19 Khasiat Buah Gandaria untuk Kesehatan

Buah gandaria merupakan salah satu jenis buah-buahan yang berasal dari daerah Asia Tenggara, terkhususnya dari kepulauan Indonesia dan Malaysia. Maka tak mengherankan jika Anda dapat menjumpai buah ini. Disamping hal tersebut, ternyata buah gandaria ini menyimpan berbagai khasiat yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Lalu apa saja manfaat buah gandaria untuk kesehatan? Berikut ulasannya.

Manfaat Buah Gandaria
Buah gandaria via wikipedia.org

Pada dasarnya, tanaman gandaria bisa dimanfaatkan bagian daun dan batangnya, tetapi paling sering bagian buahnya. Dimana buah gandaria biasa diolah menjadi rujak gandaria, campuran sambal gandaria, ataupun dibuat menjadi jus buah gandaria. Apapun olahannya, gandaria dapat memberikan segudang manfaat untuk kesehatan Anda.

Manfaat Buah Gandaria

Berikut 19 manfaat buah gandaria bagi kesehatan:

1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Manfaat buah gandaria yang pertama yaitu dapat dijadikan sebagai menu diet Anda dalam menjalani program penurunan berat badan. Hal ini dikarenakan buah gandaria mengandung serat yang cukup tinggi namun rendah lemak, sehingga dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

2. Mengobati Sariawan

Seperti yang telah diketahui bahwa kekurangan asupan vitamin C merupakan salah satu penyebab timbulnya sariawan. Oleh karena itu, Anda perlu mencukup kebutuhan vitamin C yang dapat diperoleh melalui konsumsi buah buahan, termasuk buah gandaria.

3. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Selain dapat mencegah dan mengobati sariawan. Kandungan vitamin C yang terdapat dalam buah gandaria juga dapat bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh Anda. Oleh karena itu, dengan mengkonsumsi buah ini secara rutin dapat membuat tubuh Anda lebih kebal dari serangan penyakit.

4. Melancarkan Peredaran Darah

Manfaat buah gandaria yang selanjutnya yaitu dapat membantu Anda dalam melancarkan sistem peredaran darah. Hal ini dikarenakan kadar air yang cukup tinggi pada buah ini dapat mencukup kebutuhan akan cairan dalam tubuh. Dimana cairan ini diperlukan untuk menjaga kekentalan dalam sistem peredaran darah dan menjadi lebih lancar.

5. Mencegah Diabetes

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa buah gandaria mengandung kadar serat yang cukup tinggi. Dimana kandungan serat pada buah ini juga dapat berperan penting dalam membantu Anda mencegah risiko terkena penyakit diabetes.

6. Menjaga Kesehatan Kulit

Khasiat buah gandaria yang mengandung vitamin C ini dapat membantu Anda dalam menjaga kesehatan kulit. Dimana kandungan vitamin C yang terdapat dalam buah gandaria ini dapat membantu pembentukan jaringan kolagen yang sangat baik untuk kesehatan kulit Anda.

7. Mempercepat Proses Penyembuhan Luka

Buah gandaria juga dapat membantu Anda dalam mempercepat proses pemulihan luka yang Anda alami. Hal ini dikarenakan buah ini mengandung protein serta vitamin C, sehingga dapat membuat regenerasi sel-sel tubuh menjadi lebih cepat.

8. Menjaga Kesehatan Otak

Selain dapat melancarkan peredaran darah, kadar air yang terkandung dalam buah gandaria juga sangat baik untuk kesehatan otak agar tetap berfungsi dengan baik. Oleh karena itu, untuk menjaga kesehatan fungsi otak, Anda dapat mengkonsumsi buah-buahan yang mengandung banyak air, termasuk buah gandaria ini.

9. Menjaga Kesehatan Jantung

Terdapat suatu penelitian yang menyatakan bahwa serat merupakan salah satu penangkal yang baik untuk melawan penyakit jantung. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang kaya akan serat seperti buah gandaria ini, agar dapat terhindar dari penyakit jantung.

10. Mencegah Sembelit

Buah gandaria mengandung kadar air serta serat yang cukup tinggi, yang dapat membantu Anda dalam mencegah dan mengatasi sembelit atau buang air besar. Hal ini dikarenakan air dan serat tersebut dapat membantu proses penyerapan menjadi lebih cepat sehingga pencernaan lebih lancar.

Artikel terkait:

Selain 10 khasiat dan manfaat gandaria untuk kesehatan yang telah disebutkan sebelumnya, masih terdapat berbagai macam manfaat lainnya dari buah ini yang perlu Anda ketahui. Berikut beberapa manfaat lain dari buah gandaria:

11. Menjaga Kesehatan Mata

12. Menurunkan Risiko Terkena Penyakit Stroke

13. Detoksifikasi atau Menetralisir Racun

14. Menjaga Fungsi Paru-Paru

15. Mencegah Kanker

16. Memperkuat Tulang

17. Sebagai Sumber Energi

18. Menjaga Kesehatan Gigi dan Gusi

19. Mencegah Penuaan Dini


PERTIMBANGAN DALAM MENGKONSUMSI BUAH GANDARIA

Kandungan vitamin C yang cukup tinggi pada buah gandaria, yaitu dapat mencapai 110 mg, perlu Anda waspadai. Pasalnya, jika mendapat asupan vitamin C lebih dari 60 mg sesuai asupan yang dibutuhkan oleh tubuh dapat memperberat kerja organ ginjal serta hati, sehingga dapat menimbulkan kemungkinan efek samping.

Untuk mengatasi hal ini, Anda dapat mengolah buah ini menjadi jus buah gandaria. Dimana kadar vitamin C yang diposisikan dalam suhu dingin dapat merusak kandungannya, yang selanjutnya dapat menurunkan kadar vitamin ini. Selain itu, vitamin C juga cepat larut dalam air.

Oleh karena itu, Anda dapat menjadikannya sebagai jus buah yang segar untuk mereduksi kandungan vitamin C yang terdapat dalam buah gandaria. Sehingga asupan vitamin C yang masuk ke dalam tubuh tetap terkontrol sesuai dengan kebutuhan tubuh akan asupan vitamin ini.


Melalui artikel ini, dapat diketahui bahwa tanaman gandaria memiliki banyak manfaat, terkhususnya manfaat buah gandaria untuk kesehatan yang dibahas kali ini. Semoga dapat bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda dalam menjalani pola hidup yang lebih sehat. Selain itu, baca artikel sebelumnya, yaitu Manfaat Biji Mahoni atau kembali ke halaman utama Khasiat Sehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.