Umbi-Umbian

10 Khasiat Umbi Talas untuk Kesehatan

Talas banyak ditanam untuk memperoleh umbinya atau akar yang merupakan sumber karbohidrat. Di beberapa daerah di Indonesia, dimana padi ( menghasilkan beras ) tidak dapat tumbuh, seperti di daerah Kepulauan Mentawai dan Papua, talas ditanam sebagai makanan pokok. Berikut artikel mengenai manfaat umbi talas bagi kesehatan.

Umbi talas dapat dikonsumsi dengan cara dipanggang, dikukus atau dimasak dalam tabung bambu. Umbi talas memiliki banyak nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh, bahkan jika dibandingkan dengan kentang putih, umbi talas memiliki tiga kali jumlah serat, dan juga merupakan sumber yang kaya kalium, zat besi, vitamin C, dan vitamin A.

Asal Usul Umbi Talas

Umbi talas berasal dari tanaman talas ( Colocasia esculenta L. ). Talas atau talas bogor merupakan tumbuhan penghasil umbi yang diduga berasal dari Asia Tenggara atau Asia Tengah bagian selatan. Kini, talas telah menyebar ke berbagai belahan dunia, seperti India, China, Afrika Barat dan Utara dan Hindia Barat.

Manfaat Umbi Talas

Berikut 10 khasiat umbi talas untuk kesehatan.

1. Kesehatan Pencernaan

Salah satu fungsi yang paling penting dari umbi talas adalah perannya dalam pencernaan. Tingginya serat yang ditemukan pada umbi talas (satu porsi berisi 27% dari kebutuhan harian serat makanan) membuatnya sangat penting untuk mendukung kesehatan pencernaan kita.

Serat membantu untuk buang air kita, sehingga membantu makanan bergerak melalui saluran pencernaan dan memfasilitasi peningkatan pencernaan. Hal ini dapat membantu mencegah kondisi tertentu seperti kelebihan gas, kembung, kram, sembelit, dan diare.

2. Memperlambat Proses Penuaan

Umbi talas adalah makanan yang sangat bergizi yang mengandung banyak vitamin  A, vitamin B, vitamin C, mineral seperti tembaga, mangan, seng, magnesium, kalsium, zat besi, selenium, kalium, beta-karoten dan cryptoxanthin. Semua zat tersebut merupakan antioksidan yang berguna untuk melindungi tubuh dari berbagai macam penyakit penyakit dan memperlambat proses penuaan.

3. Mencegah Kanker

Berbicara tentang kanker, umbi talas juga berperan penting bagi aktivitas antioksidan dalam tubuh kita. Kandungan vitamin A, vitamin C, dan berbagai antioksidan fenolik lain yang ditemukan pada umbi talas dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu menghilangkan radikal bebas berbahaya. Cryptoxanthin yang ditemukan dalam umbi talas berfungsi menjaga kesehatan paru-paru dan mencegah kanker mulut.

4. Mengobati Diabetes

Serat yang terkandung dalam umbi talas juga dapat membantu menurunkan kemungkinan terkena diabetes karena mengatur pelepasan insulin dan glukosa dalam tubuh.

5. Menjaga Kesehatan Jantung

Umbi talas mengandung kalium yang merupakan mineral penting yang bermanfaat untuk tubuh kita. Kalium tidak hanya memfasilitasi transfer cairan yang sehat antara membran dan jaringan di seluruh tubuh, tetapi juga membantu meringankan stres dan tekanan pada pembuluh darah.

6. Menjaga Kesehatan Mata

Seperti disebutkan di atas, umbi talas mengandung berbagai antioksidan, termasuk beta-karoten dan cryptoxanthin. Antioksidan ini dapat membantu menjaga kesehatan mata dengan mencegah radikal bebas yang menyerang sel-sel mata dan menyebabkan degenerasi makula atau katarak.

7. Kesehatan Kulit

Viitamin E dan vitamin A sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit kita. Vitamin tersebut membantu mengurangi keriput, menyembuhkan luka dan membuat kulit lebih berseri.

8. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat yang paling penting dari umbi talas ialah perannya dalam sistem kekebalan tubuh. Umbi talas kaya akan vitamin C yang berfungsi merangsang sistem kekebalan tubuh untuk membuat sel darah putih lebih banyak sehingga akan menjaga tubuh dari serangan berbagai macam penyakit.

9. Membantu Mencegah Anemia

Kandungan mineral, zat besi dan tembaga pada umbi talas, membuatnya menjadi makanan yang sangat penting untuk mencegah anemia.  Zat besi dan tembaga sangat penting untuk produksi sel darah merah dan meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh. Selain itu, juga dapat mempercepat metabolisme, pertumbuhan sel-sel baru, dan oksigenasi tubuh.

10. Mengurangi Kelelahan

Umbi talas mengandung indeks glikemik yang rendah sehingga dapat mempertahankan energi untuk waktu yang lebih lama.


Efek Samping Mengkonsumsi Umbi Talas

Satu-satunya masalah utama pada umbi talas adalah adanya kandungan kalori yang sangat tinggi. Setiap 100 gram mengandung 112 kalori yang bisa menjadi masalah bagi mereka yang sedang menjalani diet atau menurunkan berat badan. Selain itu, umbi talas ini memiliki karbohidrat lebih besar dari kentang, sehingga apabila mengkonsumsinya secara berlebihan dapat menyebabkan kegemukan.


Melalui artikel ini, dapat diketahui bahwa umbi talas memiliki banyak manfaat, terkhususnya manfaat umbi talas untuk kesehatan. Baca artikel sebelumnya, yaitu Manfaat Coklat serta kunjungi selalu situs khasiatsehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Referensi artikel manfaat umbi talas :

  • www.organicfacts.net/health-benefits/other/taro-root.html
  • www.stylecraze.com/articles/benefits-of-taro-vegetable/
  • id.wikipedia.org/wiki/Talas
Share

Recent Posts

7 Manfaat Bunga Telang untuk Kesehatan

Khasiatsehat.com - Bunga telang seringkali hanya dijadikan sebagai bahan pewarna alami untuk makanan dan minuman.…

8 Manfaat Minyak Zaitun untuk Wajah dan Cara Pakainya

KhasiatSehat.com - Pada dasarnya terdapat banyak jenis minyak esensial yang dapat digunakan untuk merawat kesehatan…

6 Jenis Jamu Tradisional Yang Cocok Di Minum Saat Masa Pandemi

Khasiatsehat.com - Jamu merupakan salah satu jenis minuman warisan tradisional masyarakat Indonesia yang terbuat dari…

8 Manfaat Saffron untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya

Saffron adalah salah satu jenis rempah termahal di dunia karena diperlukan teknik khusus untuk menanam…

9 Manfaat Buah Grapefruit untuk Kesehatan

Manfaat Buah Grapefruit - Grapefruit adalah salah satu buah buahan tropis kategori buah citrus yang…

8 Manfaat Mentega Untuk Kesehatan

Mentega memiliki 8 manfaat bagi kesehatan, dari memperkuat tulang dan sendi hingga mencegah kanker.