10 Khasiat Buah Jamblang untuk Kesehatan

Jamblang, bisa juga disebut dengan duwet dan java plum dalam bahasa Inggris, merupakan salah satu buah-buahan yang banyak di temukan di Asia. Di berbagai belahan dunia sendiri, buah jamblang banyak dikonsumsi sebagai cemilan yang menyehatkan. Dan pada artikel ini akan membahas tentang berbagai manfaat buah jamblang untuk kesehatan dan efek sampingnya.

Manfaat Buah Jamblang
Buah Jamblang via Bepositivewithlife.blogspot.com

Jamblang merupakan salah satu buah-buahan tropis yang lezat dan dikemas dengan berbagai vitamin dan mineral. Bagian buah, biji, kulit kayu, dan daun jomblang memiliki khasiat yang biasa digunakan dalam pengobatan tradisional atau herbal untuk menyebuhkan berbagai penyakit. Berdasarkan banyaknya manfaat yang dapat diperoleh ini, tidak mengherankan tanaman jomblang ini dikenal luas di berbagai belahan dunia.

Manfaat Buah Jamblang

Jamblang atau duwet ini sarat dengan nutrisi yang secara keseluruhan dapat meningkatkan kesehatan tubuh. Berikut 10 manfaat buah jamblang bagi kesehatan yang perlu Anda ketahui :

1. Baik untuk Penderita Diabetes

Buah jamblang sering digunakan sebagai buah untuk diabetes oleh beberapa praktisi tradisional. Secara ilmiah, buah ini memiliki indeks glisemik rendah, yang menjadikannya sebagai pilihan yang baik untuk para penderita diabetes (1).

Sebuah studi yang diterbitkan dalam literatur Complement Ther Med tentang efek anti diabetes yang terdapat pada jomblang ini, menunjukkan bahwa buah jamblang memiliki potensi yang signifikan untuk dijadikan sebagai alternatif pengobatan diabetes yang lebih aman (1).

2. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh dan Kekuatan Tulang

Buah jamblang atau buah duwet ini juga memiliki kandungan nutrisi yang sehat seperti kalsium, zat besi, potassium atau kalium, dan vitamin C yang membuatnya menjadi buah-buahan yang sangat baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan kekuatan tulang (1).

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Buah jamblang sarat dengan nutrisi seperti asam ellagic / ellagitannin, anthocyanin, dan anthocyanidins yang dapat memberikan efek anti inflamasi. Senyawa tersebut juga merupakan antioksidan yang dapat mencegah oksidasi kolesterol dan pembentukan plak yang berkontribusi terhadap penyakit jantung (1).

Selain itu, buah jamblang ini juga merupakan sumber potassium yang cukup tinggi, dimana 100 g porsi buah jomblang mengandung sekitar 55 mg potassium, yang dapat membantu Anda dalam mencegah hipertensi, yang merupakan salah satu faktor risiko penyakit jantung (1).

4. Mengobati Infeksi

Secara tradisional, berbagai bagian dari pohon jamblang seperti daun, kulit kayu, dan biji-bijiannya telah lama digunakan untuk mengobati infeksi. Tanaman ini menyimpan senyawa seperti asam malat, asam galat, asam oksalat, dan tanin yang memberikan efek pada tanaman serta buahnya sebagai antimalaria, antibakteri, dan sifat gastroprotektif (1).

5. Menurunkan Risiko Terkena Kanker

Penelitian telah menunjukkan bahwa jamblang memiliki aktivitas anti tumor yang dapat menghambat pertumbuhan tumor. Efek ini dipercaya karena adanya kemampuan pada jamblang untuk melawan sel penyebab kanker yang berbahaya. Ekstrak jamblang juga dapat mencegah penyebaran kanker ke organ lainnya, karena kandungan antioksidan dan antiinflamasinya yang cukup tinggi (2).

6. Menghilangkan Bau Mulut Secara Alami

Sari buah dari buah jamblang merupakan zat alami yang dapat digunakan sebagai obat kumur karena dapat menghilangkan bau mulut. Selain itu, bagian dari daging buah jamblang juga dapat digunakan sebagai pengobatan gusi berdarah (3).

7. Menjaga Kesehatan Hati secara Alami

Jamblang diketahui dapat mencegah terjadinya kerusakan pada organ hati. Banyak herbalis yang menggunakan ekstrak buah jamblang yang dicampur dengan ramuan herbal lainnya karena memiliki antioksidan dan flavonoid yang berperan besar dalam pemurnian darah, yang pada akhirnya dapat membantu dalam menjaga fungsi hati yang sehat (3).

8. Membantu Menyembuhkan dan Mencegah Jerawat

Bagian biji jamblang dapat digunakan sebagai perawatan alami untuk mengatasi jerawat. Yang perlu Anda lakukan adalah hancurkan biji jamblang dan campurkan dengan susu sapi ke dalamnya. Oleskan ramuan tersebut sebelum tidur dan bilas di pagi harinya. Penggunaan yang teratur dari ramuan ini dipercaya sangat membantu dalam menyembuhkan dan mencegah jerawat (4).

9. Kaya akan Zat Besi

Buah jamblang memiliki kandungan zat besi. Sehingga dengan mengkonsumsi buah jamblang secara rutin dapat membantu Anda dalam mencegah dan mengatasi anemia, serta penyakit kuning. Selain itu buah jamblang juga sangat baik untuk wanita yang menderita masalah saat masa menstruasi untuk memenuhi asupan akan zat besi (5).

10. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Karena kandungan vitamin C yang cukup tinggi pada buah jamblang, hal ini dapat membuat sistem kekebalan tubuh menjadi lebih kuat, yang pada akhirnya dapat membantu tubuh dalam melawan serangan penyakit dan menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan (5).

Artikel terkait :


Peringatan dan Efek Samping Buah Jamblang

Jamblang memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan dan pengobatan terhadap berbagai penyakit, namun terdapat beberapa penelitian yang menyatakan akan efek samping buah duwet jika dikonsumsi secara berlebihan atau dosis tinggi. Efek samping tersebut meliputi sembelit, mual, dan beberapa individu yang melaporkan telah terjadi adanya perubahan pada warna urine (2).

Bagi ibu hamil, buah jamblang dapat dikonsumsi secara aman selama masa kehamilan, begitu juga oleh ibu yang sedang menyusui. Namun, bagian lain dari tanaman ini seperti daun jamblang dan bijinya perlu perhatian khusus. Gunakan bagian lain dari pohon jamblang tersebut hanya jika diperlukan dan di bawah pengawasan yang ahli atau dokter (2).


Melalui artikel ini, dapat diketahui bahwa jamblang atau duwet memiliki banyak manfaat, terkhususnya 10 manfaat buah jamblang untuk kesehatan yang dibahas kali ini. Semoga dapat bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda dalam menjalani pola hidup yang lebih sehat. Selain itu, baca artikel sebelumnya, yaitu Manfaat Buah Bit atau kembali ke halaman utama Khasiat Sehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Referensi artikel khasiat buah jomblang untuk kesehatan :

(1) www.thehealthsite.com/fitness/health-benefits-of-jamun-sa214/

(2) www.ayurtimes.com/jamun-java-plum-syzygium-cumini/

(3) realityspeaks.expertscolumn.com/article/15-health-benefits-jamun

(4) www.gyanunlimited.com/health/amazing-health-benefits-and-uses-of-jamun-fruit-black-plum/8944/

(5) www.theorangepetals.com/2015/08/10-health-benefits-of-jaamun-use-of-jamun-plum-or-naaval-pazham.html/