8 Khasiat Belimbing Wuluh untuk Wajah dan Kecantikan

Belimbing wuluh dikenal banyak kalangan karena memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan. Selain manfaat belimbing wuluh untuk kesehatan, belimbing wuluh juga memiliki manfaat untuk kecantikan dan kesehatan kulit wajah. Berikut artikel mengenai manfaat belimbing wuluh untuk wajah.

Manfaat Belimbing Wuluh untuk Wajah
Belimbing wuluh via caracantiq.com

Manfaat Belimbing Wuluh untuk Wajah

Berikut ini 8 manfaat belimbing wuluh untuk wajah dan kecantikan:

1. Mencegah Penuaan Dini

Khasiat belimbing wuluh yang pertama yaitu dapat membantu Anda dalam mencegah penuaan dini. Hal ini dikarenakan belimbing wuluh mengandung vitamin C dan vitamin A yang dapat berperan sebagai zat antioksidan, yang selanjutnya dapat mengatasi radikal bebas sebagai penyebab penuaan dini.

Selain itu, berbagai kandungan mineral dan vitamin yang terdapat dalam belimbing wuluh juga dapat bermanfaat untuk mengurangi tanda-tanda penuaan seperti kerutan dan garis halu sehingga dapat membuat kulit wajah Anda tampak lebih muda.

2. Mengecilkan Pori-Pori secara Alami

Belimbing wuluh juga dapat digunakan untuk mengecilkan pori-pori pada kulit. Dengan begitu, bakteri, debu, dan kotoran lainnya tidak akan menyumbat ke dalam pori-pori. Dimana hal tersebut merupakan salah satu penyebab dari timbulnya jerawat.

3. Mencegah dan Mengobati Panu

Manfaat belimbing wuluh yang selanjutnya yaitu dapat mencegah dan mengobati panu. Panu merupakan suatu penyakit yang disebabkan oleh jamur. Dalam kasus ini, belimbing wuluh mengandung antibakteri dan antijamur yang dapat berperan untuk mengatasi panu secara bertahap.

4. Memutihkan Wajah secara Alami

Salah satu khasiat belimbing wuluh yang telah terbukti yaitu dapat memutihkan wajah secara alami dan efektif. Hal ini dikarenakan belimbing wuluh mengandung suatu senyawa (nutrisi) yang dapat memutihkan kulit wajah secara alami.

5. Mengatasi Minyak Berlebih pada Kulit

Muka yang berminyak merupakan salah satu penyebab timbulnya jerawat pada wajah. Tetapi hal ini dapat diatasi dengan menggunakan belimbing wuluh. Dimana belimbing wuluh mengandung vitamin C, yang dapat berfungsi untuk mengatasi minyak berlebih pada wajah.

6. Mengangkat Sel Kulit Mati

Cara alami yang dapat Anda lakukan untuk mengangkat sel kulit mati adalah dengan menggunakan masker belimbing wuluh. Hal ini dikarenakan belimbing sayur ini memiliki kandungan yang dapat menghilangkan sel kulit mati di wajah, sehingga dapat membuat Anda tampak lebih cerah dan awet muda.

7. Membuat Warna Bibir Tampak Lebih Merona

Khasiat belimbing wuluh juga dapat digunakan untuk membuat warna bibir tampak lebih merona secara alami. Kandungan nutrisi pada buah ini yang berperan dalam membuat warna bibir tampak lebih merona adalah kandungan vitamin C dan vitamin A-nya.

Untuk mendapatkan hasil yang optimal, Anda dapat mengoleskan buah belimbing wuluh yang telah dibersihkan sebelumnya pada permukaan bibir secara rutin dua kali sehari. Anda juga dapat mengkombinasikannya dengan madu untuk mendapatkan bibir yang tampak lebih segar dan alami.

8. Menghilangkan Komedo

Belimbing wuluh juga dapat digunakan untuk mengatasi komedo. Dimana komedo merupakan salah satu masalah pada kulit yang dapat mengganggu penampilan Anda. Untuk mengatasi hal ini, Anda dapat menggunakan masker belimbing wuluh untuk menghilangkan komedo secara alami.

Artikel terkait :


Cara Membuat Masker Belimbing Wuluh

Anda dapat membuat masker wajah yang cukup mudah dengan menggunakan belimbing wuluh. Bahan-bahan yang diperlukan pun cukup sederhana, yaitu :

  • 10 buah belimbing wuluh atau secukupnya
  • Air hangat

Langkah-langkah :

  1. Cucilah belimbing wuluh hingga bersih.
  2. Tumbuk atau blender belimbing wuluh hingga halus.
  3. Apabila terlalu kental, Anda dapat menambahkan sedikit air hangat.
  4. Sebelum menerapkannya pada kulit wajah, pastikan Anda telah mencuci wajah Anda.
  5. Setelah itu baru dapat Anda terapkan pada permukaan wajah.
  6. Diamkan hingga kurang lebih selama 10 menit supaya sel kulit mati dapat terangkat.
  7. Lalu bilaslah wajah Anda dengan menggunakan air yang mengalir.

Penggunaan masker wajah ini dapat membantu Anda dalam memperoleh kulit wajah yang lebih cerah, mencegah jerawat, memutihkan wajah, mengatasi minyak berlebih, menghilangkan komedo, dan masih banyak lagi.


Melalui artikel ini, dapat diketahui bahwa buah belimbing memiliki banyak manfaat, terkhususnya manfaat belimbing wuluh untuk wajah yang dibahas kali ini. Semoga dapat bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda dalam menjalani pola hidup yang lebih sehat. Selain itu, baca artikel sebelumnya, yaitu Manfaat Puasa atau kembali ke halaman utama Khasiat Sehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

One Comment