10 Khasiat Buah Belimbing Untuk Kesehatan

Belimbing ketika matang akan berwarna kuning kehijauan serta memiliki bentuk unik, yaitu akan membentuk seperti bintang ketika dipotong. Buah belimbing memiliki rasa manis dan sedikit asam yang bisa dikonsumsi secara langsung, dibuat jus belimbing, maupun sebagai tambahan bumbu masakan. Buah ini mengandung vitamin C yang cukup tinggi, yang dapat memberikan manfaat, tak terkecuali manfaat buah belimbing untuk kesehatan.

10 Khasiat dan Manfaat Buah Belimbing Untuk Kesehatan - Khasiat Sehat

Manfaat Buah Belimbing Untuk Kesehatan

Khasiat antioksidan dan kandungan flavonoid membuat buah belimbing dapat melawan kondisi seperti kanker dan peradangan secara efektif. Serat dapat membantu dalam memperoleh pencernaan yang sehat dan mencegah kanker usus besar. Serta masih banyak manfaat lain yang akan dijelaskan sebagai berikut:

1. Sebagai Antikanker

Radikal bebas dan agen karsinogenik dalam tubuh dapat menyebabkan kerusakan sel yang menyebabkan kanker. Buah belimbing memiliki kandungan tinggi akan antioksidan yang dapat membantu membersihkan tubuh dengan menetralisir radikal bebas sebelum mereka menyebabkan terlalu banyak kerusakan.

Kandungan serat yang tinggi dalam belimbing juga dapat membersihkan racun yang disimpan dalam usus besar dan menurunkan risiko mengembangkan kanker usus besar.

2. Sebagai Anti Inflamasi

Belimbing memiliki jumlah tinggi akan antioksidan dan flavonoid yang bermanfaat untuk melindungi dari peradangan yang disebabkan oleh radikal bebas yang dapat menyebabkan keterlambatan perbaikan jaringan.

Vitamin C mendorong keluar racun dan membantu dalam sintesis kolagen yang merupakan komponen penting untuk memperbaiki dan membentuk tulang, arteri dan pembuluh darah. Hal ini sangat penting untuk penyembuhan tubuh dan menenangkan kerusakan yang disebabkan pada tingkat sel dan jaringan.

3. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Belimbing mengandung vitamin C yang tinggi, yang dianggap sebagai antioksidan terbaik untuk tubuh. Vitamin C meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk membantu menangkal pilek, flu dan infeksi lainnya.

Antioksidan meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dengan cara mengendalikan racun dan radikal bebas yang menyerang tubuh, yang bisa disebabkan karena lingkungan, metabolisme internal dan juga sumber makanan yang dikonsumsi.

4. Membantu Menurunkan Berat Badan

Belimbing merupakan buah-buahan yang rendah lemak, memiliki kandungan air yang tinggi, serta mengandung mineral dan serat yang tinggi. Tingginya kandungan serat dapat membuat anda merasa kenyang lebih lama dan menjaga dari makan makanan yang berlebih sehingga dapat membantu diet anda dalam menurunkan berat badan. Kandungan air yang tinggi juga dapat membuat anda terhidrasi dengan baik.

5. Melancarkan Sistem Pencernaan

Belimbing memiliki cukup banyak serat. Dimana serat dapat merangsang gerak peristaltik dan meningkatkan sekresi asam lambung, yang akan memudahkan pencernaan, dan dapat mencegah sembelit, serta dapat melindungi tubuh dari kondisi yang lebih serius seperti kanker kolorektal.

6. Meningkatkan Kualitas Tidur

Buah belimbing dikenal dapat membantu meningkatkan kualitas tidur dengan kadar tinggi akan magnesiumnya, yang merupakan mineral yang secara langsung terkait dengan peningkatan kualitas, durasi, serta ketenangan ketika tidur. Belimbing juga membantu mengatur metabolisme, yang dapat membantu mengurangi gangguan tidur dan insomnia.

7. Menjaga Tekanan Darah

Belimbing mengandung nutrisi seperti kalium dan natrium yang memiliki peran dalam menjaga tekanan darah. Kandungan serat pada buah belimbing juga sangat bermanfaat bagi sistem kardiovaskular. Dengan begitu, semuanya berhubungan dengan kesehatan jantung dan dapat mengoptimalkan fungsinya.

8. Kesehatan Rambut

Kandungan nutrisi pada buah belimbing dapat menjadi obat alami dalam mengatasi rambut rontok, karena merupakan sumber yang baik dari antioksidan dan vitamin C yang dapat membantu menunda proses penuaan alami.

Buah belimbing juga mengandung vitamin B kompleks, yaitu vitamin yang penting untuk pertumbuhan rambut dan membantu dalam menjaga rambut tetap kuat dan sehat.

9. Kesehatan Kulit

Dengan konsumsi buah belimbing secara langsung atau membuat masker dan diterapkan pada wajah dapat mengatasi kulit berjerawat maupun kulit berminyak.

10. Meningkatkan Produksi ASI

Beberapa wanita, terutama ibu-ibu kadang mengalami kesulitan memproduksi cukup susu untuk menyusui bayi mereka yang baru lahir. Daripada mengkonsumsi pil hormonal, buah belimbing memiliki sifat yang dapat membantu untuk meningkatkan produksi susu secara alami.


Melalui artikel ini, dapat diketahui bahwa buah belimbing memiliki banyak manfaat, terkhususnya manfaat buah belimbing untuk kesehatan. Baca artikel sebelumnya berjudul 10 Khasiat Terong Untuk Kesehatan serta kunjungi selalu situs khasiatsehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Silahkan bagikan artikel ini melalui:
One Comment