11 Khasiat Jogging untuk Kesehatan

Jogging merupakan salah satu kegiatan atau aktivitas yang paling populer yang dapat dilakukan oleh pria dan wanita. Jogging dapat dilakukan di pagi hari, siang hari, sore hari, maupun malam hari. Terlepas dari hal tersebut, jogging juga dapat memberikan manfaat kesehatan yang dapat meningkatkan kinerja tubuh secara keseluruhan. Berikut artikel mengenai manfaat jogging untuk kesehatan.

Manfaat Jogging

Perbedaan Jogging dengan Lari

Perbedaan mendasar antara jogging dan berlari adalah intensitas-nya. Berlari yaitu aktivitas yang lebih cepat, menggunakan lebih banyak kalori, serta menuntut kerja jantung, paru-paru, dan otot yang lebih besar jika dibandingkan dengan olahraga jogging. Baca juga : Manfaat Olahraga

Manfaat Jogging

Berikut 11 manfaat jogging bagi kesehatan :

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat jogging yang pertama adalah dapat membantu Anda dalam mengurangi risiko yang terkait dengan berbagai penyakit. Diantaranya adalah penyakit jantung, dimana jogging dapat membantu menjaga tekanan darah tetap stabil dan menjaga kesehatan jantung Anda.

2. Membantu Mencegah Risiko Kanker

Beberapa peneliti setuju bahwa jogging dapat membantu dalam pencegahan beberapa jenis kanker. Hal ini dikaitkan dengan oksigenasi yang lebih baik pada seluruh tubuh saat Anda melakukan jogging. Olahraga jogging dapat meningkatkan suplai oksigen ke seluruh bagian tubuh, yang dapat membantu mencegah beberapa jenis kanker.

3. Membantu Mengontrol dan Mencegah Diabetes

Jogging dapat membantu mengendalikan dan mencegah diabetes. Gaya hidup yang tidak sehat dan kelebihan berat badan telah terbukti secara langsung dapat meningkatkan risiko terkena diabetes. Hal tersebut dapat dicegah dengan melakukan jogging dan menerapkan gaya hidup sehat.

4. Menjaga Kesehatan Mental

Jogging juga bermanfaat bagi kesehatan mental Anda, yang terkait dengan memberikan rasa pecaya diri dan harga diri yang lebih baik. Selain itu, dengan melakukan jogging juga dapat membantu melepaskan hormon endorfin, yaitu senyawa kimia yang dapat memicu perasaan senang, tenang, maupun bahagia.

5. Membuat Tulang menjadi Lebih Kuat

Melakukan latihan seperti berjalan kaki, jogging, dan angkat beban dapat merangsang peningkatan kepadatan mineral tulang. Yang kemudian dapat membuat tulang menjadi lebih kuat dan menurunkan risiko terjadinya patah tulang, retak, dan bengkok.

6. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Terdapat sejumlah penelitian yang menghubungkan kaitan olahraga yang teratur dengan sistem kekebalan tubuh yang lebih baik. Alasan yang pertama, melakukan olahraga secara rutin dapat merangsang produksi limfosit (sel darah putih) dan makrofag (sel yang menyerang bakteri)

Alasan yang kedua, dengan melakukan latihan yang konsisten diyakini dapat membuat sel-sel sistem kekebalan tubuh dapat beredar melalui tubuh secara lebih cepat, dan juga membuatnya menjadi lebih efisien dalam melawan bakteri dan virus penyebab penyakit.

7. Memperbaiki Kualitas Tidur

Salah satu manfaat dari jogging adalah dapat membantu Anda mendapat tidur yang lebih nyenyak. Menurut freefitnesstips, latihan kardiovaskular seperti jogging, terutama olahraga jogging pagi, dapat membantu Anda memperbaiki pola tidur Anda.

Studi pada artikel tersebut menunjukkan bahwa melakukan jogging di pagi hari dapat membantu orang-orang untuk mendapat pola tidur yang ideal. Hal ini dikarenakan dengan berolahraga diyakini dapat membuat Anda lebih rileks sehingga lebih mudah membuat Anda cepat tertidur pada malam harinya dan mencegah insomnia.

8. Membantu Menurunkan Berat Badan

Salah satu alasan utama orang-orang melakukan jogging, baik jogging pagi atau jogging sore, adalah dengan tujuan untuk menurunkan berat badan. Jika Anda melakukan jogging sebagai bagian dari program penurunan berat badan atau diet, langkah awal yang perlu Anda lakukan adalah memilih sepatu jogging yang tepat dan cobalah dimulai dengan berjalan di permukaan yang lebih lembut seperti rumput, untuk mengurangi tekanan pada lutut Anda.

9. Meningkatkan Stamina

Dengan melakukan olahraga jogging secara rutin dapat membuat Anda memperoleh stamina yang lebih baik. Hal ini terkait dengan peningkatan daya tahan tubuh dan beberapa faktor yang telah disebutkan sebelumnya, sehingga dapat meningkatkan stamina pada diri Anda.

10. Perkembangan Otot

Manfaat lain dari jogging adalah perkembangan dan pembentukan otot. Dengan melakukan jogging sangat membantu dalam mendapatkan otot tubuh yang ideal. Pada dasarnya, dengan melakukan jogging akan membantu perkembangan otot pada bagian kaki, paha, pantat, abs, dan lainnya.

11. Memperpanjang Harapan Hidup

Beberapa studi dan peneliti ilmiah menyatakan bahwa dengan melakukan latihan joging dapat meningkatkan harapan hidup seseorang lebih lama. Hal ini berdasarkan aktivitas latihan jogging yang dilakukan secara rutin, seperti dua sampai tiga kali per minggu.


Tips Jogging

Berikut beberapa tips jogging untuk pemula :

  • Berkonsultasi dengan dokter sebelum memulai program jogging merupakan langkah awal yang tepat. Terutama jika Anda berusia di atas 40 tahun, kelebihan berat badan, memiliki penyakit kronis, atau tidak melakukan olahraga dalam waktu yang lama.
  • Mulailah dengan berjalan cepat yang dapat Anda lakukan selama 30 menit per sesi.
  • Pastikan bahwa Anda telah melakukan pemanasan dan peregangan secara menyeluruh sebelum memulai jogging. Dan lakukan pendinginan dengan peregangan ringan saat Anda selesai melakukan jogging.
  • Pastikan kebutuhan cairan pada tubuh Anda tercukupi. Usahakan untuk minum banyak air sebelum, selama, dan setelah aktivitas apapun.
  • Rencanakan rute jogging Anda. Jika memungkinkan, pilihkan daerah datar dan berumput daripada permukaan keras (seperti aspal) untuk mengurangi risiko cidera.
  • Akan lebih baik jika tidak berolahraga jogging di jalan raya dan pada saat jam padat. Hal ini sangat penting untuk mengurangi risiko menghirup polusi udara dari kendaraan bermotor.
  • Belilah atau pakailah sepasang sepatu jogging yang tepat.
  • Hindari latihan jogging yang berlebihan dan istirahatlah yang cukup.

Kesimpulan

Seperti yang telah Anda ketahui melalui artikel ini bahwa banyak manfaat kesehatan yang dapat Anda peroleh dengan melakukan jogging, baik kesehatan mental dan kesehatan fisik. Ketika Anda melakukan joging secara rutin dapat membantu Anda dalam menjaga kesehatan jantung, mencegah kanker, mengontrol diabetes, tulang yang lebih kuat, meningkatkan daya tahan tubuh, memperbaiki kualitas tidur, membantu menurunkan berat badan, meningkatkan stamina, perkembangan otot, dan juga memperpanjang harapan hidup.


Melalui artikel ini, dapat diketahui bahwa olahraga memiliki banyak manfaat, terkhususnya 11 manfaat jogging untuk kesehatan yang dibahas kali ini. Semoga dapat bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda dalam menjalani pola hidup yang lebih sehat. Selain itu, baca artikel sebelumnya, yaitu Manfaat Kacang Macadamia serta kunjungi selalu situs khasiatsehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Referensi artikel manfaat jogging untuk kesehatan :

freefitnesstips.co.uk/12-jogging-health-benefits/

yourdailyworkout.com/cardio-workout/7-benefits-of-jogging-that-you-didnt-know/

www.healthsomeness.com/health-benefits-of-jogging/

www.betterhealth.vic.gov.au/health/healthyliving/running-and-jogging-health-benefits

dhel.expertscolumn.com/article/12-benefits-jogging-men-best-workouts-men

image by : www.theexpresstribune.com

Silahkan bagikan artikel ini melalui:
One Comment