7 Manfaat Susu Domba untuk Kesehatan

Susu domba merupakan salah satu jenis susu yang yang dihasilkan dari hewan domba. Meskipun jarang dikonsumsi secara luas oleh masyarakat Indonesia, siapa sangka bahwa susu domba ternyata mengandung sejumlah manfaat yang luar biasa bagi kesehatan manusia. Lalu apa saja manfaat susu domba untuk kesehatan? Berikut ulasannya.

manfaat susu domba
Gambar susu domba via foodsafetyhelpline.com

KANDUNGAN GIZI SUSU DOMBA

Setiap 100 gram susu domba setidaknya mengandung (northwalesbuffalo.co.uk/milk_analysis.htm):

  • Air 83 g
  • Protein 5.4 g
  • Lemak 6.0
  • Karbohidrat 5.1 g
  • Energi 95 kcal
  • Gula 4.9 g
  • Asam lemak tak jenuh tunggal 1.5 g
  • Kolesterol 11 mg
  • Kalsium 170 IU

MANFAAT SUSU DOMBA

Berikut 7 manfaat susu domba bagi kesehatan tubuh manusia:

1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Manfaat susu domba yang pertama yaitu dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Hal ini karena susu domba kaya akan berbagai mineral dan nutrisi, termasuk vitamin A dan vitamin E. Dimana vitamin A dan E bertindak sebagai antioksidan di dalam tubuh yang dapat menangkal radikal bebas, sehingga mencegah timbulnya berbagai macam penyakit kronis dan stres oksidatif.

2. Menjaga Kepadatan Tulang

Sama seperti beberapa jenis susu lainnya, susu domba juga mengandung senyawa seng, magnesium dan kalsium. Semua senyawa mineral tersebut sangat penting untuk meningkatkan kepadatan mineral tulang di dalam tubuh, sehingga dapat mencegah terjadinya osteoporosis seiring bertambahnya usia.

3. Menjaga Tekanan Darah Tetap Terkontrol

Susu domba dipercaya berperan baik bagi para penderita tekanan darah tinggi. Hal ini karena adanya kandungan asam amino yang dapat bertindak mirip dengan obat tekanan darah tinggi tertentu. Oleh karena itu, jika Anda ingin menjaga jantung tetap sehat, tidak ada salahnya untuk mengonsumsi susu domba secara rutin.

4. Mengurangi Risiko Terkena Kanker

Terdapat suatu penelitian yang menjelaskan bahwa susu domba mengandung nukleosida dan nukleotida. Dimana kedua senyawa tersebut berperan dalam meningkatkan pertumbuhan sel yang lebih baik dan mencegah stres oksidatif di seluruh tubuh. Dengan begitu penyebaran sel kanker dapat dicegah.

5. Menurunkan Kolesterol

Pada dasarnya susu domba mengandung lemak, namun jenisnya adalah lemak tak jenuh tunggal. Hal ini berarti dengan mengonsumsi susu domba dapat membantu Anda dalam menstabilkan kolesterol, penyakit kardiovaskular, serta beberapa jenis penyakit lainnya yang berkaitan dengan jantung.

6. Baik untuk Masa Pertumbuhan Anak-Anak

Susu domba diklaim mengandung protein yang lebih tinggi daripada susu sapi, susu kambing, dan susu kerbau. Hal ini tentu membuat susu domba sangat baik dikonsumsi oleh anak-anak, karena protein berperan penting dalam produksi jaringan, sel, dan materi tulang dalam tubuh.

7. Mengandung Asam Folat yang Cukup Tinggi

Susu domba ternyata mengandung asam folat yang cukup tinggi, yang tentu sangat baik dikonsumsi oleh para ibu hamil. Seperti yang Anda ketahui bahwa kekurangan asam folat dapat berdampak buruk bagi janin yang dikandung. Oleh karena itu, mengonsumsi susu domba dapat menjadi alternatif yang tepat untuk memenuhi asupan asam folat Anda.

Artikel terkait: Manfaat Susu Kambing

PERTIMBANGAN DALAM MENGONSUMSI SUSU DOMBA

Pada dasarnya susu domba dapat memberikan berbagai macam manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh manusia. Namun, disisi lain susu domba juga memiliki kadar lemak yang tinggi. Oleh karena itu, jika Anda menderita obesitas atau kondisi lain yang berkaitan dengan berat badan lainnya, mengonsumsi susu domba untuk dijadikan sumber utama nutrisi Anda mungkin bukan pilihan yang tepat.

Baca juga: Manfaat Susu Kedelai

Demikian artikel kesehatan mengenai beragam manfaat susu domba untuk kesehatan. Semoga dapat bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda dalam menjalani pola hidup yang lebih sehat. Selain itu, baca artikel sebelumnya, yaitu Manfaat Buah Siwalan atau kembali ke halaman utama Khasiat Sehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.