10 Khasiat Kunyit Untuk Kesehatan

Kunyit atau kunir banyak tumbuh liar di hutan-hutan Asia Selatan dan Asia Tenggara. Kunyit menjadi salah satu bahan utama dalam banyak masakan negara Pakistan, India, Thailand, serta Indonesia. Kunyit merupakan salah satu tanaman obat dan herbal yang paling populer, termasuk bawang putih, kayu manis, dan jahe. Hal ini dikarenakan manfaat kunyit yang baik untuk kesehatan tubuh.

Manfaat Kunyit
via medicalnewstoday.com

Manfaat Kunyit

Berikut 10 khasiat kunyit untuk kesehatan tubuh:

1. Mencegah Kanker

Kunyit dapat membantu mencegah kanker prostat, menghentikan pertumbuhan kanker prostat yang ada, bahkan menghancurkan sel-sel-kanker. Beberapa peneliti telah menemukan bahwa komponen aktif dalam kunyit menjadikannya salah satu pelindung terbaik terhadap tumor yang disebabkan akibat radiasi.

2. Mengontrol Diabetes

Kunyit dapat digunakan dalam pengobatan diabetes dengan membantu sampai ke tingkat insulin yang sedang. Hal ini juga dapat meningkatkan kontrol glukosa dan meningkatkan efek dari obat yang digunakan untuk mengobati diabetes.

Manfaat lainnya adalah efektivitas kunyit dalam membantu mengurangi resistensi insulin, yang dapat mencegah timbulnya diabetes tipe 2. Bagaimanapun, berkonsultasi dengan dokter menjadi pilihan yang lebih baik.

3. Mengurangi Kadar Kolesterol

Penelitian telah membuktikan bahwa menggunakan kunyit sebagai bumbu masakan dapat mengurangi kadar kolesterol serum. Dimana kolesterol tinggi dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius. Dengan mempertahankan tingkat kolesterol yang tepat, maka dapat mencegah banyak penyakit kardiovaskular.

4. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Kunyit mengandung zat yang dikenal sebagai lipopolisakarida, yang membantu merangsang sistem kekebalan tubuh. Serta antibakteri, antivirus dan agen antijamur juga dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Sebuah sistem kekebalan yang kuat dapat mengurangi kemungkinan menderita pilek, flu dan batuk.

5. Mempercepat Proses Penyembuhan

Kunyit merupakan agen antiseptik dan antibakteri alami dan dapat digunakan sebagai disinfektan yang efektif. Jika Anda memiliki luka lecet atau luka bakar, anda dapat taburi bubuk kunyit pada daerah yang terkena untuk mempercepat proses penyembuhan.

Baca juga artikel terkait tanaman rimpang:

6. Menjaga Berat Badan Ideal

Bubuk kunyit dapat membantu dalam menjaga berat badan yang ideal. Sebuah komponen yang terdapat dalam kunyit dapat membantu meningkatkan aliran empedu, yaitu komponen penting yang berperan dalam pemecahan lemak makanan.

7. Meningkatkan Fungsi Pencernaan

Komponen dalam kunyit dapat merangsang kandung empedu untuk memproduksi empedu, yang kemudian meningkatkan pencernaan dan mengurangi gejala kembung dan gas. Juga kunyit membantu dalam mengobati sebagian besar bentuk penyakit radang usus.

Namun penting untuk diingat bahwa orang yang menderita segala jenis penyakit kandung empedu tidak harus mengambil kunyit sebagai suplemen makanan karena dapat memperburuk kondisi. Cara terbaik adalah untuk mengkonsumsi kunyit dalam bentuk mentah ketika menderita masalah pencernaan.

8. Mencegah Penyakit Hati

Kunyit merupakan jenis detoxifier hati alami. Hati mendetoksifikasi darah melalui produksi enzim dan kunyit meningkatkan produksi enzim-enzim penting. Enzim-enzim penting memecah dan mengurangi racun dalam tubuh. Kunyit juga diyakini memperkuat dan meningkatkan sirkulasi darah. Semua faktor ini mendukung kesehatan hati yang baik.

9. Mencegah Penyakit Alzheimer

Radang otak diduga menjadi salah satu penyebab utama gangguan kognitif seperti penyakit Alzheimer. Kunyit mendukung kesehatan otak secara keseluruhan. Hal ini juga dapat mencegah atau memperlambat perkembangan penyakit Alzheimer.

10. Meredakan Arthritis

Sifat anti inflamasi dalam kunyit berperan besar dalam menangani osteoarthritis dan rheumatoid arthritis. Selain itu, antioksidan kunyit dapat menghancurkan radikal bebas dalam tubuh yang dapat merusak sel-sel tubuh.

Artikel terkait: Manfaat Jamu Kunyit Asam


EFEK SAMPING KUNYIT

Meskipun dapat memberikan beragam manfaat yang luar biasa, kunyit ternyata juga memiliki efek samping loh. Berikut beberapa efek samping kunyit bagi kesehatan tubuh:

  • Menimbulkan Gejala Alergi
  • Menyebabkan Gangguan Sistem Pencernaan
  • Menyebabkan Masalah pada Lambung
  • Meningkatkan Risiko Infertilitas
  • Meningkatkan Risiko Pendarahan
  • Memperparah Batu Ginjal

Itulah efek samping yang dapat ditimbulkan dari konsumsi kunyit secara berlebihan. Oleh karena itu, untuk menghindarinya Anda perlu membatasi konsumsi dan jika perlu konsultasikan terlebih dahulu dengan yang ahli jika ingin mengonsumsinya dalam jangka panjang.


Melalui artikel ini, dapat diketahui bahwa kunyit atau kunir memiliki banyak manfaat, terkhususnya manfaat kunir atau manfaat kunyit untuk kesehatan. Baca artikel sebelumnya, yaitu Khasiat Kangkung serta kunjungi selalu situs khasiatsehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Ringkasan
10 Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya - KhasiatSehat.com
Judul Artikel
10 Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya - KhasiatSehat.com
Deskripsi
Manfaat kunyit untuk kesehatan yaitu untuk mencegah kanker, mengontrol diabetes, mengurangi kadar kolesterol, memperkuat sistem kekebalan tubuh, mempercepat proses penyembuhan, menjaga berat badan ideal, meningkatkan fungsi pencernaan, mencegah penyakit hati, mencegah penyakit alzheimer, serta meredakan arthritis.
Penulis
Penerbit
Khasiat Sehat
Logo Penerbit
5 Comments