9 Khasiat Teh Basi untuk Kesehatan Wajah

Teh merupakan salah satu jenis minuman yang paling populer di dunia dan dapat menjadi minuman alternatif bagi Anda yang tidak menyukai kopi. Minuman teh itu sendiri dapat memberikan banyak manfaat jika dikonsumsi secara wajah. Selain teh yang disajikan sebagai minuman, teh basi atau ampas teh juga menyimpan beragam manfaat yang baik untuk kesehatan wajah. Lalu apa saja manfaat teh basi untuk wajah? Berikut ulasannya.

Manfaat Teh Basi untuk Wajah
Kantung teh celup via www.smarthomekeeping.com

Sebelum membahas lebih lanjut, teh basi seringkali dianggap sebagai barang sisa lalu dibuang begitu saja. Padahal teh basi memiliki beberapa khasiat yang menakjubkan. Teh basi ini bisa berupa ampas dari bubuk teh, ataupun kantong teh celup yang di dalamnya berisi bubuk teh yang telah diseduh. Bagaimanapun bentuknya, teh basi ini dapat Anda gunakan untuk menjaga kesehatan kulit wajah Anda, seperti yang akan dibahas berikut ini.

Manfaat Teh Basi untuk Wajah

Berikut 9 manfaat teh basi untuk wajah:

1. Mencerahkan Kulit Wajah

Pada dasarnya teh mengandung vitamin E, meskipun teh tersebut sudah basi namun kandungan vitamin E di dalamnya masih ada. Dimana kandungan vitamin ini dapat berfungsi untuk mencerahkan kulit wajah Anda. Untuk penggunaannya, Anda dapat menggunakan ampas teh yang telah didiaman selama selamanan sebagai masker wajah.

2. Menghaluskan Kulit Wajah

Manfaat teh basi untuk wajah yang selanjutnya yaitu dapat digunakan untuk menghaluskan kulit wajah. Cara penggunaannya yaitu menggunakan teh yang telah dibiarkan semalaman untuk digunakan mencuci permukaan muka atau wajah di pagi hari, setelah bangun tidur.

3. Mengencangkan Kulit Wajah

Tidak hanya dapat digunakan untuk menghaluskan kulit wajah, teh basi yang Anda gunakan untuk mencuci muka secara teratur juga dapat memberikan manfaat membuat wajah menjadi lebih elastis, lebih kencang, dan terlihat lebih awet muda.

4. Mengatasi Jerawat

Seperti yang telah Anda ketahui bahwa jerawat merupakan salah satu masalah di kulit wajah yang dianggap begitu menyebalkan karena dapat mengganggu penampilan Anda. Salah satu cara untuk mengatasi jerawat adalah dengan menggunakan teh yang basi, yaitu dengan menempelkan kantung teh celup yang telah direndam semalaman di atas permukaan wajah yang terkena jerawat, lalu diamkan sekitar 10 menit dan bilas dengan air hangat.

5. Mengatasi Komedo

Tidak hanya jerawat, komedo yang membandel juga dapat menjadi masalah pada wajah yang menyebalkan. Namun Anda dapat mengatasinya dengan memanfaatkan khasiat teh basi. Anda dapat menghaluskan ampas teh dengan campuran sedikit madu. Lalu gosokkan secara perlahan dan lembut pada permukaan kulit wajah Anda selama sekitar 10 menit dan bilas dengna air bersih.

6. Dapat Digunakan Sebagai Tabir Surya

Teh basi dapat bekerja secara optimal saat digunakan sebagai tabir surya untuk melindungi kulit Anda dari pengaruh buruh akibat paparan sinar UV. Untuk penggunaannya, Anda dapat membasuh kulit wajah Anda sebelum memulai aktivitas dengan menggunakan teh basi.

7. Membantu Menghilangkan Mata Panda

Mata panda merupakan suatu kondisi dimana kantung mata Anda berwarna hitam dan bisa disebabkan karena beberapa faktor. Kondisi tersebut tentu dapat mengganggu penampilan Anda. Untuk penggunaannya yaitu dengan cara membasuh daerah mata Anda dengan menggunakan teh basi yang telah dilarutkan ke dalam air. Lalu keringkan dengan kain halus.

8. Menyejukkan Kulit

Manfaat teh basi yang selanjutnya yaitu dapat digunakan sebagai penyejuk kulit. Hal ini dikarenakan kandungan anti inflamasi pada teh basi sangat efektif untuk membuat kulit menjadi lebih sejuk. Dengan begitu, kelembaban pada kulit Anda akan tetap terjaga.

9. Meredakan Kemerahan pada Kulit

Kemerehan pada kulit dapat terjadi karena gigitan serangga, kepanasan, alergi terhadap produk tertentu seperti kosmetik, ataupun terjadi iritasi pada kulit. Untuk mengatasi hal ini, Anda dapat menerapkan kantung teh celup pada area kulit yang mengalami kemerahan, lalu biarkan hingga mengering. Kemudian bilas dengan air bersih.

Artikel terkait: 


Pertimbangan dalam Menggunakan Teh Basi untuk Wajah

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal sebagai perawatan wajah, Anda perlu menggunakannya secara teratur dengan batasan 3 kali dalam seminggu. Penggunaan teh basi murni (tawar) akan lebih baik jika dibandingkan ketika dicampur dengan bahan lainnya seperti gula, madu, dan lainnya.

Jika Anda ingin menggunakan teh basi untuk merawat wajah, sebelum digunakan sebaiknya masukkan teh ke dalam tempat yang tertutup seperti box plastik atau teko agar teh tersebut tidak terkontaminasi dengan kuman, virus, bakteri, ataupun kotoran lainnya.


Demikian artikel kesehatan mengenai berbagai manfaat teh basi untuk wajah. Semoga dapat bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda dalam menjalani pola hidup yang lebih sehat. Selain itu, baca artikel sebelumnya, yaitu Manfaat Roti Gandum atau kembali ke halaman utama Khasiat Sehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Silahkan bagikan artikel ini melalui:
One Comment