda dalam menjalani pola hidup yang lebih sehat. Selain itu, baca artikel sebelumnya, yaitu Manfaat Kunyit Putih atau kembali ke halaman utama Khasiat Sehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.