10 Khasiat Durian Untuk Kesehatan

Durian merupakan buah yang cukup populer di Asia Tenggara, khususnya di Indonesia dan mendapat sebutan ” raja buah ” atau ” fruit king “. Banyak orang menyukai buah durian karena keunikannya, mulai dari tekstur buah, kulit, hingga aroma buahnya yang khas. Tapi tidak sedikit pula yang tidak menyukai buah durian karena aromanya yang menyengat bisa membuat orang merasa mual. Dibalik keunikan buah durian tersebut, terkandung banyak manfaat didalamnya, tak terkecuali manfaat durian untuk kesehatan.

10 Khasiat dan Manfaat Durian Untuk Kesehatan - Khasiat Sehat

Manfaat Durian Untuk Kesehatan

Berbagai manfaat durian untuk kesehatan dijelaskan pada berikut ini.

1. Mencegah dan Mengobati Sembelit

Durian kaya akan serat, yaitu nutrisi penting yang dapat menyerap air dan makanan untuk kelancaran sistem pencernaan sehingga dapat membantu melancarkan buang air besar secara teratur. Selain itu, serat yang terkandung dalam durian juga dapat meningkatkan ukuran massa tinja sehingga efektif dalam mencegah dan mengobati sembelit.

2. Membantu Mencegah Anemia

Anemia tidak selalu disebabkan oleh kurangnya zat besi dalam tubuh. Defisiensi folat juga dapat menyebabkan jenis anemia yang disebut anemia pernisiosa. Folat, juga disebut vitamin B9, yang dibutuhkan untuk memproduksi sel darah merah. Dimana durian merupakan salah satu sumber akan vitamin B9.

3. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Durian mengandung vitamin C yang cukup tinggi. Vitamin C merupakan faktor penting dalam membuat kolagen, protein penting yang ditemukan dalam pembuluh darah, ligamen, tendon, tulang, dan kulit. Vitamin C memainkan peran penting dalam penyembuhan luka dan menjaga kesehatan kulit.

4. Menjaga Kesehatan Tulang

Durian juga kaya akan kalium. Ketika berbicara tentang kesehatan tulang, kebanyakan orang akan fokus terhadap kalsium. Namun, kalium juga merupakan nutrisi penting untuk tulang, jadi dengan konsumsi durian akan memberikan manfaat untuk kesehatan tulang.

5. Menjaga Tingkat Tekanan Darah

Durian merupakan sumber potasium yang baik yang diperlukan untuk menjaga kadar natrium dari tubuh manusia secara utuh, mengontrol tekanan darah, dan membantu mengatur detak jantung anda. Durian memiliki hal tersebut, sehingga bisa sangat membantu dalam menjaga kesehatan anda.

6. Mendorong Nafsu Makan

Buah durian juga kaya akan tiamin, yaitu vitamin B yang berperan dalam mendorong nafsu makan dan dapat membantu menghasilkan asam klorida dalam lambung untuk membantu pencernaan makanan.

7. Membantu Mencegah Depresi

Penelitian telah membuktikan bahwa rendahnya tingkat serotonin ternyata bisa memicu depresi. Buah durian secara alami kaya akan vitamin B6 yang penting untuk produksi serotonin. Oleh karena itu, asupan durian disarankan untuk meningkatkan tingkat serotonin sehingga dapat mengatasi depresi.

8. Mencegah Penuaan Dini

Konsumsi buah durian dapat meningkatkan kemampuan tubuh dalam menghilangkan radikal bebas, sehingga dapat mengurangi kemungkinan terjadi penuaan dini dan menunda munculnya gejala seperti keriput, bintik-bintik terkait usia, degenerasi makula, rambut rontok, dll.

9. Mencegah Insomnia

Buah durian mengandung tryptophan, yang memetabolisme menjadi serotonin dan melatonin. Serotonin memainkan peran penting dalam menginduksi perasasaan relaksasi dan kebahagiaan. Kelebihan serotonin kemudian akan melepaskan melatonin ke dalam aliran darah, yang berperan dalam induksi tidur. Jika anda menderita indomnia, cobalah makan beberapa potong durian ketika mencoba akan tidur untuk mengatasi insomnia.

10. Menjadi Sumber Energi Yang Baik

100 gr buah durian akan mencakup sekitar 20% dari kebutuhan harian anda akan karbohidrat. Hal ini membuat durian menjadi sumber yang kaya akan karbohidrat dan akan membantu anda dalam meningkatkan tingkat energi dalam tubuh anda.

Peringatan
Satu-satunya bahaya akan makan durian adalah kandungan lemak. Buah durian mengandung sekitar 3 kali lebih banyak lemak daripada kebanyakan buah-buahan lainnya, terkecuali alpukat. Pada umumnya lemak tersebut adalah lemak sehat, tapi lebih baik dihindari bagi orang-orang yang mengalami obesitas.


Melalui artikel ini, dapat diketahui bahwa buah durian memiliki banyak manfaat, terkhususnya manfaat durian untuk kesehatan. Baca artikel sebelumnya berjudul10 Khasiat Brokoli Untuk Kesehatanserta kunjungi selalu situskhasiatsehatuntuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

One Comment