12 Manfaat Buah Pir untuk Ibu Hamil

Buah pir, disebut juga sebagai buah pear, merupakan salah satu jenis buah yang baik untuk ibu hamil. Hal ini dikarenakan selain rendah kalori, buah ini juga mengandung beberapa nutrisi penting yang sangat baik untuk menjaga kesehatan ibu hamil dan janinnya. Lalu apa saja manfaat buah pir untuk ibu hamil? Berikut ulasannya.

Manfaat Buah Pir untuk Ibu Hamil
Gambar buah pir via brendid.com

Buah yang memiliki warna hijau atau jenis yang berwarna kuning ini mengandung banyak air, serat, antioksidan, dan nutrisi lain, seperti vitamin B9, vitamin K, vitamin C, dan vitamin A yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Selain itu, buah ini juga mengandung kalsium, tembaga, seng, besi, kalium, fosfor, pektin, serat, dan sulfur.

Manfaat Buah Pir untuk Ibu Hamil

Mengonsumsi buah-buahan dan sayuran dari semua jenis sudah lama dikaitkan dengan penurunan risiko berbagai kondisi kesehatan yang merugikan. Tak terkecuali konsumsi buah pir. Berikut 12 manfaat buah pir untuk ibu hamil:

1. Menjaga Kesehatan Kulit

Manfaat buah ibu pir untuk ibu hamil yang pertama yaitu dapat membantu menjaga kesehatan kulit. Karena seperti yang Anda ketahui bahwa ibu hamil sering mengalami masalah kulit kering dan kusam akibat pengaruh hormone kehamilan. Buah pir mengandung humektan alami yang dapat membantu menyeimbangkan kandungan air dalam tubuh sehingga mempertahankan kelembaban kulit.

2. Mengontrol Tekanan Darah

Kandungan mineral seperti kalium yang terdapat dalam buah pir dapat bermanfaat untuk mencegah detak jantung yang tak beraturan. Selain itu, buah pir juga memiliki kandungan glutathione dan antioksidan yang berperan penting dalam mengontrol tekanan darah.

3. Menjaga Berat Badan Ideal

Mengonsumsi buah pir sangat berguna untuk menjaga berat badan ideal selama kehamilan. Hal ini karena dalam satu buah pir hanya mengandung 100 kalori serta adanya kandungan karbohidrat sederhana yaitu fruktosa dan glukosa yang mudah dicerna dan diubah menjadi energi.

4. Menangkal Radikal Bebas

Buah pir mengandung antioksidan kuat yang berfungsi untuk menangkal radikal bebas. Radikal bebas ini sangat berbahaya untuk ibu hamil beserta janin dalam kandungannya karena dapat memicu penyakit kanker. Oleh karena itu, mengonsumsi buah pir sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil.

5. Mencegah Sembelit

Buah pir mengandung banyak serat yang sangat baik untuk memperlancar sistem pencernaan. Terutama bagi ibu hamil, masalah pencernaan seperti sembelit merupakan hal yang paling umum terjadi. Disarankan untuk makan buah pir bersama kulitnya untuk memperoleh serat yang lebih banyak.

6. Kaya akan Vitamin C

Sebuah pir dapat mengandung sekitar 7 mg vitamin C. Dimana jumlah tersebut dapat memenuhi 11% kebutuhan vitamin C bagi ibu hamil. Perlu Anda ketahui bahwa vitamin C dapat membantu menangkal berbagai kuman dan infeksi penyebab penyakit.

7. Kaya akan Asam Folat

Kandungan asam folat dalam buah pir sangat berguna bagi ibu hamil, terutama untuk usia kandungan trimester pertama. Asam folat ini dapat bermanfaat untuk mencegah gangguan saraf atau risiko bayi terlahir cacat. Oleh karena itu, disarankan mengonsumsi makanan yang banyak mengandung asam folat, misalnya saja buah pir ini.

8. Mendukung Pertumbuhan Tulang dan Gigi Pada Janin

Manfaat buah pir bagi ibu hamil selanjutnya yaitu sebagai penunjang untuk pertumbuhan tulang dan gigi pada janin dalam kandungan. Hal ini dikarenakan adanya kandungan mineral seperti kalsium dan magnesium dalam buah pir yang berperan dalam fungsi tersebut.

Artikel terkait: Buah yang Baik untuk Ibu Hamil

Selain 8 manfaat dan khasiat buah pir untuk ibu hamil yang telah disebutkan sebelumnya, buah ini masih memiliki beragam manfaat lainnya yang perlu Anda ketahui. Berikut beberapa manfaat lainnya dari buah pir bagi para ibu hamil:

9. Membantu Mengeluarkan Racun dari Dalam Tubuh

10. Mendukung Proses Regenerasi

11. Menjadi Alternatif Sumber Gula yang Alami

12. Mencegah Anemia


PERTIMBANGAN SEBELUM MENGONSUMSI BUAH PIR

Agar Anda dapat memperoleh manfaat kesehatan dari buah ini, tentu perlu memperhatikan beberapa hal agar tidak menimbulkan masalah di kemudian hari. Misalnya saja jangan lupa mencuci terlebih dahulu buah sebelum makan. Hal ini karena bakteri dan mikroba yang terdapat di permukaan pir yang tidak higienis dapat menyebabkan beberapa penyakit.

Baca juga: Manfaat Susu Kedelai untuk Ibu Hamil

Demikian artikel kesehatan mengenai berbagai manfaat buah pir untuk ibu hamil. Semoga dapat bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda dalam menjalani pola hidup yang lebih sehat. Selain itu, baca artikel sebelumnya, yaitu manfaat minum air hangat atau kembali ke halaman utama Khasiat Sehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Silahkan bagikan artikel ini melalui:
One Comment