11 Khasiat Kunyit Putih untuk Kesehatan

Kunyit putih, atau bisa juga disebut dengan kunir putih, merupakan salah satu jenis rempah-rempah yang biasa dipakai untuk khasiat pengobatannya. Berbeda jenis dengan kunyit kuning, manfaat kunyit putih juga tidak kalah beragam jika dibandingkan dengan kunyit kuning.

Manfaat Kunyit Putih
Kunyit putih via kunyitputih.org

Pada dasarnya kunyit putih tidak banyak dikenal kalangan masyarakat. Berbeda dengan beras kencur, yang biasa digunakan sebagai bumbu dapur, kunyit putih atau kunir putih lebih banyak digunakan dalam dunia pengobatan tradisional atau herbal. Lalu apa saja manfaat kunir putih ini? Berikut ulasannya.

Manfaat Kunyit Putih

Berikut ini 11 manfaat kunyit putih bagi kesehatan:

1. Mencegah Kanker

Manfaat kunyit putih yang pertama adalah untuk menurunkan risiko terkena kanker. Hasil penelitian yang dilakukan oleh American Institute of Cancer menyatakan bahwa kandungan antioksidan yang terdapat dalam kunyit putih sangat efektif dalam mencegah kerusakan DNA yang menjadi penyebab terjadinya kanker.

2. Mengobati Sakit Maag

Sakit maag biasanya terjadi karena pola makan yang tidak teratur, mengkonsumsi makanan yang dapat memicu asam lambung, dan mengalami stres. Untuk mengatasi hal ini, Anda dapat mengkonsumsi air rebusan kunyit putih untuk mengurangi dampak buruk yang dapat ditimbulkan akibat sakit maag.

3. Meningkatkan Nafsu Makan

Khasiat kunyit putih dapat digunakan untuk meningkatkan nafsu makan, terkhususnya untuk anak-anak yang sulit makan. Karena seperti yang telah diketahui, kurangnya asupan makanan dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan.

4. Mengobati Masuk Angin

Kunyit putih juga dapat digunakan untuk mengobati sakit masuk angin. Untuk membuat ramuan pereda masuk angin pun cukup mudah. Anda hanya perlu merebus kunyit putih yang telah dihaluskan hingga mendidih. Kemudian minum selagi masih hangat.

5. Mengobati Luka Bakar dan Eksim

Khasiat kunyit putih untuk selanjutnya yaitu dapat digunakan untuk mengobati luka bakar. Hal ini dikarenakan kunyit putih mengandung berbagai nutrisi yang dapat berfungsi untuk memulihkan luka bakar dan juga menyembuhkan eksim.

6. Melembabkan Kulit Kering

Kunyit putih mengandung antiseptik dan antioksidan yang dapat memberikan nutrisi pada kulit kering sehingga dapat membantu melembabkannya. Dalam penggunaannya, Anda dapat mencampurkannya dengan madu karena madu dapat mengikat air yang dapat berguna untuk mempertahankan kelembaban dan kesehatan kulit.

7. Mengobati Keputihan pada Wanita

Khasiat kunyit putih juga dapat digunakan untuk mengatasi keputihan pada wanita. Untuk mengobatinya, Anda dapat mengiris kunyit putih secara tipis, kemudian rebuslah hingga mendidik. Diamkan beberapa saat agar tidak terlalu panas. Kemudian air rebusan tersebut dapat Anda gunakan untuk membersihkan organ kewanitaan. Untuk hasil yang maksimal, gunakan dua kali sehari secara rutin.

8. Mengobati Diare

Seperti yang telah diketahui, diare merupakansebuah penyakit yang menyebabkan frekuensi buang air besar menjadi lebih sering. Apabila Anda sedang mengalami gangguan pencernaan seperti diare ini, Anda dapat mengobatinya dengan memanfaatkan khasiat kunyit putih ini.

9. Antibakteri dan Antijamur

Kunyit putih dipercaya dapat mengurangi jumlah mikroba di mulut yang tidak kalah efektif jika dibandingkan obat kumur yang banyak tersedia di pasaran. Selain itu, ekstrak kunyit putih juga dapat membantu menghambat aktivitas jamur pada tubuh manusia.

10. Sebagai Antinyeri

Kunyit putih juga dipercaya dapat digunakan sebagai analgesik atau obat untuk mengatasi rasa sakit. Tetapi, seberapa efektif kunyit putih untuk mengatasi rasa sakit ini tergantung pada seberapa besar atau banyak dosis yang Anda gunakan.

11. Menurunkan Kadar Gula Darah

Mengkonsumsi kunyit putih dipercaya dapat menurunkan kadar gula darah, yang selanjutnya dapat mencegah diabetes. Meskipun begitu, masih diperlukan penelitian secara medis lebih lanjut untuk membuktikan apakah kunyit putih dapat digunakan untuk menurunkan kadar gula darah.

Artikel terkait:


Peringatan dan Efek Samping Kunyit Putih

Pada dasarnya kunyit putih dapat memberikan berbagai manfaat yang menguntungkan bagi kesehatan tubuh. Tetapi bagi ibu hamil, disarankan untuk tidak mengkonsumsi kunyit putih. Hal ini dikarenakan kunyit putih mengandung suatu senyawa yang dapat membahayakan janin dan dapat memicu gangguan usus besar.

Meski memiliki rasa yang agak pedas, kunyit putih akan aman untuk dikonsumsi dalam jumlah yang tidak berlebihan. Namun jika digunakan untuk pengobatan, akan lebih baik jika Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan yang ahli atau dokter sebelum mengkonsumsinya.


Melalui artikel ini, dapat diketahui bahwa kunyit putih atau kunir putih memiliki banyak manfaat, terkhususnya manfaat kunyit putih untuk kesehatan yang dibahas kali ini. Semoga dapat bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda dalam menjalani pola hidup yang lebih sehat. Selain itu, baca artikel sebelumnya, yaitu Manfaat Daun Jambu untuk Wajah atau kembali ke halaman utama Khasiat Sehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.