11 Khasiat Buah Rambutan untuk Kesehatan

Rambutan merupakan tanaman buah yang dikenal berasal dari Malaysia dan Indonesia. Buah ini menyerupai buah leci, kulitnya berwarna merah, dagingnya berwarna putih, dan memiliki bentuk oval . Meskipun dikenal asli Malaysia dan Indonesia, akan tetapi buah rambutan juga dapat ditemukan di seluruh Asia Tenggara. Berikut artikel mengenai manfaat buah rambutan untuk kesehatan.

Rambutan biasanya dikonsumsi sebagai hidangan penutup dengan hanya disajikan dalam keadaan mentah dan segar. Tetapi juga tidak jarang yang mencoba berbagai macam olahan buah rambutan, seperti untuk membuat manisan atau jelly karena buah rambuatan memiliki berbagai macam nutrisi. Berikut ini beberapa manfaat buah rambutan bagi kesehatan selain sebagai kuliner.

11 Manfaat Buah Rambutan untuk Kesehatan - Khasiat Sehat

Manfaat buah rambutan

Berikut 11 manfaat buah rambutan untuk kesehatan.

1. Meningkatkan Energi

Karbohidrat dan protein dari buah rambutan dapat membantu meningkatkan energi dan mencegah kembung. Rambutan juga kaya air, yang membantu untuk mendapatkan kembali energi yang hilang dan menghilangkan rasa haus.

2. Mencegah Kerusakan Akibat Radikal Bebas

Vitamin C dalam rambutan membantu dalam penyerapan mineral, besi dan tembaga. Hal ini akan melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

3. Pertumbuhan Sel Darah Putih dan Sel Darah Merah

Buah rambutan mengandung tembaga yang diperlukan untuk pertumbuhan sel darah putih dan sel darah merah. Selain itu, rambutan juga mengandung mangan yang dibutuhkan tubuh kita untuk memproduksi dan mengaktifkan enzim.

4. Menjaga Kesehatan Ginjal

Fosfor pada rambutan akan membantu menghilangkan limbah di ginjal dan sangat penting untuk pengembangan, perbaikan, dan pemeliharaan jaringan dan sel-sel tubuh.

5. Mengobati Anemia

Rambutan adalah sumber zat besi yang membantu untuk memperbaiki jumlah oksigen dalam tubuh dan mengontrol gejala akibat anemia, seperti pusing atau kelelahan.

6. Mengobati Penyakit Umum

Rambutan juga baik untuk mengobati penyakit umum seperti sakit kepala, sariawan dan disentri. Untuk sakit kepala, daun rambutan digunakan sebagai tapal pada candi. Hal ini akan menenangkan saraf dan mengurangi sakit kepala.

7. Menjaga Kesehatan Usus

Selain manfaat gizi, rambutan juga menawarkan fungsi terapi. Mengkonsumsi buah rambutan secara teratur juga dapat membantu dalam membunuh parasit di usus, mengurangi gejala diare dan demam.

8. Melembabkan Kulit

Rambutan membuat kulit menjadi lembut dan lentur. Kandungan air yang tinggi menghidrasi kulit Anda, sehingga akan meninggalkan lembut, halus dan kenyal. Karena kemampuannya untuk mengikat radikal bebas, rambutan juga akan melindungi tubuh Anda dari kerusakan oksidatif.

9. Melawan Kanker

Buah rambutan juga kaya akan antioksidan. Antioksidan inilah yang nantinya akan sangat berguna untuk mencegah timbulnya berbagai macam penyakit kanker. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh universitas di Malaysia bahwa rambutan bisa efektif melawan kanker. Kulit rambutan dan biji buah rambutan telah terbukti efektif melawan berbagai jenis kanker.

10. Memperkuat Tulang

Buah rambutan juga mengandung kalsium dan fosfor. Zat tersebut akan sangat berguna untuk meningkatkan kekuatan tulang sekaligus akan mencegah tulang dari kekeroposan.

11. Mengurangi Lemak Berlebih

Rambutan sangat efektif dalam mengurangi kadar lemak dalam tubuh manusia. Hal ini dikarenakan tingginya kandungan serat (2 g per 100 g buah) dan rendahnya kalori. Selain itu, rambutan juga memiliki kandungan air yang tinggi. Sehingga akan membantu dalam usaha penurunan berat badan yang diakibatkan oleh lemak berlebih dalam tubuh.


Efek Samping dari Konsumsi Rambutan

Rambutan memiliki rasa manis yang berasal dari kandungan gula. Kandungan gula ini akan berbahaya ketika buah terlalu matang, karena akan meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh dan berbahaya bagi orang yang menderita diabetes.

Bagi beberapa sebagian orang yang yang sangat sensitif terhadap makanan, agar berhati-hati dalam mengkonsumsi buah rambutan karena dapat menyebabkan alergi.


Melalui artikel ini, dapat diketahui bahwa buah rambutan memiliki banyak manfaat, terkhususnya manfaat buah rambutan untuk kesehatan. Baca artikel sebelumnya, yaitu Manfaat Jamur serta kunjungi selalu situs khasiatsehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Referensi artikel khasiat buah rambutan:

  • www.healthbenefitstimes.com/health-benefits-of-rambutan/
  • www.stylecraze.com/articles/amazing-health-benefits-of-rambutan/
  • listovative.com/top-15-health-benefits-and-uses-of-rambutan/
  • drhealthbenefits.com/food-bevarages/fruits/health-benefits-of-rambutan
2 Comments