11 Manfaat Tidur Siang untuk Kesehatan

Tidur siang merupakan salah satu cara paling efektif dalam merelaksasi tubuh setelah melakukan berbagai kegiatan yang melelahkan. Tidak hanya baik untuk anak-anak, tetapi tidur siang juga sangat baik untuk orang dewasa karena dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Lalu apa saja manfaat tidur siang untuk kesehatan? Berikut ulasannya.

Manfaat Tidur Siang
Gambar seseorang sedang tidur siang via bigthink.com

Manfaat Tidur Siang

Berikut 11 manfaat tidur siang bagi kesehatan:

1. Mengurangi Stres

Manfaat tidur siang untuk kesehatan yang pertama yaitu dapat meredakan stres. Percaya atau tidak, dengan melakukan tidur siang singkat atau terlelap selama minimal 10 menit, hal ini dapat melawan stres yang Anda alami. Menurut studi dari National Sleep Foundation, waktu 10 menit untuk tidur siang yang singkat itu sangat bermanfaat untuk merelaksasi pikiran seseorang.

2. Meningkatkan Produktivitas

Ketika hari sudah menjelang siang, biasanya Anda akan merasakan badan yang mulai letih dan malas, sehingga produktivitas akan menurun. Melakukan tidur siang beberapa saat, dapat menyegarkan kembali tubuh Anda dan mengembalikan semangat bekerja Anda yang lebih efektif dibandingkan bila meminum secangkir kopi.

3. Meningkatkan Fungsi Otak

Suatu studi yang dirilis Health.com menyebutkan bahwa terdapat peningkatan fungsi otak sebelah kanan pada orang-orang yang melakukan tidur siang. Bagian otak ini lebih banyak berperan penting dalam mengatur kreativitas. Oleh karena itu bagi yang melakukan tidur siang akan lebih mudah menyelesaikan masalah dengan adanya peningkatan fungsi otak tersebut.

4. Meningkatkan Daya Ingat

Tidur siang dapat menjadi solusi untuk Anda yang pelupa. Penelitian yang dilakukan di Harvard Medical School menemukan bahwa tidur siang merupakan sarana yang efektif untuk meningkatkan kemampuan otak dalam mengingat dan belajar belajar. Manfaat tidur siang ini bahkan tetap dapat Anda rasakan meskipun tidur siang tidak nyenyak.

5. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Khasiat tidur siang untuk kesehatan yang selanjutnya yaitu dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh dalam melawan infeksi. Sebaliknya, apabila Anda mengalami kurang tidur, hal ini dapat membuat daya tahan tubuh melemah, sehingga Anda lebih mudah sakit.

6. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Tidak hanya baik untuk kesehatan otak, tidur siang ternyata juga baik untuk kesehatan jantung. Dengan melakukan tidur siang yang cukup, hal ini dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi yang menjadi salah satu penyebab penyakit jantung.

Seperti pada sebuah penelitian yang dilakukan di Yunani, yang menunjukkan bahwa orang yang tidur siang secara teratur memiliki risiko yang lebih rendah, hingga 37 persen, mengalami kematian akibat penyakit jantung.

7. Mencegah Keinginan untuk Mengemil

Rasa lelah biasanya menyebabkan lapar atau menimbulkan hasrat mengonsumsi makanan tertentu. Hal ini biasanya terjadi di sore hari. Untuk menghindari hal ini, jika Anda memiliki waktu 30 menit, cobalah untuk tidur siang sejenak. Hal ini merupakan cara yang efektif untuk mengurangi hasrat makan makanan berlebih dan memperbaiki mood.

8. Mencegah Insomnia

Siapa sangka bahwa manfaat tidur siang juga dapat dirasakan bagi mereka yang memiliki masalah gejala susah tidur atau tidur siang. Dengan tidur siang, terutama yang diimbangi dengan berolahraga secara teratur,  dapat membuat tubuh menjadi kembali bugar dan meredakan dampak dari insomnia seperti mudah lelah, sulit berkonsentrasi, hingga penurunan kualitas kerja.

Baca juga: Manfaat Olahraga

Selain manfaat dan khasiat tidur siang untuk kesehatan yang telah disebutkan sebelumnya, masih terdapat berbagai manfaat lainnya yang perlu Anda ketahui. Berikut beberapa manfaat lainnya dari tidur siang:

9. Menjaga Stamina Tubuh

10. Melancarkan Metabolisme

11. Menjaga Suasana Hati


MANFAAT TIDUR SIANG BAGI ANAK

Bagi anak kecil serta bayi, aktivitas tidur siang merupakan hal yang penting karena dengan tidur siang mereka menyimpan energi. Dimana energi dan kalori sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan mereka yang sedang berkembang.

Hal yang perlu diperhatikan yaitu perlunya peran orang tua dalam menentukan jam tidur siang yang tepat agar anak-anak atau bayi tidak terganggu tidurnya di malam hari. Seperti yang Anda tahu bahwa anak-anak serta balita memiliki waktu tidur siang yang lebih fleksibel.


Demikian artikel kesehatan mengenai berbagai manfaat tidur siang untuk kesehatan. Semoga dapat bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda dalam menjalani pola hidup yang lebih sehat. Selain itu, baca artikel sebelumnya, yaitu Manfaat Ginseng untuk Wanita atau kembali ke halaman utama Khasiat Sehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Silahkan bagikan artikel ini melalui: