15 Khasiat Udang untuk Kesehatan

Udang merupakan salah satu dari sekitar 2.000 spesies subordo Natantia (urutan Decapoda dari kelas Crustacea). Udang memiliki tubuh semitransparan dari sisi ke sisi dan memiliki ekor seperti kipas. Udang memiliki ukuran rata-rata sekitar 4 cm sampai 8 cm. Berikut ini artikel mengenai manfaat udang bagi kesehatan.

Udang berenang mundur dengan cepat dengan meregangkan perut dan ekornya. Makanan mereka sebagian besar terdiri dari tanaman kecil dan hewan, meskipun beberapa udang memakan bangkai. Udang betina dapat bertelur dari 1.500 hinga 14.000 telur yang melekat pada kakinya. Udang tidak hanya bergizi, tetapi juga populer sebagai makanan pembuka, salad dan tentunya sebagai menu utama.

Asal Usul Udang

Sejarah kata udang berasal dari bahasa Inggris yang artinya ‘kerdil’. Pada abad ke-7 udang merupakan makanan yang dikonsumsi untuk melengkapi menu makanan di Cina, hingga hari ini pun aneka masakan udang juga masih populer di Cina. Pada tahun 1280, Marco Polo berkomentar tentang banyaknya makanan laut di pasar Cina, termasuk udang.

Panen udang kembali berlangsung pada abad ke-17, dimana warga Louisiana (negara bagian AS) menebar pukat hingga sepanjang 2.000 kaki di Bayou untuk dapat menikmati kelezatan udang. Hari ini, budidaya udang dan panen udang di AS lebih dari 650 juta pound setahun, melebihi negara-negara lain.

15 Manfaat Udang untuk Kesehatan - Khasiat Sehat

Manfaat Udang

Berikut 15 manfaat udang untuk kesehatan :

1. Menjaga Kesehatan Kulit, Rambut, dan Kuku

Protein dalam udang bermanfaat untuk membantu menjaga kesehatan dan pertumbuhan rambut, kulit, dan kuku.

2. Mencegah Anemia

Udang memiliki vitamin 21% vitamin B12. Vitamin ini berfungsi sebagai nutrisi pendukung untuk memproduksi sel-sel darah merah dan mencegah anemia.

3. Meningkatkan Energi

Udang kaya akan zat besi yang bermanfaat untuk meningkatkan energi. Selain itu, niacin (vitamin B3) pada udang dapat memproses lemak, karbohidrat, dan protein dalam tubuh kita menjadi energy, sehingga mengkonsumsi udang secara teratur akan meningkatkan kinerja kita sehari-hari.

4. Mengurangi Depresi

Kandungan asam lemak esensial dan omega 3 dapat memberikan perlindungan yang kuat terhadap depresi dan memperbaiki suasana hati.

5. Mengurangi Resiko Hypothyroid

Udang juga mengandung sejumlah tembaga tambahan yang bermanfaat bagi tubuh, karena apabila tubuh kekurangan asupan tembaga dapat menyebabkan hypothyroid. Hypothyroidism adalah kerusakan kelenjar tiroid di mana kelenjar berhenti memproduksi jumlah normal hormon.

6. Mencegah Penuaan Dini

Udang mengandung karotenoid yang disebut sebagai astaxanthin yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit dan mencegah dari penuaan dini.

7. Kesehatan Tulang

Kalsium dan fosfor adalah dua zat yang bekerja sama untuk membentuk tulang dan gigi yang kuat. Disarankan untuk mengkonsumsi udang dengan kulitnya karena mengandung glukosamin yang bermanfaat untuk membentuk tulang rawan. Bagi wanita menopause, mengkonsumsi udang secara rutin akan menurunkan risiko menderita arthritis.

8. Menyeimbangkan Hormon

Aspek yang paling penting dari mengkonsumsi udang adalah fungsinya untuk menyeimbangkan hormon dalam tubuh kita terutama jika kita gemar melakukan olahraga. Udang mengandung banyak protein yang bermanfaat untuk memproduksi hormon dan menyeimbangkan jumlah hormon dalam tubuh kita.

9. Mencegah Kanker

Dalam beberapa hasil penelitian, selenium dalam udang dapat diserap dengan baik oleh tubuh kita sehingga kanker dapat dicegah dengan mengkonsumsi udang. Selenium merupakan mineral yang dapat mencegah pertumbuhan sel kanker.

10. Mengatur Nafsu Makan

Jika seseorang kehilangan selera makan, maka disarankan untuk mengkonsumsi udang karena di dalam udang terdapat zat peptida yang dapat dapat memicu pelepasan hormon nafsu makan, seperti hormon cholecystokinin. Hormon cholecystokinin dapat mengatur nafsu makan seseorang, sehingga nafsu makan dapat kembali dengan mengkonsumsi udang.

11. Membantu Aktivitas Kelenjar Thyroid

Udang mengandung yodium yang dapat menjaga kesehatan kelenjar thyroid. Kelenjar thyroid ini sangat penting untuk mengelola metabolisme tubuh. Bagi wanita hamil, yodium juga penting untuk mendukung kerja otak calon bayi.

12. Menjaga Kesehatan Mata

Udang mengandung astaxanthin yang juga bermanfaat untuk mengurangi efek buruk dari sinar matahari terhadap mata atau menjaga mata dari radiasi.

13. Mengurangi Berat Badan

Udang mengandung karbohidrat, protein, lemak, seng, dan magnesium. Zat-zat ini sangat bermanfaat bagi tubuh kita. Seng dan magnesium dapat meningkatkan tingkat hormon leptin dalam tubuh yang membantu tubuh kita untuk mengontrol nafsu makan dan meningkatkan energi.

14. Menjaga Kesehatan Sel Darah

Udang mengandung selenium yang berguna untuk kesehatan sel-sel darah. Selenium juga dapat menyerang beberapa bentuk peradangan yang dapat menyebabkan kanker dan penyakit kronis lainnya.

15. Menjaga Kesehatan Otak

Udang mengandung zat besi yang penting untuk otak kita. Ketika darah kita mengalir dengan baik, hal tersebut juga akan mendukung tersalurnya oksigen ke seluruh bagian otak kita. Sehingga, mengkonsumsi udang dapat bermanfaat bagi kecerdasan otak.


Efek Samping Mengkonsumsi Udang

Terlalu banyak mengkonsumsi udang dapat meningkatkan risiko keracunan merkuri karena udang juga mengandung merkuri.

Udang juga mengandung purin yang mereka dapat menyebabkan asam urat dan gagal ginjal apabila dikonsumsi secara berlebihan.

Udang dapat berpotensi menyebabkan alergi. Sebagian orang kerap mengalami alergi ketika mengkonsumsi seafood terutama udang. Reaksi alergi yang ditimbulkan udang, yaitu adanya ruam pada kulit, gatal, mual, muntah, dan sakit kepala.

Terlalu banyak mengkonsumsi udang juga bisa meningkatkan kolesterol sehingga bagi penderita hipertensi, stroke, dan penyakit jantung disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu kepada ahli medis sebelum mengkonsumsi udang.


Melalui artikel ini, dapat diketahui bahwa udang memiliki banyak manfaat, terkhususnya manfaat udang untuk kesehatan. Baca artikel sebelumnya, yaitu Manfaat Lobster serta kunjungi selalu situs khasiatsehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Referensi artikel khasiat udang untuk kesehatan :

  • drhealthbenefits.com/food-bevarages/food/seafood/health-benefits-of-shrimp
  • www.britannica.com/animal/shrimp-crustacean
  • homecooking.about.com/od/foodhistory/a/shrimphistory.htm
One Comment