10 Khasiat Buah Matoa untuk Kesehatan

Buah matoa merupakan buah buahan yang berasal dari Papua, dimana buah matoa mengandung berbagai nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Untuk penjelasan yang lebih lanjut, pada artikel ini akan dibahas mengenai beberapa kegunaan buah matoa yang baik untuk kesehatan Anda. Berikut manfaat buah matoa untuk kesehatan.

Manfaat Buah Matoa

Matoa merupakan jenis tanaman buah yang memiliki karakter serupa dengan tanaman rambutan. Pohonnya memiliki ketinggian rata-rata 18 meter dengan diameter 100 cm, namun memiliki daun yang lebih besar daripada daun rambutan.

Buah matoa memiliki bentuk lonjong seperti buah sawo yang berwarna merah keunguan dengan sedikit warna hijau ketika sudah matang. Pada bagian dalam, daging buah tampak berwarna putih bening yang akan terasa kenyal, berlemak, berair dan memiliki rasa yang manis.

Manfaat Buah Matoa

Berikut 10 manfaat buah matoa bagi kesehatan :

1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Buah matoa dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Hal ini dikarenakan matoa merupakan buah buahan yang mengandung vitamin C. Dimana vitamin C dapat bertindak untuk menangkal radikal bebas dan meningkatkan daya tahan tubuh. Dengan daya tahan tubuh yang baik, maka Anda dapat terlindungi dari serangan berbagai penyakit.

2. Membantu Mengurangi Stres yang Anda Alami

Dalam buah matoa terkandung zat yang dapat berfungsi sebagai obat penenang. Sebuah penelitian juga menyatakan bahwa vitamin E dapat membantu mengatasi stres. Dengan begitu dengan mengkonsumsi buah matoa secara rutin dapat mengurangi stres yang Anda alami.

3. Mengurangi Risiko Kanker

Buah matoa mengandung antioksidan yang dapat mencegah pertumbuhan sel-sel kanker yang disebabkan karena radikal bebas.

4. Membantu Mengurangi Risiko Jantung

Kandungan vitamin C pada buah matoa juga dapat berguna untuk membantu mengurangi risiko penyakit jantung. Dengan begitu dengan mengkonsumsi buah matoa dapat membantu Anda dalam mencegah serangan jantung dan stroke yang menjadi salah satu penyakit mematikan yang ada di dunia.

5. Menjaga Kesehatan Kulit

Buah matoa mengandung vitamin E, yang sangat baik untuk kesehatan kulit. Selain itu, kulit Anda pun akan menjadi lebih halus. Oleh karena itu, untuk Anda yang menginginkan kondisi kulit yang lebih baik secara alami, Anda dapat mengkonsumsi buah matoa secara rutin.

6. Sebagai Sumber Energi Alternatif

Buah matoa dapat menjadi sumber energi alternatif karena memiliki kandungan fruktosa yang cukup tinggi. Hal ini lebih aman untuk penderita diabetes, daripada gula yang diperoleh melalui tebu selama dikonsumsi secara tidak berlebihan.

7. Melancarkan Pencernaan

Buah matoa mengandung serat yang dapat membantu memproses makanan yang Anda konsumsi sehingga dapat memperlancar pencernaan. Dengan begitu organ pencernaan Anda juga akan menjadi lebih sehat dan terhindar dari berbagai penyakit.

8. Mencegah Penuaan Dini

Buah matoa mengandung antioksidan yang tidak hanya dapat mencegah kerusakan akibat radikal bebas, tetapi juga dapat membantu dalam mencegah terjadinya penuaan dini. Dengan begitu buah matoa dapat membantu Anda untuk tetap terlihat awet muda.

9. Mengontrol Tekanan Darah

Buah matoa juga dapat membantu Anda dalam mencegah hipertensi. Dengan begitu, buah matoa sangat bermanfaat bagi Anda yang mengalami tekanan darah yang tidak stabil, serta membuat tekanan darah Anda menjadi lebih terkontrol dan stabil.

10. Menjaga Kesehatan Ginjal

Buah matoa juga bermanfaat untuk ginjal, yang dapat membantu fungsi ginjal untuk dapat bekerja dengan baik. Dengan memiliki kondisi kesehatan ginjal yang baik, maka juga akan membuat organ tubuh Anda lainnya tetap sehat.

Baca juga artikel lain, seperti :


Melalui artikel ini, dapat diketahui bahwa matoa memiliki banyak kegunaan, terkhususnya 10 manfaat buah matoa untuk kesehatan yang dibahas kali ini. Semoga dapat bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda dalam menjalani pola hidup yang lebih sehat. Selain itu, baca artikel sebelumnya, yaitu Manfaat Vanilla serta kunjungi selalu situs khasiatsehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Referensi artikel khasiat buah matoa untuk kesehatan :

www.vegetafruit.com/2014/10/matoa-fruit-delicious-and-rich-benefits.html

www.benefitsofleaf.com/2014/10/benefits-and-efficacy-of-matoa-fruit.html

id.wikipedia.org/wiki/Matoa

image by : healthnewstodayus.blogspot.co.id

One Comment