Manfaat Daun Sirsak untuk Kolesterol

Kolesterol merupakan suatu senyawa metabolik yang banyak mengandung lemak, dimana senyawa ini sering dijumpai pada membran sel dan terdapat dalam plasma darah. Dan pada artikel kali ini, khasiatsehat.com akan membahas tentang manfaat daun sirsak untuk kolesterol. Simak ulasannya berikut ini.

Manfaat Daun Sirsak untuk Kolesterol
Gambar daun sirsak via balancemebeautiful.com

Pada dasarnya, kolesterol memiliki peran yang sangat penting bagi kesehatan tubuh. Kolesterol, atau dalam istilah medis disebut dengan nama lipoprotein ini dibawa masuk ke dalam darah oleh zat protein ketika Anda makan makanan yang biasa dikonsumsi. Disamping itu, kolesterol terbagi menjadi dua, yaitu:

Kolesterol Baik (HDL-High Denssity Lipoprotein)

Kolesterol baik merupakan jenis kolesterol yang berfungsi untuk mencegah terjadinya penyempitan pembuluh darah akibat lemak.

Kolesterol Jahat( LDL-Low Density Lipoprotein)

Kolesterol jahat merupakan jenis kolesterol yang menjadi penyebab utama pembentukan ateroma atau peyempitan darah akibat lemak.


BATAS KADAR KOLESTEROL NORMAL

Secara umum, tingkat kolesterol dalam tubuh yang normal yaitu berkisar antara 160 mg hingga 200 mg. Jika kadar kolesterol di dalam tubuh Anda lebih dari 200 mg, bahkan mencapai 500 mg, maka Anda dikategorikan sebagai seseorang yang memiliki kadar kolesterol tinggi.


LALU APA BAHAYA KOLESTEROL TINGGI?

Memiliki kadar kolesterol pada tubuh yang tinggi tentu saja merupakan hal yang berbahaya bagi kesehatan tubuh Anda. Dimana hal ini dapat menimbulkan beberapa dampak negatif, misalnya saja menimbulkan beberapa jenis penyakit kronis, mengurangi suplai oksigen yang menuju otak, hingga terjadinya penyumbatan pembuluh darah.


CARA MENGATASI KOLESTEROL TINGGI

Pada dasarnya terdapat berbagai hal yang dapat Anda lakukan untuk mencegah, mengatasi, serta menurunkan kolesterol dalam tubuh. Berikut beberapa hal yang perlu Anda lakukan agar dapat terhindar dari kolesterol tinggi:

  • Kurangi makan makanan yang banyak mengandung kolesterol.
  • Olahraga yang cukup.
  • Penuhi kebutuhan tubuh akan minum air putih.
  • Mengonsumsi daun sirsak.

MANFAAT DAUN SIRSAK UNTUK KOLESTEROL

Ya, daun sirsak dapat menjadi salah satu pengobatan alami untuk penurun kolesterol tinggi dalam tubuh Anda. Hal ini karena daun sirsak dipercaya mempunyai zat yang mengandung antioksidan tinggi bagi tubuh. Sehingga zat tersebut dapat membasmi zat-zat asing yang ada dalam tubuh dan metabolisme tubuh akan menjadi lebih lancar serta terasa lebih sehat.

Selain itu, manfaat kandungan daun sirsak untuk kolesterol memang benar terbukti alami. Karena antioksidan yang dihasilkan dari daun sirsak inilah akan membantu melawan kolesterol jahat pada tubuh. Dengan begitu, maka kandungan kolestrol di dalam tubuh bisa lebih terkontrol dan tubuh tidak akan mengalami kelebihan kolestrol.


MENGOLAH DAUN SIRSAK UNTUK MENURUNKAN KOLESTEROL

Terdapat dua langkah yang perlu Anda lakukan sebelum mulai menggunakan daun sirsak untuk menurunkan kolesterol dalam tubuh Anda.

Cara Memilih Daun Sirsak

Untuk memperoleh kualitas daun sirsak yang baik, sehingga dapat digunakan untuk hasil yang lebih optimal. Perhatikan hal-hal berikut ini:

  • Pilihlah daun sirsak yang masih segar.
  • Daunnya tidak terlalu tua atau tidak terlalu muda.
  • Petiklah daun sirsak pada pagi hari sebelum matahari terbit.

Cara Merebus Daun Sirsak

Berikut beberapa langkah yang dapat Anda ikuti dalam membuat ramuan daun sirsak untuk menurunkan kolesterol tinggi:

  1. Siapkan 5 lembar daun sirsak.
  2. Cuci daun sirsak dengan air mengalir hingga bersih.
  3. Rebus daun sirsak dengan segelas air sampai airnya mendidih.
  4. Biarkan hingga air rebusan daun sirsak tersisa setengahnya, lalu tuangkan ke dalam gelas.
  5. Biarkan hingga suhu airnya menjadi hangat.
  6. Minumlah air rebusan daun sirsak tersebut sebanyak dua kali sehari.

Artikel terkait: Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan

Demikian artikel kesehatan mengenai beragam manfaat daun sirsak untuk kolesterol. Semoga dapat bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda dalam menjalani pola hidup yang lebih sehat. Selain itu, baca artikel sebelumnya, yaitu Manfaat Vitamin B atau kembali ke halaman utama Khasiat Sehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.