12 Khasiat Daun Jambu Biji untuk Kesehatan

Daun jambu biji merupakan salah satu bagian dari tanaman jambu yang memiliki manfaat untuk kesehatan, selain bagian buahnya. Dimana daun jambu biji telah digunakan sejak lama sebagai pengobatan alternatif atau obat herbal yang menyehatkan. Dan pada artikel ini akan membahas tentang berbagai manfaat daun jambu biji untuk kesehatan.

Manfaat Daun Jambu Biji
Daun dan buah jambu biji via giardinaggio.org

Pada umumnya, daun jambu biji akan diolah menjadi sebuah ramuan dengan cara merebusnya. Dibalik rasanya yang pahit, rebusan daun jambu biji mengandung berbagai nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Apa saja manfaat jambu biji untuk kesehatan? Berikut ulasannya.

Manfaat Daun Jambu Biji

Berikut ini 12 manfaat daun jambu biji bagi kesehatan :

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat daun jambu biji yang pertama adalah bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung dan sistem peredaran darah. Menurut sebuah studi yang diterbitkan pada tahun 2005 , senyawa yang terdapat dalam daun jambu biji dapat membantu menormalkan tekanan darah dan detak jantung.

2. Menjaga Kadar Gula Darah

Khasiat daun jambu biji dapat digunakan untuk membantu menjaga kadar gula darah tetap normal, yang biasanya terjadi lonjakan gula darah setelah mengkonsumsi makanan yang tinggi akan karbohidrat. Hal ini dikarenakan daun jambu biji mengandung flavonoid dan beberapa senyawa lainnya yang dapat berperan untuk mencegah diabetes.

3. Membantu Mengobati Diare

Terdapat banyak penelitian yang telah membuktikan bahwa daun jambu biji dapat digunakan untuk mengobati penyakit diare. Anda dapat mengkonsumsi daun jambu biji dalam bentuk lalapan dengan memilih daun yang masih muda atau mengolahnya menjadi sebuah ramuan, seperti merebus daun jambu biji.

4. Mengontrol Kolesterol

Mengkonsumsi makanan yang tinggi akan lemak dapat menyebabkan meningkatknya kadar kolesterol tubuh. Untuk mengatasi hal tersebut, rebusan daun jambu biji dipercaya dapat menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh dan meningkatkan kadar kolesterol baik.

5. Meredakan Sakit Maag

Kandungan yang terdapat dalam daun jambu biji dipercaya dapat mengobati sakit maag serta beberapa penyakit yang terkait dengan lambung. Hal ini dikarenakan suatu senyawa dalam daun jambu biji yang dapat berperan dalam menurunkan kadar asam lambung, penyebab sakit maag.

6. Mempercepat Penyembuhan Luka

Manfaat daun jambu biji yang berikutnya adalah mempercepat penyembuhan luka. Hal ini karena kandungan astringent yang terkandung di dalamnya dapat berfungsi untuk menghentikan pendarahan yang terjadi akibat luka pada kulit.

7. Mencegah Kanker Prostat

Seperti yang telah diketahui, bahwa kanker ini lebih cenderung menyerang kalangan pria yang memiliki pola hidup yang tidak sehat. Dimana untuk menyembuhkan penyakit ini perlu dilakukan operasi. Tetapi rebusan daun jambu biji ternyata telah diyakini dapat menjadi pengobatan alternatif untuk mencegah dan membantu pemulihan penyakit kanker.

8. Mencegah dan Mengobati Sariawan

Khasiat daun jambu biji yang mengandung vitamin yang cukup tinggi dapat berguna untuk membantu mencegah serta mengobati sakit sariawan. Dengan mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung vitamin C tinggi secara rutin, seperti rebusan air daun jambu ini, dapat membantu Anda dalam mengatasi masalah penyebab sariawan.

9. Mencegah Penuaan Dini

Daun jambu biji juga mengandung antioksidan yang dapat membantu menangkal radikal bebas yang berbahaya dan dapat menyebabkan penuaan dini. Dengan meminum rebusan daun jambu dipercaya tidak hanya dapat mencegah penuaan ini, tetapi juga dapat membuat Anda tampak awet muda.

10. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Khasiat daun jambu biji yang mengandung minyak atsiri, dipercaya dapat membantu membuang racun dari dalam tubuh, terutama pada usus dan saluran pencernaan. Hal ini dikarenakan kandungan tersebut dapat menjaga kesehatan sistem pencernaan, yang lebih lanjut dapat memperlancar pencernaan dan mencegah sembelit.

11. Mengobati Demam Berdarah

Manfaat daun jambu biji untuk kesehatan lainnya yaitu dapat digunakan untuk mengobati demam berdarah. Selain itu, daun jambu ini juga dipercaya dapat menurunkan demam, menangkal bakteri, dan kuman jahat yang terdapat dalam tubuh.

12. Mencegah dan Mengatasi Gejala Alergi

Khasiat daun jambu biji juga dapat digunakan untuk mengobati berbagai masalah alergi. Hal ini dikarenakan suatu senyawa yang hadir di dalam daun jambu biji dapat membantu mencegah pelepasan histamin, yang merupakan penyebab terjadinya alergi.

Artikel terkait: 


Melalui artikel ini, dapat diketahui bahwa jambu biji memiliki banyak manfaat, terkhususnya manfaat daun jambu biji untuk kesehatan yang dibahas kali ini. Semoga dapat bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda dalam menjalani pola hidup yang lebih sehat. Selain itu, baca artikel sebelumnya, yaitu Manfaat Beras Kencur atau kembali ke halaman utama Khasiat Sehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Silahkan bagikan artikel ini melalui:
One Comment