11 Khasiat Daging Domba untuk Kesehatan

Manfaat daging domba untuk kesehatan yang diperoleh dari mengkonsumsi daging domba mungkin tidak banyak diketahui, tetapi daging domba dianggap memiliki banyak nutrisi. Domba adalah binatang yang masih satu keluarga dengan kambing. Meskipun daging domba dan daging kambing relatif sama, namun keduanya memiliki sedikit perbedaan.

Perbedaan yang paling terlihat adalah struktur daging. Daging kambing memiliki struktur yang tangguh dan keras, sedangkan daging domba lebih lembut dan empuk. Dilihat dari segi manfaat dan khasiatnya, daging domba dan daging kambing memiliki kesamaan. Hal ini karena keduanya memiliki nutrisi yang tidak jauh berbeda. Berikut artikel mengenai manfaat daging domba untuk kesehatan.

Asal Usul Daging Domba

Pada awal 10.000 tahun yang lalu di Asia Tengah, seorang pria menemukan bahwa domba tidak hanya menjadi sumber makanan makanan yang baik akan tetapi juga bisa dimanfaatkan sebagai pakaian tapi pakaian. Domba (Ovis aries) telah lama menjadi makanan pokok serta sumber tekstil di Asia, Eropa, Australia, dan Selandia Baru.

Pada abad ke-21 domba telah dimanfaatkan menjadi berbagai produk dari seperti daging, kulit, hingga susunya. Domba pertama kali dibawa ke Amerika Utara oleh tentara Spanyol di bawah komando Cortez di tahun 1519. Pengenalan domba ke sebagai hewan ternak komersial dimulai dari wilayah barat pada tahun 1800 yang menyebabkan banyak pertumpahan darah dan pembagian sosial. Pada awal 1900-an, perkembangan kulit domba sudah mulai banyak dimanfaatkan hingga menjadi barang yang langka dan berharga hingga saat ini.

11 Manfaat Daging Domba untuk Kesehatan - Khasiat Sehat

Manfaat Daging Domba

Berikut 11 manfaat daging domba untuk kesehatan :

1. Mencegah Kanker

Daging domba merupakan salah satu sumber zat besi, vitamin B, kolin dan selenium yang cukup tinggi. Kandungan kolin dan selenium dapat menangkal serangan kanker dalam organ tubuh kita. Selain itu, daging domba juga termasuk daging yang mengandung asam linoleat terkonjugasi (CLA). Dimana kandungan asam ini dapat mencegah peradangan yang menyebabkan kanker dan tumor ganas.

2. Menurunkan Berat Badan

Daging domba mengandung protein tinggi dan rendah lemak, sehingga akan membantu mengontrol berat badan dan mencegah obesitas. Daging domba juga mengandung vitamin B yang bermanfaat untuk membantu membakar kalori dan lemak. Selain itu mengkonsumsi daging domba juga dapat meningkatkan metabolisme tubuh kita.

3. Mencegah Anemia

Anemia atau kekurangan sel darah merah bisa terjadi karena zat besi dalam tubuh menurun. Kandungan zat besi dalam daging domba cukup tinggi, bahkan jauh lebih tinggi daripada kadar zat besi dalam telur.

4. Mencegah Cacat Lahir

Kandungan zat besi juga dapat mencegah cacat lahir. Hal ini terjadi karena kandungan zat besi dapat mencegah anemia pada bayi dan ibu hamil. Jadi pertumbuhan janin akan berjalan optimal. Manfaat daging domba untuk ibu hamil. Untuk ibu hamil bisa mengkonsumsi daging domba secara teratur mulai dari 3 bulan pertama kehamilan. Selain mencegah cacat lahir, daging domba juga dapat mengoptimalkan suplai darah dari ibu ke janin.

5. Mengurangi Rasa Sakit Saat Menstruasi

Biasanya, wanita yang mengalami haid akan merasakan sakit yang begitu besar. Rasa sakit sebenarnya wajar, mengingat ketika menstruasi maka zat besi dari tubuh akan banyak terbuang. Untuk memenuhi kandungan zat besi dan mengurangi rasa sakit, Anda bisa mengkonsumsi daging domba secara teratur. Dengan demikian, kebutuhan zat besi untuk tubuh dapat terpenuhi secara optimal.

6. Menjaga Kesehatan Kulit

Daging domba tidak hanya mengandung vitamin B, kolin dan selenium, tetapi juga mengandung vitamin B12 yang cukup tinggi. Menurut para ahli, vitamin B12 dapat membantu menjaga kesehatan kulit kita. Mulai dari menjaga kekencangan kulit, mengatasi dahak, menghilangkan bulu, dan banyak lagi.

7. Mencegah Autisme, Stres, dan Depresi

Daging domba mengandung omega 3 yang cukup tinggi dan vitamin B12 yang membantu mencegah autism pada anak-anak, karena salah nilai gizi domba mampu mengoptimalkan perkembangan sistem saraf pusat /otak pada anak-anak. Sementara kandungan vitamin B12 baik untuk menenangkan pikiran dan mengatasi stres /depresi.

8. Mencegah Stroke dan Penyakit Ginjal

Daging domba mengandung kalium yang tinggi dan mengandung sodium dan natrium yang rendah. Kalium membantu melarutkan natrium dan sodium dalam tubuh, dimana akumulasi natrium dan natrium biasanya menyebabkan stroke dan penyakit batu ginjal.

9. Sebagai Sumber Energi yang Cukup Besar

Lemak, protein, dan kalori dalam daging domba sangat tinggi. Zat ini akan membuat tubuh kita tetap bugar selama berkegiatan sehari-hari. Menariknya, kandungan protein tinggi dalam daging domba juga berguna untuk membantu mengendalikan berat badan secara optimal.

10. Menjaga Kesehatan Tulang

Daging domba mengandung kalsium yang dapat mengoptimalkan pertumbuhan tulang pada anak-anak dan mencegah osteoporosis pada orang dewasa. Selain itu, setiap 100 gram daging domba juga mengandung sebanyak 272 mg fosfor. Fosfor bermanfaat untuk mempertahankan kekuatan tulang dan gigi.

11. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Daging domba mengandung antioksidan yang cukup tinggi. Seperti yang kita semua tahu, kandungan antioksidan sangat baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dari berbagai jenis penyakit.


 Efek Samping Mengkonsumsi Daging Domba

Jika Anda mengkonsumsi daging domba yang berlebihan akan menyebabkan beberapa efek, seperti meningkatkan tekanan darah, kolesterol dan diabetes.

Daging domba yang memiliki kualitas baik, dikenal dengan warna pink merah, daging halus dengan lemak putih, dan tampilan yang lebih segar. Jika Anda menemukan daging domba selain seperti kriteria di atas, maka harap berhati-hati atau lebih baik tidak membelinya karena dapat berisiko menimbulkan masalah kesehatan.


Melalui artikel ini, dapat diketahui bahwa daging domba memiliki banyak manfaat, terkhususnya manfaat daging domba untuk kesehatan. Baca artikel sebelumnya, yaitu Manfaat Udang serta kunjungi selalu situs khasiatsehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Referensi artikel khasiat daging domba untuk kesehatan :

  • drhealthbenefits.com/food-bevarages/meats/benefits-of-lamb-meat
  • homecooking.about.com/od/foodhistory/a/lambhistory.htm
3 Comments